•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pengelolaan Taman Kanak-Kanak

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pengelolaan Taman Kanak-Kanak dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar manajemen pendirian lembaga TK, manajemen peserta didik, manajemen input kurikulum, staf, pembiayaan, sarana prasarana, manajemen pembelajaran, manajemen hasil, keluaran dan lulusan, manajemen pengawasan dan pemasaran. Mata kuliah ini menggunakan model case study untuk memecahkan permasalahan pengelolaan lembaga TK. Metode pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan ceramah, case study, PBL dan group discussion. Mata kuliah ini dirancang secara cermat untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam dan komprehensif tentang seluruh aspek manajemen yang esensial dalam pendirian dan operasionalisasi sebuah lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) yang efektif dan berkualitas, tidak hanya menyentuh permukaan, melainkan menggali inti dari setiap komponen manajemen TK. Untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan kemampuan aplikatif, mata kuliah ini menggunakan model studi kasus (case study) sebagai tulang punggung pembelajaran. Melalui studi kasus, mahasiswa akan dihadapkan pada berbagai permasalahan riil dan kompleks yang sering dihadapi dalam pengelolaan lembaga TK. Mereka akan diajak menganalisis situasi, mengidentifikasi akar masalah, merumuskan berbagai alternatif solusi, dan pada akhirnya, mengambil keputusan yang paling tepat. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah mahasiswa.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip dasar manajemen pendidikan anak usia dini serta menganalisis peran dan tanggung jawab manajer atau kepala sekolah TK.
  • Mahasiswa mampu menguraikan manajemen pendirian lembaga TK
  • Mahasiswa mampu menjabarkan pengelolaan peserta didik di TK
  • Mahasiswa mampu menguraikan input kurikulum di TK
  • Mahasiswa mampu mengelola sumber daya manusia di TK, termasuk melakukan rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan profesional bagi tenaga pendidik.
  • Mahasiswa mampu merencanakan dan mengelola anggaran TK secara efektif dan transparan.
  • Mahasiswa mampu mengoptimalkan penggunaan fasilitas dan sumber daya lainnya di TK untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu melaksanakan teknik-teknik supervisi untuk memastikan kualitas pembelajaran di TK.
  • Mahasiswa mampu membina hubungan yang baik dengan orang tua dan masyarakat sekitar TK, serta mengembangkan program kemitraan dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung kegiatan TK.
  • Mahasiswa mampu menyusun strategi pemasaran TK

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dan prinsip dasar manajemen pendidikan anak usia dini serta menganalisis peran dan tanggung jawab manajer atau kepala sekolah TK.
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep dan prinsip dasar manajemen pendidikan anak usia dini serta menganalisis peran dan tanggung jawab manajer atau kepala sekolah TK.
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 3
    Rencana strategis untuk operasional TK yang efektif dan efisien
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 4
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menyusun struktur organisasi yang mendukung operasional TK dengan efektif, serta memahami peran dan tanggung jawab masing-masing staf dalam struktur tersebut.
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Mengelola sumber daya manusia di TK, termasuk melakukan rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan profesional bagi tenaga pendidik
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Mengelola sumber daya manusia di TK, termasuk melakukan rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan profesional bagi tenaga pendidik
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Mengelola sumber daya manusia di TK, termasuk melakukan rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan profesional bagi tenaga pendidik.
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Merencanakan dan mengelola anggaran TK secara efektif dan transparan.
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Merencanakan dan mengelola anggaran TK secara efektif dan transparan.
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Penggunaan fasilitas dan sumber daya lainnya di TK untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Melaksanakan teknik-teknik supervisi untuk memastikan kualitas pembelajaran di TK.
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Melaksanakan teknik-teknik supervisi untuk memastikan kualitas pembelajaran di TK.
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Membina hubungan yang baik dengan orang tua dan masyarakat sekitar TK, serta mengembangkan program kemitraan dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung kegiatan TK.
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Membina hubungan yang baik dengan orang tua dan masyarakat sekitar TK, serta mengembangkan program kemitraan dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung kegiatan TK.
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Menyusun strategi pemasaran TK
    • Date  18 Desember 2025

Dosen

AFIFAH RAHMANINGRUM
AFIFAH RAHMANINGRUM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MELIA DWI WIDAYANTI
MELIA DWI WIDAYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester7
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10