This course discusses the provision of knowledge and skills to students to gain various experiences through understanding the concepts and practices of post-modern counseling. The learning method uses project-based learning with assignments in the form of recording postmodern counseling practices. The assessment is a project assessment using a project assessment rubric. The study materials are: 1. The basic concept of postmodern counseling 2. The purpose of postmodern counseling 3. The effectiveness of postmodern counseling 4. The relationship between postmodern counseling therapists 5. Postmodern counseling procedures, and 6. Techniques and application practices
Program Objectives (PO)
Mahasiswa menguasai konsep dan praktik konseling post modern
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan dan permasalahan siswa
Mampu merancang dan menerapkan penanganan masalah secara logis, kritis, sistematis dan inovatif sehingga mampu melakukan rancangan treatment yang komprehensif.
Mampu berkolaborasi dengan tim dalam menyelesaikan permasalahan secara efektif dan sesuai etika profesional
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bertanggung jawab, dan inovatif
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dan prinsip umum konseling post modern
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 2
Dan menerapkan berbagai pendekatan dalam konseling post modern
Date 14 Februari 2024
Pertemuan 3
Landasan filosofis, tujuan, karakteristik hubungan konseling, prosedur konseling, serta strategi/teknik konseling SFBT.
Date 21 Februari 2024
Pertemuan 4
Landasan filosofis, tujuan, karakteristik hubungan konseling, prosedur konseling, serta strategi/teknik konseling SFBT.
Date 28 Februari 2024
Pertemuan 5
Mendesain rencana konseling SFBT dan mempraktikkan prosedur dan teknik konseling SFBT
Date 6 Maret 2024
Pertemuan 6
Mendesain rencana konseling SFBT dan mempraktikkan prosedur dan teknik konseling SFBT
Date 13 Maret 2024
Pertemuan 7
Landasan filosofis, tujuan, karakteristik hubungan konseling, prosedur konseling, serta strategi/teknik konseling EFT.
Date 20 Maret 2024
Pertemuan 8
Asesmen Formatif
Date 27 Maret 2024
Pertemuan 9
Mendesain rencana konseling EFT dan mempraktikkan prosedur dan teknik konseling EFT
Date 3 April 2024
Pertemuan 10
Mendesain rencana konseling EFT dan mempraktikkan prosedur dan teknik konseling EFT
Date 10 April 2024
Pertemuan 11
Landasan filosofis, tujuan, karakteristik hubungan konseling, prosedur konseling, serta strategi/teknik Konseling Naratif.
Date 17 April 2024
Pertemuan 12
Landasan filosofis, tujuan, karakteristik hubungan konseling, prosedur konseling, serta strategi/teknik Konseling Naratif.
Date 24 April 2024
Pertemuan 13
Mendesain rencana Konseling Naratif.dan mempraktikkan prosedur dan teknik Konseling Naratif.
Date 1 Mei 2024
Pertemuan 14
Mendesain rencana Konseling Naratif.dan mempraktikkan prosedur dan teknik Konseling Naratif.
Date 8 Mei 2024
Pertemuan 15
Mendesain rencana Konseling Naratif.dan mempraktikkan prosedur dan teknik Konseling Naratif.
Date 15 Mei 2024
Pertemuan 16
Menganalisis masalah secara post-modern, merancang dan melaksanakan praktik konseling post-modern yang direkam dalam bentuk produk lisan atau tulisan
This course teaches students about several popular counseling approaches and theories. There are five approaches studied, namely: affective, behavioral, cognitive-behavioral, and postmodern, systems approach, and
This course discusses the meaning, scope and history of social psychology, social psychology research methods, social perception, social attribution, social cognition, self and social identity,
This course examines curriculum development, the foundation of curriculum roles and functions, types of curriculum organization, components, planning, curriculum systems, curriculum research, curriculum development, understanding