Course Description
Mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran memperkenalkan mahasiswa pada konsep-konsep fundamental dalam proses belajar dan pembelajaran yang menjadi dasar dalam merancang pengalaman belajar yang efektif. Mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang definisi, prinsip, jenis-jenis belajar, serta pandangan para ahli pendidikan terhadap teori belajar dari berbagai aliran, mulai dari behavioristik, kognitif, konstruktivistik, hingga humanistik.
Mahasiswa juga akan mempelajari berbagai pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran, serta prinsip-prinsip pemilihan dan pengelolaan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Selain itu, mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mengajar dan kemampuan menganalisis kasus-kasus pembelajaran di lapangan secara reflektif dan berbasis teori.
Dengan penekanan pada penerapan praktis dalam konteks pendidikan, mahasiswa akan dilatih untuk merancang dan mengevaluasi proses pembelajaran secara kritis, kreatif, dan kontekstual. Pembelajaran dalam mata kuliah ini dilaksanakan melalui metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan refleksi pengalaman, guna membentuk calon pendidik yang adaptif, inovatif, dan responsif terhadap dinamika pembelajaran di berbagai jenjang dan setting pendidikan.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar statistik, termasuk definisi, fungsi, dan ruang lingkup statistik dalam konteks penelitian dan pengambilan keputusan.
- Mahasiswa mampu menerapkan teknik-teknik statistik deskriptif, seperti mean, median, modus, varians, dan standar deviasi, dalam berbagai jenis data dan situasi.
- Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data menggunakan metode statistik dasar, seperti penyajian data dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram.
- Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep statistik inferensial, seperti uji hipotesis dan interval kepercayaan, untuk membuat keputusan berdasarkan data sampel.