•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Statistik

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran memperkenalkan mahasiswa pada konsep-konsep fundamental dalam proses belajar dan pembelajaran yang menjadi dasar dalam merancang pengalaman belajar yang efektif. Mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang definisi, prinsip, jenis-jenis belajar, serta pandangan para ahli pendidikan terhadap teori belajar dari berbagai aliran, mulai dari behavioristik, kognitif, konstruktivistik, hingga humanistik. Mahasiswa juga akan mempelajari berbagai pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran, serta prinsip-prinsip pemilihan dan pengelolaan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Selain itu, mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mengajar dan kemampuan menganalisis kasus-kasus pembelajaran di lapangan secara reflektif dan berbasis teori. Dengan penekanan pada penerapan praktis dalam konteks pendidikan, mahasiswa akan dilatih untuk merancang dan mengevaluasi proses pembelajaran secara kritis, kreatif, dan kontekstual. Pembelajaran dalam mata kuliah ini dilaksanakan melalui metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan refleksi pengalaman, guna membentuk calon pendidik yang adaptif, inovatif, dan responsif terhadap dinamika pembelajaran di berbagai jenjang dan setting pendidikan.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar statistik, termasuk definisi, fungsi, dan ruang lingkup statistik dalam konteks penelitian dan pengambilan keputusan.
  • Mahasiswa mampu menerapkan teknik-teknik statistik deskriptif, seperti mean, median, modus, varians, dan standar deviasi, dalam berbagai jenis data dan situasi.
  • Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data menggunakan metode statistik dasar, seperti penyajian data dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram.
  • Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep statistik inferensial, seperti uji hipotesis dan interval kepercayaan, untuk membuat keputusan berdasarkan data sampel.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Peran dan pentingnya statistik dalam penelitian pendidikan serta mampu mengidentifikasi jenis data dan variabel yang digunakan dalam analisis statistik.
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Konsep skala pengukuran (nominal, ordinal, interval, rasio) dan mampu menerapkan skala yang sesuai dalam pengukuran variabel pendidikan.
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Dan menerapkan metode pengumpulan data yang tepat, seperti survei, observasi, dan wawancara dalam konteks penelitian pendidikan.
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Data pendidikan secara sistematis dan menyajikannya dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram.
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Membuat dan menganalisis distribusi frekuensi serta menyajikan data dalam bentuk histogram, bar chart, dan pie chart.
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Menghitung dan menginterpretasikan ukuran pemusatan data seperti mean, median, dan modus dalam konteks data pendidikan.
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Menghitung dan menginterpretasikan ukuran dispersi seperti range, varians, dan standar deviasi dalam analisis data pendidikan.
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Konsep distribusi normal dan mampu menerapkannya dalam analisis data pendidikan, termasuk penggunaan tabel z.
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Merumuskan dan menguji hipotesis satu sampel (uji z dan uji t) serta menginterpretasikan hasil uji dalam konteks penelitian pendidikan.
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Melakukan uji hipotesis dua sampel independen dan berpasangan, serta menginterpretasikan hasilnya dalam penelitian pendidikan.
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Konsep korelasi dan regresi linear sederhana serta mampu menganalisis hubungan antara dua variabel pendidikan menggunakan teknik ini.
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Dan menerapkan teknik ANOVA satu arah untuk membandingkan rata-rata lebih dari dua kelompok dalam penelitian pendidikan.
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Situasi yang membutuhkan uji non-parametrik dan dapat menerapkan uji Chi-Square serta Mann-Whitney U dalam penelitian pendidikan.
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Menyusun laporan hasil analisis statistik secara sistematis dan ilmiah, serta menyajikan temuan dalam bentuk yang dapat dipahami oleh stakeholder pendidikan.
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Soal dengan baik
    • Date  19 Desember 2024

Dosen

WULAN PATRIA SAROINSONG
WULAN PATRIA SAROINSONG
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

YES MATHEOS LASARUS MALAIKOSA
YES MATHEOS LASARUS MALAIKOSA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10