•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Intervensi dalam Pembelajaran

Program Studi S2 Psikologi UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah Intervensi dalam Pembelajaran dirancang untuk membekali mahasiswa magister psikologi dengan pemahaman mendalam mengenai teori, konsep, serta praktik intervensi yang digunakan dalam mendukung proses belajar dan perkembangan peserta didik. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada pengembangan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi intervensi sesuai standar kompetensi bidang psikologi pendidikan. Mahasiswa akan menguasai prinsip-prinsip iterasi data, teknologi, dan humanitas dalam rangka memecahkan masalah pembelajaran melalui kajian analisis maupun eksperimen berbasis informasi dan data. Pendekatan yang digunakan menekankan keterpaduan antara dasar teoritik psikologi dan penerapan model intervensi berbasis bukti (evidence-based), sehingga lulusan mampu menghasilkan solusi yang ilmiah, adaptif, serta kontekstual dengan kebutuhan pendidikan.

Program Objectives (PO)

  • 1. Mampu menganalisis secara kritis berbagai pendekatan teoritik dalam psikologi yang menjadi dasar intervensi pembelajaran.
  • 2. Mampu menjelaskan konsep dasar intervensi pembelajaran dan mengaitkannya dengan kebutuhan peserta didik di berbagai konteks pendidikan.
  • 3. Mampu melakukan analisis kebutuhan peserta didik untuk merancang intervensi pembelajaran yang sesuai.
  • 4. Mampu mengkaji dan menerapkan pendekatan teoritik intervensi dalam mengembangkan strategi intervensi individual maupun kelas.
  • 5. Mampu merancang program intervensi berbasis sekolah dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip evidence-based practice.
  • 6. Mampu mengembangkan model intervensi berbasis bukti dengan memanfaatkan data, teknologi, dan nilai humanitas.
  • 7. Mampu melakukan kolaborasi multidisiplin dalam penyusunan dan pelaksanaan intervensi pembelajaran.
  • 8. Mampu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap efektivitas intervensi serta memberikan rekomendasi pengembangan lebih lanjut.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Ruang lingkup intervensi dalam pembelajaran secara kritis
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis pendekatan teoritik psikologi dalam konteks kasus nyata
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 3
    Konsep dasar intervensi dengan contoh kasus nyata
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 4
    Melakukan analisis kebutuhan peserta didik berbasis kasus
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Membedakan pendekatan teoritik intervensi (CBT, RTI, konseling sekolah)
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Merancang strategi intervensi kelas
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Merancang strategi intervensi kelas
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Menyusun laporan analisis kebutuhan dan rancangan awal intervensi
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Rancangan program intervensi berbasis sekolah
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Teknologi & data dalam intervensi
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Mempraktikkan kolaborasi lintas pihak dalam intervensi
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Instrumen monitoring intervensi
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Menyusun proyek intervensi berbasis bukti secara komprehensif
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Menyusun proyek intervensi berbasis bukti secara komprehensif
    • Date  18 Desember 2025

References

Lecturer

DAMAJANTI KUSUMA DEWI
DAMAJANTI KUSUMA DEWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Psikologi
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10