Course Description
Mata kuliah Intervensi dalam Pembelajaran dirancang untuk membekali mahasiswa magister psikologi dengan pemahaman mendalam mengenai teori, konsep, serta praktik intervensi yang digunakan dalam mendukung proses belajar dan perkembangan peserta didik. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada pengembangan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi intervensi sesuai standar kompetensi bidang psikologi pendidikan.
Mahasiswa akan menguasai prinsip-prinsip iterasi data, teknologi, dan humanitas dalam rangka memecahkan masalah pembelajaran melalui kajian analisis maupun eksperimen berbasis informasi dan data. Pendekatan yang digunakan menekankan keterpaduan antara dasar teoritik psikologi dan penerapan model intervensi berbasis bukti (evidence-based), sehingga lulusan mampu menghasilkan solusi yang ilmiah, adaptif, serta kontekstual dengan kebutuhan pendidikan.
Program Objectives (PO)
- 1. Mampu menganalisis secara kritis berbagai pendekatan teoritik dalam psikologi yang menjadi dasar intervensi pembelajaran.
- 2. Mampu menjelaskan konsep dasar intervensi pembelajaran dan mengaitkannya dengan kebutuhan peserta didik di berbagai konteks pendidikan.
- 3. Mampu melakukan analisis kebutuhan peserta didik untuk merancang intervensi pembelajaran yang sesuai.
- 4. Mampu mengkaji dan menerapkan pendekatan teoritik intervensi dalam mengembangkan strategi intervensi individual maupun kelas.
- 5. Mampu merancang program intervensi berbasis sekolah dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip evidence-based practice.
- 6. Mampu mengembangkan model intervensi berbasis bukti dengan memanfaatkan data, teknologi, dan nilai humanitas.
- 7. Mampu melakukan kolaborasi multidisiplin dalam penyusunan dan pelaksanaan intervensi pembelajaran.
- 8. Mampu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap efektivitas intervensi serta memberikan rekomendasi pengembangan lebih lanjut.