This course discusses disorders in the developmental stages of children and adolescents which are discussed according to DSM 5 and DSM 5 Revision including neurocognitive disorders, emotional-behavioral disorders, mental disorders,
Program Objectives (PO)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak belajar Memahami Gangguan perkembangan anak dan remaja
Date 2 September 2025
Pertemuan 2
Teori Perkembangan Psikoseksual dan Psikososil
Date 9 September 2025
Pertemuan 3
Teori Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Date 16 September 2025
Pertemuan 4
Teori Behavioral, Etologi dan Ekologi
Date 23 September 2025
Pertemuan 5
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif masa embrio dan gangguan perkembangan
Date 30 September 2025
Pertemuan 6
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif, dan sosial emosional pada masa bayi dan gangguan perkembangan
Date 7 Oktober 2025
Pertemuan 7
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa usia dini dan gangguan perkembangan
Date 14 Oktober 2025
Pertemuan 8
Konsep tugas dan tahapan aspek emosional & sosial AUD dan gangguan perkembangan
Date 21 Oktober 2025
Pertemuan 9
UTS
Date 28 Oktober 2025
Pertemuan 10
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik dan emosional masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 4 November 2025
Pertemuan 11
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan kognitif dan sosial masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 11 November 2025
Pertemuan 12
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 18 November 2025
Pertemuan 13
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 18 November 2025
Pertemuan 14
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan sosial emosional masa remaja dan gangguan perkembangan
Mata kuliah ini membahas konsep dasar, karakteristik, dan pendekatan psikologis dalam memahami anak berkebutuhan khusus (ABK). Materi mencakup klasifikasi dan identifikasi berbagai jenis kebutuhan khusus
Mata kuliah ini membahas proses mental yang mendasari perilaku manusia, mencakup aspek biologis serta mekanismenya dalam mempengaruhi perilaku dan psikologis individu, serta prinisp perkembangan sepanjang
This course discusses gender and its problems, gender construction and the factors that influence it, theories of gender identity formation, perspectives on gender differences, gender