Course Description
Comparative analysis of linguistic studies in language-literature education to reconstruct elements related to language-literature education into an original integrative language-literature learning model. The study topics for this course include various linguistic, psycholinguistic, sociolinguistic, anthropolinguistic descriptions, as well as their reconstruction in the language-literature education model.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menganalisis secara komparatif berbagai pendekatan linguistik (deskriptif, psikolinguistik, sosiolinguistik, antropolinguistik) dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra secara kritis dan sistematis.
- Mahasiswa mampu merekonstruksi elemen-elemen kajian linguistik yang relevan menjadi landasan konseptual untuk pengembangan model pembelajaran bahasa dan sastra yang integratif dan orisinal.
- Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan model pembelajaran bahasa dan sastra berbasis hasil kajian linguistik yang inovatif dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan pembelajaran masa kini.
- Mahasiswa mampu mengkaji dan mengintegrasikan teori-teori mutakhir dalam linguistik edukasional dengan filsafat pendidikan serta filsafat bahasa dan sastra untuk memahami dan mengembangkan praktik pembelajaran bahasa dan sastra yang berbasis pada pendekatan ilmiah yang kontekstual dan transformatif.