•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Evaluation of Learning and Learning

Program Studi S1 Pendidikan Fisika UNESA

 
Card image

Course Description

Study of the meaning, objectives, functions and principles of assessment, taxonomy of cognitive, affective and psychomotor learning outcomes, including scientific literacy and HOTs, various approaches, methods and assessment strategies/techniques, forms of instruments, assessment rubrics/guidelines , analysis and interpretation of assessment results, as well as their use. Learning is carried out through discussions, assignments and project assignments related to assessments at school.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen dalam konteks pendidikan.
  • Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menerapkan taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk integrasi literasi sains dan HOTs (Higher Order Thinking Skills).
  • Mahasiswa terampil dalam membandingkan serta memilih berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran.
  • Mahasiswa dapat menyusun bentuk-bentuk instrumen asesmen beserta rubrik atau pedoman penilaian yang valid dan reliabel untuk mengukur capaian belajar..
  • Mahasiswa mampu melakukan analisis dan interpretasi hasil asesmen untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran serta sebagai dasar pengembangan strategi perbaikan..
  • Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi tugas proyek asesmen guna menerapkan konsep dan teknik asesmen secara nyata.
  • Mampu mendeskripsikan prinsip dasar asesmen, penyusunan instrumen penilaian ranah pengetahuan, serta analisis kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian pengukuran, asesmen, dan evaluasi.
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis karakteristik asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar.
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    1. Membandingkan taksonomi kognitif Bloom yang lama dan yang direvisi.
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Menyusun Instrumen Asesmen Ranah Kognitif
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif berdasarkan data hasil uji coba penilaian hasil belajar fisika.
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Prinsip dasar asesmen, penyusunan instrumen penilaian ranah pengetahuan, serta analisis kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan.
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Hands on activity)
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Minds on Activity)
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Minds on Activity)
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Taksonomi ranah afektif.
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Asesmen otentik.
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Asesmen literasi sains
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Menganalisis penerapan asesmen di sekolah
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Menganalisis penerapan asesmen di sekolah
    • Date  21 Mei 2025

References

Lecturer


WASIS
WASIS
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Fisika
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10