•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Organizational Communication

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNESA

 
Card image

Course Description

Examining the substance of definitions and challenges in organizational communication, organizational paradigms, organizational culture, types of leadership, socialization processes, decision-making processes, conflict management in organizations. Learning is carried out for one semester using an exposition discovery learning approach using lecture, discussion, presentation and case study methods. Assessment is carried out through written and performance tests.

Program Objectives (PO)

  • Menganalisis struktur dan fungsi komunikasi dalam organisasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas berbagai model komunikasi organisasi dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan teori dan praktik terkini (C5)
  • Menciptakan strategi komunikasi inovatif yang mendukung tujuan organisasi dan meningkatkan keterlibatan internal dan eksternal (C6)
  • Menganalisis peran teknologi informasi dalam komunikasi organisasi dan mengusulkan integrasi teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi (C4)
  • Mengevaluasi kebijakan komunikasi internal dan eksternal organisasi untuk memastikan keadilan dan inklusivitas (C5)
  • Menciptakan program pelatihan komunikasi untuk pengembangan keterampilan komunikasi karyawan yang berkelanjutan dan efektif (C6)
  • Menganalisis dampak komunikasi organisasi terhadap kinerja dan kepuasan karyawan (C4)
  • Mengevaluasi strategi komunikasi dalam situasi krisis dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan (C5)
  • Menciptakan inisiatif komunikasi yang mendukung keberlanjutan dan tanggung jawab sosial organisasi (C6)
  • Menganalisis dan mengevaluasi peran komunikasi dalam pengembangan kewirausahaan dan inovasi organisasi (C4, C5)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Diharapkan mampu mengidentifikasi polapola komunikasi efektif dalam organisasi melalui analisis struktur dan fungsi komunikasi.
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Pendekatan klasik organisasi dan pola komunikasi yang terjadi di dalamnya
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Pendekatan klasik organisasi dan pola komunikasi yang terjadi di dalamnya
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Pendekatan human relations organisasi dan pola komunikasi yang terjadi di dalamnya
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Diharapkan mampu menciptakan strategi komunikasi inovatif yang mendukung tujuan organisasi dan meningkatkan kinerja organisasi.
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Pendekatan Human Resources dan pola komunikasi yang terjadi di dalamnya
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Diharapkan mampu mengidentifikasi masalah komunikasi organisasi dalam kasus-kasus yang diberikan, serta mampu merumuskan solusi potensial berdasarkan analisis yang dilakukan.
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian tengah semester
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Pendekatan sistem dalam komunikasi organisasi
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Pendekatan sistem dalam komunikasi organisasi
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Pendekatan kultural dalam komunikasi organisasi
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Pendekatan kultural dalam komunikasi organisasi
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Pendekatan kritis dalam komunikasi organisasi
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Pendekatan kritis dalam komunikasi organisasi
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Memahami konsep dan tahapan sosialisasi dalam organisasi
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

MUHAMMAD HILMY AZIZ
MUHAMMAD HILMY AZIZ
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AWANG DHARMAWAN
AWANG DHARMAWAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Ilmu Komunikasi
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10