•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Teori Belajar

Program Studi S1 Pendidikan Sejarah UNESA

 
Card image

Course Description

Study of the principles and ways students learn according to behavioral learning theory, social learning theory, cognitive learning theory, constructivist approach, as well as motivating students to learn, and its application in learning through analysis of case examples in class. The learning epistemology developed for course and competency learning outcomes is an expository, explanatory and exploratory approach.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis berbagai teori belajar (behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, humanistik, dll.) serta penerapannya dalam konteks pembelajaran sejarah.
  • Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan teori belajar yang relevan untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas hasil belajar peserta didik.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memecahkan kompleksitas permasalahan dalam pembelajaran sejarah melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner yang berlandaskan pada teori belajar modern maupun kontemporer.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Definisi, ruang lingkup, dan fungsi teori belajar dalam pendidikan sejarah.
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Memaparkan kronologi perkembangan teori belajar dari klasik hingga modern.
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Prinsip dasar teori behaviorisme.
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Hukum kesiapan, latihan, dan akibat Thorndike.
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 5
    Prinsip dasar teori Gestalt.
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 6
    Konsep pemrosesan informasi.
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Prinsip dasar konstruktivisme.
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Konsep ZPD dan scaffolding.
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Prinsip teori humanistik (Maslow, Rogers).
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Konsep advance organizer.
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Langkah discovery learning.
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Siklus experiential learning.
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Konsep modeling, observational learning, self-efficacy.
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Konsep refleksi kritis dalam pembelajaran.
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Menganalisis konstruk teori konektivisme, kognitif multimedia, game-based learning, critical digital pedagogy, dan critical digital literacy
    • Date  17 Desember 2025

References

Lecturer

DR. RAHMAN ABIDIN
DR. RAHMAN ABIDIN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AGUS SUPRIJONO
AGUS SUPRIJONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Sejarah
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10