•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Transformative Pedagogy

Program Studi S2 Pendidikan IPS UNESA

 
Card image

Course Description

Transformative pedagogical courses provide students with an understanding that education is humanization and life itself. Transformative pedagogy is education that does not separate theory and critical practice of life, there is no disparity between the two so that education is meaningful for humanity and life. Learning transformative pedagogy courses begins with tracing the historicity of the growth and development of transformative pedagogy to the critical praxis of transformative pedagogical ideology in the Indonesian national curriculum. The scope of the course begins with the history of transformative pedagogical thought, supporting educational philosophy, relevant learning theories, and transformative pedagogical praxis in the social sciences (IPS) curriculum in Junior High Schools (IPS).

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis teori-teori kritis pendidikan, pedagogi kritis, dan pendidikan pembebasan serta relevansinya dalam pembelajaran IPS.
  • Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan ke dalam perancangan kurikulum serta praktik pembelajaran IPS yang transformatif.
  • Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik.
  • Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap praktik pendidikan serta mengevaluasi peran pedagogi transformatif dalam mentransformasi masyarakat.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Secara kritis konsep, asumsi dasar, serta relevansi teori-teori kritis pendidikan (pedagogi kritis dan pendidikan pembebasan) dalam konteks pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 2
    Secara kritis konsep, asumsi dasar, serta relevansi teori-teori kritis pendidikan (pedagogi kritis dan pendidikan pembebasan) dalam konteks pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 3
    Secara kritis konsep, asumsi dasar, serta relevansi teori-teori kritis pendidikan (pedagogi kritis dan pendidikan pembebasan) dalam konteks pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 4
    Secara kritis konsep, asumsi dasar, serta relevansi teori-teori kritis pendidikan (pedagogi kritis dan pendidikan pembebasan) dalam konteks pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 5
    Merancang pembelajaran IPS yang transformatif dengan mengintegrasikan nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan.
  • Pertemuan 6
    Merancang pembelajaran IPS yang transformatif dengan mengintegrasikan nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan.
  • Pertemuan 7
    Merancang pembelajaran IPS yang transformatif dengan mengintegrasikan nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan.
  • Pertemuan 8
    Merancang pembelajaran IPS yang transformatif dengan mengintegrasikan nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan.
  • Pertemuan 9
    Merancang strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik
  • Pertemuan 10
    Merancang strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik
  • Pertemuan 11
    Merancang strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik
  • Pertemuan 12
    Merancang strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik
  • Pertemuan 13
    Secara kritis praktik pendidikan dan menilai dampak pedagogi transformatif terhadap perubahan sosial.
  • Pertemuan 14
    Secara kritis praktik pendidikan dan menilai dampak pedagogi transformatif terhadap perubahan sosial.
  • Pertemuan 15
    Secara kritis praktik pendidikan dan menilai dampak pedagogi transformatif terhadap perubahan sosial.
  • Pertemuan 16
    Secara kritis praktik pendidikan dan menilai dampak pedagogi transformatif terhadap perubahan sosial.

Lecturer

M. JACKY
M. JACKY
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan IPS
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10