•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pedagogik Transformatif

Program Studi S2 Pendidikan IPS UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pedagogik Transformatif pada jenjang S2 Program Studi Pendidikan IPS membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang pendekatan pedagogik yang berorientasi pada perubahan sosial dan pemberdayaan. Isi perkuliahan mencakup teori-teori kritis pendidikan, pedagogi kritis, pendidikan pembebasan, serta integrasi nilai-nilai keadilan sosial, kesetaraan, dan keberlanjutan dalam praktik pembelajaran IPS. Tujuannya adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi model pembelajaran transformatif yang responsif terhadap konteks sosial, budaya, dan politik. Ruang lingkup mata kuliah meliputi analisis isu-isu kontemporer dalam pendidikan IPS, pengembangan kurikulum transformatif, strategi pembelajaran partisipatif, serta refleksi kritis terhadap peran pendidikan dalam mentransformasi masyarakat.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis teori-teori kritis pendidikan, pedagogi kritis, dan pendidikan pembebasan serta relevansinya dalam pembelajaran IPS.
  • Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan ke dalam perancangan kurikulum serta praktik pembelajaran IPS yang transformatif.
  • Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik.
  • Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap praktik pendidikan serta mengevaluasi peran pedagogi transformatif dalam mentransformasi masyarakat.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Secara kritis konsep, asumsi dasar, serta relevansi teori-teori kritis pendidikan (pedagogi kritis dan pendidikan pembebasan) dalam konteks pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 2
    Secara kritis konsep, asumsi dasar, serta relevansi teori-teori kritis pendidikan (pedagogi kritis dan pendidikan pembebasan) dalam konteks pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 3
    Secara kritis konsep, asumsi dasar, serta relevansi teori-teori kritis pendidikan (pedagogi kritis dan pendidikan pembebasan) dalam konteks pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 4
    Secara kritis konsep, asumsi dasar, serta relevansi teori-teori kritis pendidikan (pedagogi kritis dan pendidikan pembebasan) dalam konteks pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 5
    Merancang pembelajaran IPS yang transformatif dengan mengintegrasikan nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan.
  • Pertemuan 6
    Merancang pembelajaran IPS yang transformatif dengan mengintegrasikan nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan.
  • Pertemuan 7
    Merancang pembelajaran IPS yang transformatif dengan mengintegrasikan nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan.
  • Pertemuan 8
    Merancang pembelajaran IPS yang transformatif dengan mengintegrasikan nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan.
  • Pertemuan 9
    Merancang strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik
  • Pertemuan 10
    Merancang strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik
  • Pertemuan 11
    Merancang strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik
  • Pertemuan 12
    Merancang strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik
  • Pertemuan 13
    Secara kritis praktik pendidikan dan menilai dampak pedagogi transformatif terhadap perubahan sosial.
  • Pertemuan 14
    Secara kritis praktik pendidikan dan menilai dampak pedagogi transformatif terhadap perubahan sosial.
  • Pertemuan 15
    Secara kritis praktik pendidikan dan menilai dampak pedagogi transformatif terhadap perubahan sosial.
  • Pertemuan 16
    Secara kritis praktik pendidikan dan menilai dampak pedagogi transformatif terhadap perubahan sosial.

Dosen

M. JACKY
M. JACKY
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan IPS
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10