•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Learning Planning

Program Studi S1 Pendidikan IPS UNESA

 
Card image

Course Description

This course is a course that discusses social studies learning planning by planning annual programs (PROTA) and semester programs (PROMES) which use the educational calendar in effect for the current academic year; make plans for implementing social studies learning (RPP) which is oriented towards active student learning with a scientific approach that is relevant to the demands of the 2013 curriculum, the demands of 21st century learning; develop teaching materials in social studies learning, in the form of modules/dictates/handouts that can be used in social studies learning which are able to provide meaningful learning experiences; develop student worksheets in the form of worksheets, job sheets, practical instructions in social studies learning that are oriented towards student activity/activity; developing an assessment sheet in social studies learning that measures the achievement of learning competencies using a project based learning approach with inquiry, discussion, question and answer, assignment methods. Assessment is carried out by performance, written tests and portfolios.

Program Objectives (PO)

  • Mengidentifikasi konsep, prinsip, dan landasan perencanaan pembelajaran yang relevan dalam konteks pendidikan IPS.
  • Menganalisis kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai.
  • Merancang perangkat pembelajaran IPS secara sistematis, meliputi pemilihan materi, metode, media, dan sumber belajar yang kontekstual.
  • Menyusun RPP yang aplikatif sesuai berdasarkan kurikulum nasional

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Merumuskan dasar konseptual dan prinsip perencanaan pembelajaran IPS secara kritis dan aplikatif sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Merumuskan dasar konseptual dan prinsip perencanaan pembelajaran IPS secara kritis dan aplikatif sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Merumuskan dasar konseptual dan prinsip perencanaan pembelajaran IPS secara kritis dan aplikatif sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Merumuskan dasar konseptual dan prinsip perencanaan pembelajaran IPS secara kritis dan aplikatif sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Keterkaitan antara kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS serta menciptakan rumusan tujuan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan terukur.
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Keterkaitan antara kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS serta menciptakan rumusan tujuan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan terukur.
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Keterkaitan antara kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS serta menciptakan rumusan tujuan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan terukur.
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Keterkaitan antara kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS serta menciptakan rumusan tujuan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan terukur.
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menyusun perangkat pembelajaran IPS yang sistematis dan kontekstual dengan memilih materi, metode, media, serta sumber belajar secara tepat dan terintegrasi
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Menyusun perangkat pembelajaran IPS yang sistematis dan kontekstual dengan memilih materi, metode, media, serta sumber belajar secara tepat dan terintegrasi
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Menyusun perangkat pembelajaran IPS yang sistematis dan kontekstual dengan memilih materi, metode, media, serta sumber belajar secara tepat dan terintegrasi
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Menyusun perangkat pembelajaran IPS yang sistematis dan kontekstual dengan memilih materi, metode, media, serta sumber belajar secara tepat dan terintegrasi
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Kesesuaian komponen RPP dengan kurikulum nasional dan menciptakan rancangan RPP yang aplikatif, inovatif, serta kontekstual untuk kebutuhan pembelajaran IPS.
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Kesesuaian komponen RPP dengan kurikulum nasional dan menciptakan rancangan RPP yang aplikatif, inovatif, serta kontekstual untuk kebutuhan pembelajaran IPS.
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Kesesuaian komponen RPP dengan kurikulum nasional dan menciptakan rancangan RPP yang aplikatif, inovatif, serta kontekstual untuk kebutuhan pembelajaran IPS.
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Kesesuaian komponen RPP dengan kurikulum nasional dan menciptakan rancangan RPP yang aplikatif, inovatif, serta kontekstual untuk kebutuhan pembelajaran IPS.
    • Date  22 Mei 2024

Lecturer

WIWIK SRI UTAMI
WIWIK SRI UTAMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NUANSA BAYU SEGARA
NUANSA BAYU SEGARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan IPS
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10