•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Perencanaan Pembelajaran

Program Studi S1 Pendidikan IPS UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) secara sistematis dan terstruktur. Fokus utama mata kuliah ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, kurikulum nasional, serta pendekatanembelajaran yang relevan dengan dinamika sosial dan kebudayaan. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar perencanaan pembelajaran, analisis kurikulum, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi, strategi/metode pembelajaran, pengembangan media, serta perencanaan evaluasi pembelajaran IPS. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kreatif, inovatif, dan kontekstual.

CPMK

  • Mengidentifikasi konsep, prinsip, dan landasan perencanaan pembelajaran yang relevan dalam konteks pendidikan IPS.
  • Menganalisis kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai.
  • Merancang perangkat pembelajaran IPS secara sistematis, meliputi pemilihan materi, metode, media, dan sumber belajar yang kontekstual.
  • Menyusun RPP yang aplikatif sesuai berdasarkan kurikulum nasional

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Merumuskan dasar konseptual dan prinsip perencanaan pembelajaran IPS secara kritis dan aplikatif sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Merumuskan dasar konseptual dan prinsip perencanaan pembelajaran IPS secara kritis dan aplikatif sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Merumuskan dasar konseptual dan prinsip perencanaan pembelajaran IPS secara kritis dan aplikatif sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Merumuskan dasar konseptual dan prinsip perencanaan pembelajaran IPS secara kritis dan aplikatif sebagai pijakan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Keterkaitan antara kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS serta menciptakan rumusan tujuan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan terukur.
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Keterkaitan antara kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS serta menciptakan rumusan tujuan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan terukur.
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Keterkaitan antara kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS serta menciptakan rumusan tujuan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan terukur.
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Keterkaitan antara kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS serta menciptakan rumusan tujuan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan terukur.
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menyusun perangkat pembelajaran IPS yang sistematis dan kontekstual dengan memilih materi, metode, media, serta sumber belajar secara tepat dan terintegrasi
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Menyusun perangkat pembelajaran IPS yang sistematis dan kontekstual dengan memilih materi, metode, media, serta sumber belajar secara tepat dan terintegrasi
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Menyusun perangkat pembelajaran IPS yang sistematis dan kontekstual dengan memilih materi, metode, media, serta sumber belajar secara tepat dan terintegrasi
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Menyusun perangkat pembelajaran IPS yang sistematis dan kontekstual dengan memilih materi, metode, media, serta sumber belajar secara tepat dan terintegrasi
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Kesesuaian komponen RPP dengan kurikulum nasional dan menciptakan rancangan RPP yang aplikatif, inovatif, serta kontekstual untuk kebutuhan pembelajaran IPS.
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Kesesuaian komponen RPP dengan kurikulum nasional dan menciptakan rancangan RPP yang aplikatif, inovatif, serta kontekstual untuk kebutuhan pembelajaran IPS.
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Kesesuaian komponen RPP dengan kurikulum nasional dan menciptakan rancangan RPP yang aplikatif, inovatif, serta kontekstual untuk kebutuhan pembelajaran IPS.
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Kesesuaian komponen RPP dengan kurikulum nasional dan menciptakan rancangan RPP yang aplikatif, inovatif, serta kontekstual untuk kebutuhan pembelajaran IPS.
    • Date  22 Mei 2024

Dosen

NUANSA BAYU SEGARA
NUANSA BAYU SEGARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WIWIK SRI UTAMI
WIWIK SRI UTAMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan IPS
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10