•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Platform-Based Programming

Program Studi S1 Teknik Informatika UNESA

 
Card image

Course Description

This course teaches platform-based programming concepts and techniques. In teaching this concept, the Java programming language will be used because Java uses the concepts of objects and classes in making programs. Teaching materials include an introduction to OOP concepts, Java Virtual Machine (JVM), objects, classes, methods, constructors, I/O, inheritance, encapsulation, polymorphism, overloading, UML, files, AWT, Swing, applets and exceptions.

Program Objectives (PO)

  • Mampu membandingkan arsitektur, keunggulan, dan keterbatasan platform pengembangan aplikasi Web, Desktop, dan Mobile untuk pemilihan teknologi yang tepat dalam penyelesaian masalah komputasi
  • Mampu merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang responsif dan adaptif untuk aplikasi pada platform Web menggunakan HTML, CSS, dan kerangka kerja JavaScript
  • Mampu mengembangkan aplikasi front-end web yang dinamis dan interaktif menggunakan kerangka kerja berbasis komponen
  • Mampu mengembangkan aplikasi desktop event-driven dengan antarmuka grafis (GUI) untuk kebutuhan offline menggunakan JavaFX atau C#.NET
  • Mampu mengembangkan aplikasi mobile native (Android) yang terstruktur, mengelola state dan siklus hidup komponen, serta melakukan persistensi data lokal
  • Mampu mengintegrasikan aplikasi pada platform yang berbeda melalui konsumsi API dan mendemonstrasikan solusi perangkat lunak multi-platform secara kolaboratif dalam sebuah proyek akhir

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Paradigma dan menyiapkan lingkungan pengembangan untuk ketiga platform, Web Desktop dab Mobile.
  • Pertemuan 2
    Membangun struktur dan layout halaman web statis yang responsif menggunakan HTML5 dan CSS3.
  • Pertemuan 3
    Membangun struktur dan layout halaman web statis yang responsif menggunakan HTML5 dan CSS3.
  • Pertemuan 4
    Memanipulasi DOM dan menangani event untuk menciptakan interaktivitas pada halaman web menggunakan JavaScript
  • Pertemuan 5
    Memanipulasi DOM dan menangani event untuk menciptakan interaktivitas pada halaman web menggunakan JavaScript
  • Pertemuan 6
    Merancang dan membangun Single Page Application (SPA) menggunakan kerangka kerja berbasis komponen (React).
  • Pertemuan 7
    Merancang dan membangun Single Page Application (SPA) menggunakan kerangka kerja berbasis komponen (React).
  • Pertemuan 8
    Project Tengah Semester
  • Pertemuan 9
    Merancang dan mengimplementasikan aplikasi GUI desktop sederhana menggunakan JavaFX (atau C#.NET) sebagai studi kasus komparatif.
  • Pertemuan 10
    Merancang dan mengimplementasikan aplikasi GUI desktop sederhana menggunakan JavaFX (atau C#.NET) sebagai studi kasus komparatif.
  • Pertemuan 11
    Membangun antarmuka pengguna (UI) untuk aplikasi Android menggunakan Kotlin dan XML Layouts.
  • Pertemuan 12
    Membangun antarmuka pengguna (UI) untuk aplikasi Android menggunakan Kotlin dan XML Layouts.
  • Pertemuan 13
    Mengelola data dan state aplikasi Android secara efisien menggunakan komponen Arsitektur Android Jetpack.
  • Pertemuan 14
    Mengelola data dan state aplikasi Android secara efisien menggunakan komponen Arsitektur Android Jetpack.
  • Pertemuan 15
    Proyek Akhir Semester.
  • Pertemuan 16
    Presentasi Proyek Akhir Semester.

Lecturer

I MADE SUARTANA
I MADE SUARTANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknik Informatika
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10