Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pemrograman Berbasis Platform dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan konseptual dan keterampilan praktis dalam merancang, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi solusi perangkat lunak untuk platform yang beragam, meliputi Web, Desktop, dan Mobile. Penekanan utama diberikan pada pendekatan komparatif, yang memungkinkan mahasiswa untuk menganalisis dan memahami secara kritis arsitektur, batasan teknis, paradigma antarmuka pengguna (UI/UX), dan ekosistem pengembangan lintas platform. Proses pembelajaran mengadopsi metodologi Project-Based Learning (PBL) secara intensif, di mana mahasiswa akan membangun portofolio aplikasi terintegrasi. Hal ini sejalan dengan prinsip OBE untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan nyata pengguna dan industri
CPMK
- Mampu membandingkan arsitektur, keunggulan, dan keterbatasan platform pengembangan aplikasi Web, Desktop, dan Mobile untuk pemilihan teknologi yang tepat dalam penyelesaian masalah komputasi
- Mampu merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang responsif dan adaptif untuk aplikasi pada platform Web menggunakan HTML, CSS, dan kerangka kerja JavaScript
- Mampu mengembangkan aplikasi front-end web yang dinamis dan interaktif menggunakan kerangka kerja berbasis komponen
- Mampu mengembangkan aplikasi desktop event-driven dengan antarmuka grafis (GUI) untuk kebutuhan offline menggunakan JavaFX atau C#.NET
- Mampu mengembangkan aplikasi mobile native (Android) yang terstruktur, mengelola state dan siklus hidup komponen, serta melakukan persistensi data lokal
- Mampu mengintegrasikan aplikasi pada platform yang berbeda melalui konsumsi API dan mendemonstrasikan solusi perangkat lunak multi-platform secara kolaboratif dalam sebuah proyek akhir