Course Description
This course examines school-based management, clinical supervision through presentations and discussions, and facilitates students in developing learning tools based on the applicable curriculum, the needs and diversity of students, including those with special needs. This device is a means of preparing students to manage learning at school for microteaching courses in accordance with applicable National Education Standards through workshops and discussions. Students are required to utilize ICT and research results to produce products in the form of learning tools for primary and secondary education. Apart from that, it also equips students to have teaching skills in the form of micro teaching and peer teaching, all of which are carried out using the case method or project based learning.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS), supervisi klinis, microteaching, dan perencanaan pembelajaran secara logis dan sistematis menggunakan referensi ilmiah.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS), supervisi klinis, microteaching, dan perencanaan pembelajaran secara logis dan sistematis menggunakan referensi ilmiah.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik sekolah dan kurikulum yang mendukung penerapan MBS serta membedakan bentuk supervisi pembelajaran yang tepat.
- Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran (silabus, RPP, bahan ajar) yang adaptif terhadap keragaman peserta didik termasuk ABK, serta berbasis hasil riset mutakhir.
- Mahasiswa mampu menyusun dan menyajikan perangkat pembelajaran melalui pendekatan problem based learning dan project based learning secara kolaboratif.
- Mahasiswa mampu melaksanakan praktik microteaching secara bertanggung jawab, menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.
- Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap proses pembelajaran melalui evaluasi dan revisi perangkat berdasarkan hasil praktik microteaching.
- Mahasiswa menunjukkan sikap profesional dan etis dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta presentasi hasil pembelajaran mikro.
- Mahasiswa mampu mengintegrasikan seluruh pemahaman dan keterampilan pembelajaran mikro dalam bentuk unjuk kerja dan produk akhir.