•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pembelajaran Mikro

Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalammengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhankhusus. Perangkat tersebut sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah microteaching sesuaidengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku melalui workshop dan diskusi. Mahasiswa dituntut memanfaatkan TIK dan hasil-hasil riset untukmenghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memilikiketerampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching yang kesemuanya dilaksanakan dengan case method atau project base learning.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS), supervisi klinis, microteaching, dan perencanaan pembelajaran secara logis dan sistematis menggunakan referensi ilmiah.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS), supervisi klinis, microteaching, dan perencanaan pembelajaran secara logis dan sistematis menggunakan referensi ilmiah.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik sekolah dan kurikulum yang mendukung penerapan MBS serta membedakan bentuk supervisi pembelajaran yang tepat.
  • Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran (silabus, RPP, bahan ajar) yang adaptif terhadap keragaman peserta didik termasuk ABK, serta berbasis hasil riset mutakhir.
  • Mahasiswa mampu menyusun dan menyajikan perangkat pembelajaran melalui pendekatan problem based learning dan project based learning secara kolaboratif.
  • Mahasiswa mampu melaksanakan praktik microteaching secara bertanggung jawab, menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.
  • Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap proses pembelajaran melalui evaluasi dan revisi perangkat berdasarkan hasil praktik microteaching.
  • Mahasiswa menunjukkan sikap profesional dan etis dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta presentasi hasil pembelajaran mikro.
  • Mahasiswa mampu mengintegrasikan seluruh pemahaman dan keterampilan pembelajaran mikro dalam bentuk unjuk kerja dan produk akhir.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi
    • Date  22 Mei 2024

Dosen

HARI WISNU
HARI WISNU
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DWI LORRY JUNIARISCA
DWI LORRY JUNIARISCA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10