Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, prinsip, komponen, landasan, dimensi, orientasi, evaluasi, pengembangan, telaah kurikulum di tingkat satuan pendidikan, serta memperaktekkan model-model evaluasi dan pengembangan kurikulum.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-5 Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan
PLO-8 Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan
Program Objectives (PO)
PO-1 Menguasai konsep, prinsip, komponen, landasan, dasar-dasar serta pengembangannya dalam perkembangan Kurikulum di Indonesia
PO-2 Menguasai desain kurikulum pada setiap satuan Pendidikan dengan cased method
PO-3 Menguasai model-model dan organisasi pengembangan kurikulum dengan memanfaatkan teknologi informasi
PO-4 Melakukan evaluasi model evaluasi dan pengembangan kurikulum
PO-5 Melakukan pengembangan kurikulum baik di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan model pengembangan kurikulum