Kajian mengenai; (1) Pengembangan teori administrasi; (2) Struktur organisasi; (3) Budaya organisasi; (4) Motivasi; (5) Kepemimpinan; (6) Pengambilan keputusan; (7) Komunikasi ; (8) Perubahan organisasi; (9) Pemerintah dan pendidikan; (10) Keunggulan, kesetaraan dan pendidikan; (11) Keuangan dan produktivitas sekolah; (12) Pertimbangan hukum dan pendidikan; (13) Pengembangan dan implementasi kurikulum; (14) Analisis dan peningkatan pembelajaran; (15 Administrasi/manajemen sumber daya manusia. Kajian-kajian tersebut diharapkan dapat diimplementasikan kaitannya dengan system pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi dalam system pengelolaan pendidikan yang efektif dan efesien.
Mahasiswa diharapkan memahami secara konseptual mengenai analisis system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi termasuk hasil-hasil penelitian dan novelty (aspek kebaruan) baik secara substantif dan metodologis yang dapat dipelajari dan dijadikan model atau bahan perbandingan untuk menunjang penulisan disertasi.
Hasil akhir dari perkuliahan ini adalah terwujudnya laporan tugas akhir. Adapun sistematika penulisan tugas akhir meliputi: (A) isi rangkuman berdasarkan kajian yang ditelaah (lihat kemampuan akhir tiap tahapan belajar/materi pelajaran); (B) kelebihan konsep/teori yang ditelaah; (C) penerapan praktis terkait teori yang ditelaah kaitannya dengan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi; (D) hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan/dikembangkan untuk pengelolaan sekolah ke depan/selanjutnya; (E) bagaimana hasilnya menurut pendapat penulis; (F) tawaran baru penulis berdasarkan hasil studi literature dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan; (G) recommended model yang ditawarkan berupa diagram konteks.
Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas untuk disajikan dalam seminar kelas, dilaksanakan dengan system ceramah secara online maupun offline (sinkronus dan asinkronus) melalui platform pembelajaran, baik melalui zoom meetings, google meet, WA Group, presentasi, diskusi, penugasan dan refleksi (hal-hal apa saja yang sudah dipahami dan hal-hal apa saja yang belum dipahami) serta penguatan mata kuliah.