CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.
CPL-6 Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif.
CPL-8 Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA
CPL-10 Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan.
CPMK
CPMK-1 Menganalisis ilmu filsafat pendidikan Bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).
CPMK-2 Mengevaluasi filsafat pendidikan Bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).
CPMK-3 Membuat kajian prinsip dari filsfat pendidika Bahasa Indonesia
CPMK-4 Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran filsafat pendidikan Bahasa Indonesia(idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
CPMK-5 Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan bahasa Indonesia.
CPMK-6 Membuat kajian pemikiran para tokoh filsafat pendidikan bahasa
CPMK-7 Menganalisis bukti keterkaitan antara filsafat pendidikan bahasa Indonesia, teknologi, dan masyarakat.