CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.
CPL-10 Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan.
CPMK
CPMK-1 Menganalisis ilmu filsafat pendidikan Bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).
CPMK-2 Mengevaluasi filsafat pendidikan Bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).
CPMK-3 Membuat kajian prinsip dari filsfat pendidika Bahasa Indonesia
CPMK-4 Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran filsafat pendidikan Bahasa Indonesia(idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
CPMK-5 Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan bahasa Indonesia.
CPMK-6 Membuat kajian pemikiran para tokoh filsafat pendidikan bahasa
CPMK-7 Menganalisis bukti keterkaitan antara filsafat pendidikan bahasa Indonesia, teknologi, dan masyarakat.