•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Micro Learning

Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines school-based management, clinical supervision through presentations and discussions, and facilitates students in developing learning tools based on the applicable curriculum, the needs and diversity of students, including those with special needs. This device is a means of preparing students to manage learning at school for microteaching courses in accordance with applicable National Education Standards through workshops and discussions. Students are required to utilize ICT and research results to produce products in the form of learning tools for primary and secondary education. Apart from that, it also equips students to have teaching skills in the form of micro teaching and peer teaching, all of which are carried out using the case method or project based learning.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS), supervisi klinis, microteaching, dan perencanaan pembelajaran secara logis dan sistematis menggunakan referensi ilmiah.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS), supervisi klinis, microteaching, dan perencanaan pembelajaran secara logis dan sistematis menggunakan referensi ilmiah.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik sekolah dan kurikulum yang mendukung penerapan MBS serta membedakan bentuk supervisi pembelajaran yang tepat.
  • Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran (silabus, RPP, bahan ajar) yang adaptif terhadap keragaman peserta didik termasuk ABK, serta berbasis hasil riset mutakhir.
  • Mahasiswa mampu menyusun dan menyajikan perangkat pembelajaran melalui pendekatan problem based learning dan project based learning secara kolaboratif.
  • Mahasiswa mampu melaksanakan praktik microteaching secara bertanggung jawab, menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.
  • Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap proses pembelajaran melalui evaluasi dan revisi perangkat berdasarkan hasil praktik microteaching.
  • Mahasiswa menunjukkan sikap profesional dan etis dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta presentasi hasil pembelajaran mikro.
  • Mahasiswa mampu mengintegrasikan seluruh pemahaman dan keterampilan pembelajaran mikro dalam bentuk unjuk kerja dan produk akhir.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi
    • Date  20 Mei 2025

Lecturer

LUCY WIDYA FATHIR
LUCY WIDYA FATHIR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SETIYO HARTOTO
SETIYO HARTOTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10