Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang berbagai model dan desain pembelajaran yang relevan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mahasiswa akan mempelajari dan mengkaji berbagai teori, prinsip, dan pendekatan dalam merancang model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini (AUD). Mata kuliah ini menekankan pada keterkaitan antara karakteristik perkembangan anak, tujuan pendidikan, dan strategi pembelajaran yang inovatif dan holistik. Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan mengembangkan model pembelajaran berbasis perkembangan anak yang berpusat pada anak, inklusif, serta sesuai dengan standar perkembangan yang telah ditetapkan (STPPA). Pembahasan dalam mata kuliah ini mencakup analisis berbagai pendekatan pembelajaran seperti pembelajaran tematik, berbasis proyek, berbasis permainan, serta pendekatan multiple intelligences dan neuroscience yang sesuai dengan kurikulum PAUD. Selain itu, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk merancang desain pembelajaran kreatif, inovatif, dan efektif yang dapat diaplikasikan di berbagai satuan PAUD. Produk akhir dari mata kuliah ini adalah pengembangan model pembelajaran yang teruji secara teoritik dan praktis, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar di PAUD.