•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Curriculum Development Pnf

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang filosofi dasar kurikulum, pemahaman tentang kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan dan desain kurikulum, peran guru (tutor) dalam pengembangan kurikulum, model konsep kurikulum, model pengembangan kurikulum pendidikan non-formal, dan evaluasi kurikulum melalui penjelasan, diskusi, presentasi, dan tugas. Indikator penilaian untuk kursus ini adalah kemampuan mahasiswa untuk memahami filosofi dasar kurikulum, pemahaman tentang kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan dan desain kurikulum, serta peran guru (tutor) dalam pengembangan kurikulum. Berfokus pada pemahaman, analisis, dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan non-formal. Mata kuliah ini mencakup teori dasar pengembangan kurikulum, pendekatan dan model kurikulum, serta penerapan kurikulum dalam konteks pendidikan non-formal seperti pendidikan komunitas, kursus keterampilan, pelatihan kerja, atau program pemberdayaan komunitas. Mata kuliah ini memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk dapat merancang kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan sosial dan ekonomi, dan dapat diterapkan di berbagai lingkungan pendidikan non-formal seperti Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan lembaga sejenis.

Program Objectives (PO)

  • Memahami konsep dan teori kurikulum, dasar-dasar pengembangan kurikulum, model konsep kurikulum, analisis kurikulum, desain kurikulum, pengembangan kurikulum, evaluasi kurikulum, Ktsp, K-13, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Setara, SKKNI, Kurikulum PAUD, Kurikulum Kesetaraan (C2)
  • Menciptakan dan mengembangkan kurikulum pendidikan non-formal (C6)
  • Mengevaluasi secara aktif selama proses pembelajaran (C5)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Makna kurikulum dan tujuan pengembangan kurikulum
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Landasan Sosial Budaya, Perkembangan Ilmu Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Landasan sosio-budaya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan kurikulum
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Model konsep kurikulum
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Model evaluasi kurikulum
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Landasan filosofis dan psikologis dalam pengembangan kurikulum. Mampu memahami landasan sosio-budaya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan kurikulum.
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian tengah semester
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Sifat Pendidikan yang Setara
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Konsep evaluasi kurikulum
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Sifat pendidikan yang setara
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Menganalisis Konsep Evaluasi Kurikulum
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Karakteristik PAUD
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Karakteristik PAUD
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Peninjauan Materi Pengembangan Kurikulum
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian akhir semester
    • Date  20 Mei 2025

References

Lecturer

SHOBRI FIRMAN SUSANTO
SHOBRI FIRMAN SUSANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RIVO NUGROHO
RIVO NUGROHO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10