Course Description
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam mengeksplorasi peran penting budaya lokal dan teknologi dalam merancang pembelajaran yang relevan, inklusif, dan berbasis konteks masyarakat. Melalui pendekatan ethnopedagogy, mahasiswa akan mendalami cara-cara menggunakan nilai, tradisi, dan kearifan lokal sebagai dasar dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak di lingkungan multikultural dan multi-etnis. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana teknologi dapat digunakan secara strategis untuk memperkaya proses pembelajaran, meningkatkan aksesibilitas, dan mendukung kebutuhan perkembangan anak usia dini. Mahasiswa akan mempelajari integrasi ethnopedagogy dan teknologi dalam pembelajaran PAUD, termasuk pengembangan media dan bahan ajar digital yang mengakomodasi nilai-nilai lokal sekaligus mengikuti perkembangan teknologi pendidikan. Dengan fokus pada penerapan praktis, mahasiswa menganalisis konten etnopedagogi yang ada di lingkup PAUD.Selain itu, diskusi kritis akan mendorong mahasiswa untuk mengevaluasi dampak teknologi dalam proses pembelajaran, baik secara positif maupun tantangan yang mungkin muncul terkait keterbatasan teknologi dan adaptasi budaya. Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pakar yang mampu menggabungkan teknologi dan pendekatan budaya dalam pendidikan anak usia dini, sehingga mereka dapat merancang pembelajaran yang menghargai keberagaman budaya sekaligus responsif terhadap kemajuan teknologi di era digital. Luaran mata kuliah ini adalah artikel literature review tentang ide disertasi minimal in review Scopus.
Program Objectives (PO)
- CPMK-1 Menganalisis konsep dan prinsip etnopedagogi dalam pendidikan anak usia dini
- CPMK-2 Menelaah peran teknologi dalam mendukung pembelajaran berbasis budaya lokal
- CPMK-3 Mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal dan teknologi dalam desain pembelajaran PAUD
- CPMK-4 Merancang model pembelajaran yang berakar pada budaya lokal dan relevan secara global