•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Study of Ethnopedagogy and Technology in Early Childhood Education

Program Studi S3 Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam mengeksplorasi peran penting budaya lokal dan teknologi dalam merancang pembelajaran yang relevan, inklusif, dan berbasis konteks masyarakat. Melalui pendekatan ethnopedagogy, mahasiswa akan mendalami cara-cara menggunakan nilai, tradisi, dan kearifan lokal sebagai dasar dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak di lingkungan multikultural dan multi-etnis. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana teknologi dapat digunakan secara strategis untuk memperkaya proses pembelajaran, meningkatkan aksesibilitas, dan mendukung kebutuhan perkembangan anak usia dini. Mahasiswa akan mempelajari integrasi ethnopedagogy dan teknologi dalam pembelajaran PAUD, termasuk pengembangan media dan bahan ajar digital yang mengakomodasi nilai-nilai lokal sekaligus mengikuti perkembangan teknologi pendidikan. Dengan fokus pada penerapan praktis, mahasiswa menganalisis konten etnopedagogi yang ada di lingkup PAUD.Selain itu, diskusi kritis akan mendorong mahasiswa untuk mengevaluasi dampak teknologi dalam proses pembelajaran, baik secara positif maupun tantangan yang mungkin muncul terkait keterbatasan teknologi dan adaptasi budaya. Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pakar yang mampu menggabungkan teknologi dan pendekatan budaya dalam pendidikan anak usia dini, sehingga mereka dapat merancang pembelajaran yang menghargai keberagaman budaya sekaligus responsif terhadap kemajuan teknologi di era digital. Luaran mata kuliah ini adalah artikel literature review tentang ide disertasi minimal in review Scopus.

Program Objectives (PO)

  • CPMK-1 Menganalisis konsep dan prinsip etnopedagogi dalam pendidikan anak usia dini
  • CPMK-2 Menelaah peran teknologi dalam mendukung pembelajaran berbasis budaya lokal
  • CPMK-3 Mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal dan teknologi dalam desain pembelajaran PAUD
  • CPMK-4 Merancang model pembelajaran yang berakar pada budaya lokal dan relevan secara global

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis konsep dasar ethnopedagogy dan teknologi di PAUD
    • Date  29 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis relevansi nilai-nilai budaya lokal dalam proses pendidikan PAUD
    • Date  5 September 2025

  • Pertemuan 3
    Studi kasus penerapan etnopedagogi dalam praktik pembelajaran PAUD
    • Date  12 September 2025

  • Pertemuan 4
    Berbagai bentuk teknologi pendidikan yang mendukung pembelajaran berbasis budaya
    • Date  19 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis integrasi teknologi dengan konten budaya lokal dalam konteks PAUD
    • Date  26 September 2025

  • Pertemuan 6
    Dampak penggunaan teknologi terhadap pelestarian nilai budaya lokal dampak penggunaan teknologi terhadap pelestarian nilai budaya lokal
    • Date  3 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Merumuskan konsep media digital dalam menyampaikan materi berbasis budaya loka
    • Date  10 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester (UTS): menyusun draf artikel ilmiah menggunakan literature review untuk dipublikasi dalam jurnal internasional bereputasi
    • Date  17 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Merancang strategi pembelajaran yang memadukan teknologi dan budaya lokal
    • Date  24 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Kesesuaian desain pembelajaran dengan kebutuhan anak usia dini dan konteks budaya
    • Date  7 November 2025

  • Pertemuan 11
    Merangkum konsep media digital berbasis etnopedagogi untuk PAUD dalam bentuk artikel ilmiah dan disubmit ke jurnal internasional bereputasi
    • Date  14 November 2025

  • Pertemuan 12
    Model-model pembelajaran berbasis budaya dari berbagai daerah dan negara
    • Date  21 November 2025

  • Pertemuan 13
    Memerinci prinsip desain pembelajaran yang menggabungkan kearifan lokal dan perspektif global
    • Date  28 November 2025

  • Pertemuan 14
    Membandingkan model pembelajaran PAUD yang adaptif terhadap budaya lokal dan perkembangan global
    • Date  5 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Model pembelajaran berbasis budaya lokal yang terintegrasi dengan teknologi
    • Date  12 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Mensintesis artikel ilmiah yang sudah di submit di jurnal internasional bereputasi sebagai nilai ujian akhir semester (UAS)
    • Date  19 Desember 2025

Lecturer

ANDI KRISTANTO
ANDI KRISTANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KARTIKA RINAKIT ADHE
KARTIKA RINAKIT ADHE
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10