Course Description
Mata kuliah Etno-Pedagogy Pendidikan Sains membahas integrasi kearifan lokal dan budaya dalam pembelajaran sains. Mata kuliah ini mengkaji pendekatan pedagogis yang menghubungkan pengetahuan sains modern dengan pengetahuan tradisional masyarakat, dengan fokus pada pengembangan strategi pembelajaran yang relevan secara kultural. Tujuan utama mata kuliah adalah membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip etnopedagogi dalam konteks pendidikan sains, mengembangkan kemampuan merancang pembelajaran sains yang berbasis budaya lokal, dan menganalisis implementasi pendekatan etnopedagogi dalam berbagai konteks pendidikan. Ruang lingkup mata kuliah meliputi teori etnopedagogi, studi kasus integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran sains, pengembangan materi ajar berbasis budaya, serta evaluasi pembelajaran sains dengan pendekatan etnopedagogi. Mahasiswa akan mengkaji berbagai model pembelajaran yang memadukan sains dengan nilai-nilai budaya untuk menciptakan pendidikan sains yang inklusif dan bermakna.
Program Objectives (PO)
- Menerapkan konsep etno-pedagogi dalam perancangan kurikulum pendidikan IPA yang inovatif dan adaptif terhadap kearifan lokal (C3)
- Menganalisis dan mengintegrasikan teori pedagogi, andragogi, dan hutagogi dalam pengembangan materi pembelajaran IPA yang sesuai dengan kerangka TPACK (C4)
- Mengevaluasi efektivitas penerapan etno-pedagogi dalam pembelajaran IPA dan mengusulkan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi (C5)
- Menciptakan metode pembelajaran IPA yang menggabungkan prinsip etno-pedagogi dengan teknologi terkini untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa (C6)
- Menerapkan filsafat pendidikan IPA berbasis etno-pedagogi untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal dan global (C3)
- Menganalisis dampak penerapan etno-pedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan IPA (C4)
- Mengevaluasi dan menyempurnakan perangkat pembelajaran IPA yang telah dikembangkan dengan pendekatan etno-pedagogi untuk memastikan kesesuaian dengan SDGs (C5)
- Menciptakan karya ilmiah dalam bidang pendidikan IPA yang mengintegrasikan etno-pedagogi, dipublikasikan pada jurnal internasional (C6)
- Menerapkan prinsip kolaboratif dan adaptif dalam pengembangan dan implementasi etno-pedagogi di lingkungan pendidikan yang beragam (C3)
- Menganalisis peran etno-pedagogi dalam memperkuat karakter siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat dalam konteks pendidikan IPA (C4)
- Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
- Menerapkan konsep etno-pedagogi dalam desain kurikulum pendidikan sains untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif dan adaptif (C3)
- Menganalisis dan mengintegrasikan teori pedagogi, andragogi, dan hutagogi dalam pengembangan materi pembelajaran sains yang berbasis etno-pedagogi (C4)
- Mengevaluasi efektivitas penggunaan etno-pedagogi dalam pembelajaran sains berdasarkan kriteria pedagogis dan kultural (C5)
- Menciptakan metode penelitian inovatif yang menggabungkan etno-pedagogi dengan pendekatan multi dan interdisipliner dalam pendidikan sains (C6)
- Menerapkan prinsip-prinsip etno-pedagogi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pendidikan sains (C3)
- Menganalisis dampak penerapan etno-pedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan sains (C4)
- Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pembelajaran sains yang berbasis etno-pedagogi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C5)
- Menciptakan kerangka kerja baru untuk integrasi etno-pedagogi dalam teknologi pembelajaran sains (C6)
- Menerapkan pendekatan etno-pedagogi dalam penilaian pembelajaran sains untuk mengakomodasi keberagaman budaya siswa (C3)
- Menganalisis peran etno-pedagogi dalam pengembangan karakter siswa seperti kolaboratif, adaptif, dan inovatif dalam konteks pendidikan sains (C4)