•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Ethno Pedagogy of Science Education

Program Studi S2 Pendidikan Sains UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini fokus pada pemahaman dan pengetahuan peserta didik mengenai kajian hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal (indigenous science), melakukan eksplorasi kearifan local untuk pembelajaran sains, dan merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan local. Perkuliahan dilakukan melalui metode seminar, workshop, dan project. Penilaian meliputi produk hasil kajian dan produk hasil rancangan.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan konsep etno-pedagogi dalam perancangan kurikulum pendidikan IPA yang inovatif dan adaptif terhadap kearifan lokal (C3)
  • Menganalisis dan mengintegrasikan teori pedagogi, andragogi, dan hutagogi dalam pengembangan materi pembelajaran IPA yang sesuai dengan kerangka TPACK (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas penerapan etno-pedagogi dalam pembelajaran IPA dan mengusulkan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi (C5)
  • Menciptakan metode pembelajaran IPA yang menggabungkan prinsip etno-pedagogi dengan teknologi terkini untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa (C6)
  • Menerapkan filsafat pendidikan IPA berbasis etno-pedagogi untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal dan global (C3)
  • Menganalisis dampak penerapan etno-pedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan IPA (C4)
  • Mengevaluasi dan menyempurnakan perangkat pembelajaran IPA yang telah dikembangkan dengan pendekatan etno-pedagogi untuk memastikan kesesuaian dengan SDGs (C5)
  • Menciptakan karya ilmiah dalam bidang pendidikan IPA yang mengintegrasikan etno-pedagogi, dipublikasikan pada jurnal internasional (C6)
  • Menerapkan prinsip kolaboratif dan adaptif dalam pengembangan dan implementasi etno-pedagogi di lingkungan pendidikan yang beragam (C3)
  • Menganalisis peran etno-pedagogi dalam memperkuat karakter siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat dalam konteks pendidikan IPA (C4)
  • Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
  • Menerapkan konsep etno-pedagogi dalam desain kurikulum pendidikan sains untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif dan adaptif (C3)
  • Menganalisis dan mengintegrasikan teori pedagogi, andragogi, dan hutagogi dalam pengembangan materi pembelajaran sains yang berbasis etno-pedagogi (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas penggunaan etno-pedagogi dalam pembelajaran sains berdasarkan kriteria pedagogis dan kultural (C5)
  • Menciptakan metode penelitian inovatif yang menggabungkan etno-pedagogi dengan pendekatan multi dan interdisipliner dalam pendidikan sains (C6)
  • Menerapkan prinsip-prinsip etno-pedagogi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pendidikan sains (C3)
  • Menganalisis dampak penerapan etno-pedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan sains (C4)
  • Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pembelajaran sains yang berbasis etno-pedagogi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C5)
  • Menciptakan kerangka kerja baru untuk integrasi etno-pedagogi dalam teknologi pembelajaran sains (C6)
  • Menerapkan pendekatan etno-pedagogi dalam penilaian pembelajaran sains untuk mengakomodasi keberagaman budaya siswa (C3)
  • Menganalisis peran etno-pedagogi dalam pengembangan karakter siswa seperti kolaboratif, adaptif, dan inovatif dalam konteks pendidikan sains (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Karakteristik ethnopedagogy dalam kontek global.
    • Date  26 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Bukti dalam Implikasi Penelitian ethnopedagogy
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 3
    Merancang Integrasi etnopedagogi ke dalam Praktik pembelajan
    • Date  16 September 2025

  • Pertemuan 4
    Instrumen terkait proyek ethnopedagogy
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 5
    Desain (material) pembelajaran berbasis ethnopedagogy
    • Date  30 September 2025

  • Pertemuan 6
    Desain pembelajaran di berbasis ethnopedagogy
    • Date  7 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Mendesain draf perlindungan hukum
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS Tengah Semester (UTS Tengah Semester Sub CPMK 1-7)
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Proyek Ethnopedagogy dalam pembelaran skala mikro (kelas terbatas)
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis data hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 11
    Secara oral/lisan dan tulis (manuskrip/artikel) untuk hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan.
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 12
    Mendesain manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan.
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 13
    Draf manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek sesuai standar yang berlaku (gaya selingkung jurnal).
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 14
    Memfinalisasikan draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    (submit) draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan.
    • Date  9 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Merefleksikan dan mendesain tindak lanjut pembelajaran ethnopedagogy
    • Date  16 Desember 2025

Lecturer

HASAN SUBEKTI
HASAN SUBEKTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

BENI SETIAWAN
BENI SETIAWAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Sains
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10