Mata kuliah Pengembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini merupakan kajian komprehensif yang memfokuskan pada aspek fundamental perkembangan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia 0-6 tahun. Secara mendalam, mata kuliah ini mengkaji berbagai dimensi teoretis dan praktis yang meliputi: konsep dasar perkembangan moral dan nilai agama menurut perspektif psikologi perkembangan, pendidikan, dan teologi; hakikat serta karakteristik unik perkembangan moral-spiritual anak usia dini yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; serta berbagai teori perkembangan moral seperti tahapan perkembangan moral Kohlberg yang diadaptasi untuk konteks anak usia dini.
Pembelajaran dalam mata kuliah ini secara khusus membedah pola orientasi perkembangan moral anak melalui pendekatan holistik yang mempertimbangkan aspek biologis, psikologis, sosiokultural, dan spiritual. Mahasiswa akan menganalisis berbagai faktor penyebab masalah moral pada anak usia dini, termasuk pengaruh keluarga, lingkungan sosial, media digital, dan budaya kontemporer, serta mempelajari berbagai pendekatan penanaman nilai moral seperti pendekatan konstruktivis, behavioristik, dan humanistik yang disesuaikan dengan karakteristik perkembangan anak.
Secara praktis, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk merancang strategi dan perencanaan pengembangan moral-agama yang terintegrasi dalam kurikulum PAUD, mengembangkan instrumen penilaian perkembangan moral dan agama yang autentik, serta melakukan analisis kritis terhadap praktik-praktik pengembangan moral-agama di lembaga PAUD melalui studi lapangan. Pembelajaran dilaksanakan melalui berbagai metode seperti diskusi kasus, simulasi pembelajaran, observasi langsung di lembaga PAUD, dan pengembangan proyek perancangan program pengembangan moral-agama yang kontekstual dengan kebutuhan anak usia dini di era kontemporer.