Mata kuliah Pengembangan Literasi dan Bahasa Anak Usia Dini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan landasan konseptual dan praktis mengenai pentingnya literasi dan bahasa dalam perkembangan anak usia dini. Kajian dalam mata kuliah ini mencakup hakikat, pengertian, dan karakteristik pengembangan literasi dan bahasa anak usia dini yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif, sosial-emosional, dan linguistik anak.
Mahasiswa akan mendalami berbagai faktor yang mendukung maupun menghambat pengembangan literasi dan bahasa, baik dari aspek lingkungan, keluarga, budaya, maupun kesiapan neurofisiologis anak. Mata kuliah ini juga mengkaji peran penting pematangan dan stimulasi belajar dalam membentuk kemampuan berbahasa anak, serta strategi pembelajaran yang mendukung keterampilan berbahasa reseptif (mendengarkan dan membaca) dan ekspresif (berbicara dan menulis).
Mahasiswa akan dilatih untuk merancang program pengembangan literasi dan bahasa yang kreatif, kontekstual, dan berorientasi pada kebutuhan anak, serta mengembangkan keterampilan dalam melakukan evaluasi perkembangan literasi dan bahasa melalui teknik-teknik asesmen autentik. Sebagai bentuk penguatan kompetensi pedagogis, mahasiswa juga akan melakukan peer teaching untuk mempraktikkan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan literasi dan bahasa dalam konteks pembelajaran anak usia dini.
Strategi pembelajaran yang digunakan meliputi ceramah interaktif, pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, demonstrasi, dan praktik mengajar, guna mendorong mahasiswa berpikir kritis, kolaboratif, dan reflektif dalam merancang pengalaman belajar literasi dan bahasa yang bermakna bagi anak usia dini.