Mata kuliah ini mengkaji dan mengeksplorasi berbagai konsep dan perspektif dalam pengembangan profesional pendidik anak usia dini, dengan fokus pada kepemimpinan, advokasi, serta pengembangan keterampilan dan disposisi profesional pendidik di berbagai setting lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Mahasiswa akan melakukan analisis kritis dan pemodelan strategi pengembangan profesional yang efektif berdasarkan kajian hasil penelitian dan literatur terkini. Proses pengembangan profesional yang dibahas mempertimbangkan karakteristik mahasiswa, prinsip pendidikan berkualitas, profesionalisme kerja, dan etika akademik. Selain itu, mata kuliah ini menekankan pentingnya nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional sebagai landasan dalam pelaksanaan tugas pendidik PAUD.
Mata kuliah ini juga menekankan evolusi bidang PAUD serta pentingnya pengembangan diri secara berkelanjutan dan kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk mendukung keberlanjutan program dan peningkatan mutu pendidikan anak usia dini.