Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori dan praktek dari teori konseling kognitif-perilaku, yang meliputi: kajian konsep, pandangan tentang sifat dasar manusia, formulasi teoretik tentang gangguan perilaku, metode konseling (tujuan, teknik, dan proses), aplikabilitas, kritik, latihan/praktek menganalisis gangguan perilaku dari suatu kasus, merancang dan mempraktekkan program konseling berdasarkan teori konseling kognitif-perilaku. Perkuliahan dilaksanakan dengan secara luring dan daring dengan menerapkan metode pembelajaran aktif (active learning) yaitu pembelajaran berbasis proyek. Penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa ditetapkan berdasarkan nilai keaktifan dalam mengikuti seluruh proses perkuliahan, penyelesaian tugas terstruktur, dan ujian.
Tujuan/isi mata pelajaran Teori dan praktik konseling Kognitif-Perilaku:
1. Teori Konseling Behavior
2. Teori dan Praktik Self Management
3. Teori dan Praktik Latihan Asertif
4. Teori Konseling Kognitif Behavior (Aaron Beck)
5. Teori Konseling REBT
6. Teori Konseling Modifikasi Kognitif Behavior (Reframing)
7. Teori Kognitif Albert Ellis
8. Teori dan Praktik Dispute Irasional Beliefs (DIBS)
9. Teori dan Praktik Self Imagery
10. Teori Kognitif Donald Meichenbaum
11. Teori dan Praktik Systematic Desensitization
12. Teori dan Praktik Stres Inoculation
13. Teori Konseling Realita
14. Teori dan Praktik WDEP
15. Teori dan Praktik Humor
16. Refleksi
CPMK
- Mahasiswa dapat memahami konsep pendekatan kognitif perilaku dalam layanan bimbingan dan konseling.
- Mahasiswa mampu membuat ringkasan pada setiap teknik konseling dengan menggunakan teknik mindmap.
- mahasiswa mampu mempraktikkan konseling dengan menggunakan strategi dalam pendekatan kognitif perilaku