•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Filsafat Pendidikan

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam hakikat filsafat dan filsafat pendidikan dalam konteks pembelajaran anak usia dini. Mahasiswa akan diperkenalkan pada konsep-konsep dasar filsafat seperti ontologi (hakikat keberadaan), epistemologi (hakikat pengetahuan), dan aksiologi (nilai dan etika) serta bagaimana ketiga ranah ini membentuk dasar pemikiran dan praktik dalam pendidikan anak usia dini. Pembahasan dalam mata kuliah ini mencakup analisis terhadap berbagai aliran filsafat dan implikasinya terhadap pendekatan, strategi, dan tujuan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman teoritis dan praktis mengenai peran filsafat dalam merumuskan arah dan kebijakan pendidikan, serta bagaimana pemikiran para filsuf besar, khususnya Ki Hajar Dewantara, dapat diterapkan dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan evaluasi pembelajaran. Melalui pendekatan yang integratif antara teori dan praktik, mata kuliah ini juga memberikan pengalaman belajar yang holistik, mencakup pengembangan kognitif (pemahaman konsep), afektif (penghayatan nilai), dan psikomotor (keterampilan praktis) dalam mengimplementasikan nilai-nilai filsafat dalam pembelajaran anak usia dini. Mahasiswa diharapkan mampu merancang, mengaplikasikan, memodifikasi, dan mengevaluasi strategi pembelajaran berdasarkan pemikiran filosofis yang relevan. Di akhir perkuliahan, mahasiswa dibekali kemampuan untuk mengambil keputusan yang reflektif dan bijaksana dalam menghadapi permasalahan pembelajaran anak usia dini, serta mampu menemukan alternatif solusi berdasarkan pemikiran tokoh pendidikan, terutama dari perspektif nilai-nilai luhur yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara.

CPMK

  • Menjelaskan hakekat filsafat pendidikan, perkembangan filsafat pendidikan dan hubungan manusia, filsafat dan pendidikan
  • Mengklasifikasi sistem filsafat, filsafat pendidikan dan jenis-jenis aliran filsafat
  • Menganalisis kasus-kasus Paud, serta inovasi Paud berdasar filsafat pendidikan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Anak Usia Dini dan kontrak perkuliahan
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Hakikat Filsafat Memahami ruang lingkup Filsafat Pendidikan
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Hakikat filsafat pendidikan Mendiskripsikan tiga landasan utama filsafat pendidikan
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Implikasi aliran filsafat idealisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Membagankan konsep eksistensialisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Konsep pertemuan 1-7
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran perenialisme Membuat analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar aliran esensialisme
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran realisme Membuat analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran pragmatisme Membuat analisis implikasi aliran pragmatisme pada pendidikan anak usia dini
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Kompetensi 1-15
    • Date  19 Desember 2024

Dosen

HIRNANDA DIMAS PRADANA
HIRNANDA DIMAS PRADANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ACHMAD SYA'DULLAH
ACHMAD SYA'DULLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10