Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam hakikat filsafat dan filsafat pendidikan dalam konteks pembelajaran anak usia dini. Mahasiswa akan diperkenalkan pada konsep-konsep dasar filsafat seperti ontologi (hakikat keberadaan), epistemologi (hakikat pengetahuan), dan aksiologi (nilai dan etika) serta bagaimana ketiga ranah ini membentuk dasar pemikiran dan praktik dalam pendidikan anak usia dini. Pembahasan dalam mata kuliah ini mencakup analisis terhadap berbagai aliran filsafat dan implikasinya terhadap pendekatan, strategi, dan tujuan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman teoritis dan praktis mengenai peran filsafat dalam merumuskan arah dan kebijakan pendidikan, serta bagaimana pemikiran para filsuf besar, khususnya Ki Hajar Dewantara, dapat diterapkan dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan evaluasi pembelajaran. Melalui pendekatan yang integratif antara teori dan praktik, mata kuliah ini juga memberikan pengalaman belajar yang holistik, mencakup pengembangan kognitif (pemahaman konsep), afektif (penghayatan nilai), dan psikomotor (keterampilan praktis) dalam mengimplementasikan nilai-nilai filsafat dalam pembelajaran anak usia dini. Mahasiswa diharapkan mampu merancang, mengaplikasikan, memodifikasi, dan mengevaluasi strategi pembelajaran berdasarkan pemikiran filosofis yang relevan. Di akhir perkuliahan, mahasiswa dibekali kemampuan untuk mengambil keputusan yang reflektif dan bijaksana dalam menghadapi permasalahan pembelajaran anak usia dini, serta mampu menemukan alternatif solusi berdasarkan pemikiran tokoh pendidikan, terutama dari perspektif nilai-nilai luhur yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara.
CPMK
- Menjelaskan hakekat filsafat pendidikan, perkembangan filsafat pendidikan dan hubungan manusia, filsafat dan pendidikan
- Mengklasifikasi sistem filsafat, filsafat pendidikan dan jenis-jenis aliran filsafat
- Menganalisis kasus-kasus Paud, serta inovasi Paud berdasar filsafat pendidikan