•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep, teknik, dan metode dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar dan sumber daya bagi individu, lembaga, dan komunitas, serta pemanfaatannya dalam merencanakan program pendidikan non-formal di komunitas. Kuliah disampaikan melalui penjelasan, diskusi, tugas, dan praktik lapangan. Indikator keberhasilan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan belajar komunitas sesuai dengan potensi komunitas, kemudian mahasiswa mampu mengembangkan program pendidikan non-formal yang sesuai. Identifikasi kebutuhan belajar komunitas adalah proses untuk mengungkap dan memahami apa yang dibutuhkan oleh komunitas dalam hal pengetahuan, keterampilan, atau informasi agar mereka dapat berkembang dan beradaptasi dalam lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya mereka. Langkah-langkah dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar komunitas meliputi Pengamatan Langsung, Survei dan Wawancara, Diskusi Kelompok Terfokus, Analisis Data Sosial dan Ekonomi, Melibatkan Pemangku Kepentingan Lokal, Analisis Kesenjangan Keterampilan, Partisipasi Komunitas, dan Identifikasi Akses dan Hambatan. Mahasiswa dilatih untuk melaksanakan tahap-tahap ini agar lebih mudah bagi mereka untuk mengembangkan program komunitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Metode penilaian pembelajaran dilakukan secara partisipatif serta melalui ujian.

CPMK

  • Menguasai teori dan konsep mengenai identifikasi Kebutuhan Belajar dan Sumber Daya dalam program Pendidikan Non-formal secara menyeluruh dan kontekstual sebagai implementasi prinsip-prinsip pembelajaran seumur hidup yang inovatif, kreatif, dan berkualitas
  • Analisis teori dan kembangkan pengetahuan tentang Pendidikan Non-formal berdasarkan hasil analisis informasi dan data (C4).
  • Evaluasi pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan non-formal yang kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, melek teknologi informasi (TI), serta memiliki integritas dan karakter (C5).
  • Mampu mengelola program Pendidikan Nonformal yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kewirausahaan sosial.a

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Dapat memahami beberapa pandangan teoretis tentang kebutuhan belajar
    • Date  29 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Konsep keinginan dan konsep kebutuhan.
    • Date  5 September 2023

  • Pertemuan 3
    Beberapa pandangan dan aspek dasar identifikasi kebutuhan pembelajaran PNF.
    • Date  12 September 2023

  • Pertemuan 4
    Kebutuhan, prioritas, dan tujuan belajar, menjelaskan makna analisis kebutuhan belajar, serta menjelaskan pentingnya menganalisis kebutuhan dan sumber daya belajar PNF.
    • Date  19 September 2023

  • Pertemuan 5
    Sumber daya belajar dan sasaran program belajar di masyarakat.
    • Date  26 September 2023

  • Pertemuan 6
    Kebutuhan, prioritas, dan tujuan belajar, menjelaskan makna analisis kebutuhan belajar, serta menjelaskan pentingnya menganalisis kebutuhan dan sumber daya belajar PNF.
    • Date  3 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Sumber daya pembelajaran dan sasaran program pembelajaran di masyarakat
    • Date  10 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    Ujian tengah semester
    • Date  17 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Melaksanakan langkah-langkah mengidentifikasi dan menyiapkan instrumen dasar
    • Date  24 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Teknik pengukuran kebutuhan belajar PNF dengan pendekatan PRA/ZOOP
    • Date  31 Oktober 2023

  • Pertemuan 11
    Apply PNF learning needs measurement method with FGD approach
    • Date  7 November 2023

  • Pertemuan 12
    Instrumen identifikasi kebutuhan
    • Date  14 November 2023

  • Pertemuan 13
    Prosedur dasar untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran di masyarakat
    • Date  21 November 2023

  • Pertemuan 14
    Alat identifikasi pada target program pembelajaran potensial.
    • Date  28 November 2023

  • Pertemuan 15
    Menyusun laporan tentang hasil identifikasi kebutuhan pembelajaran secara sistematis dan sesuai dengan data dan fakta di lapangan
    • Date  5 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    Final exams
    • Date  19 Desember 2023

Pustaka

Dosen

I KETUT ATMAJA JOHNY ARTHA
I KETUT ATMAJA JOHNY ARTHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WIDYA NUSANTARA
WIDYA NUSANTARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10