•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Skripsi

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Skripsi merupakan mata kuliah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sistematis melalui kegiatan penelitian independen. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dituntut untuk mengidentifikasi permasalahan yang relevan dalam bidang ilmunya, merancang metodologi penelitian yang tepat, mengumpulkan dan menganalisis data secara ilmiah, serta menyusun laporan penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah. Proses ini tidak hanya melatih kemandirian akademik, tetapi juga membekali mahasiswa dengan keterampilan riset yang esensial dalam dunia profesional dan akademis. Hasil dari skripsi diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, baik secara teoritis maupun praktis, serta menjadi refleksi dari pemahaman dan penguasaan mahasiswa terhadap bidang studinya.

CPMK

  • Mahasiswa mampu memahami metode penelitian kuantittif, kualitatif, PTK dan R&D
  • Mahasiswa mampu memahami struktur proposal penelitian dan skripsi
  • Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar penelitian ilmiah dalam konteks bidang ilmu yang dipelajari.
  • Mahasiswa memahami prinsip dasar penelitian ilmiah dan dapat mengaplikasikan metode penelitian yang sesuai dengan topik yang diteliti, serta mengevaluasi kelebihan dan kelemahan setiap metode.
  • Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan penelitian ilmiah secara mandiri, menggunakan perangkat penelitian yang relevan, dan sesuai dengan standar akademik yang berlaku.
  • Mahasiswa menunjukkan sikap kritis, reflektif, dan bertanggung jawab dalam menjalankan penelitian, serta mampu berkomunikasi secara efektif dalam menyampaikan hasil penelitian.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pemahaman konsep dasar dan jenis penelitian.
  • Pertemuan 2
    Merumuskan masalah penelitian
  • Pertemuan 3
    Masalah dan variabel penelitian
  • Pertemuan 4
    Merumuskan tujuan dan manfaat penelitian
  • Pertemuan 5
    Materi mengenai kajian pustaka
  • Pertemuan 6
    Menyusun hipotesis
  • Pertemuan 7
    Berbagai jenis penelitian
  • Pertemuan 8
    Materi perkuliahan pertemuan 1 - 7
  • Pertemuan 9
    Populasi dan sampel penelitian
  • Pertemuan 10
    Berbagai data penelitian
  • Pertemuan 11
    Merancang penelitian dalam bentuk proposal penelitian TA dan mempresentasikannya dg kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  • Pertemuan 12
    Instrumen penelitian
  • Pertemuan 13
    Menganalisis data dengan tepat
  • Pertemuan 14
    Menyusun proposal penelitian
  • Pertemuan 15
    Menyusun proposal penelitian
  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester dengan baik

Dosen

RUQOYYAH FITRI
RUQOYYAH FITRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MELIA DWI WIDAYANTI
MELIA DWI WIDAYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RACHMA HASIBUAN
RACHMA HASIBUAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KARTIKA RINAKIT ADHE
KARTIKA RINAKIT ADHE
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NURHENTI DORLINA SIMATUPANG
NURHENTI DORLINA SIMATUPANG
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SRI SETYOWATI
SRI SETYOWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SRI WIDAYATI
SRI WIDAYATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NURUL KHOTIMAH
NURUL KHOTIMAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

YES MATHEOS LASARUS MALAIKOSA
YES MATHEOS LASARUS MALAIKOSA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DEWI KOMALASARI
DEWI KOMALASARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

EKA CAHYA MAULIDIYAH
EKA CAHYA MAULIDIYAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MALLEVI AGUSTIN NINGRUM
MALLEVI AGUSTIN NINGRUM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester4
  • Lectures12
Difficult Things About Education.
$75$10