•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Psikologi Motivasi dan Pembelajaran

Program Studi S2 Psikologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Psikologi Motivasi dan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib pada jenjang Magister Psikologi (3 SKS) yang membahas konsep, teori, serta penerapan motivasi dalam konteks pembelajaran. Mata kuliah ini dirancang untuk mengintegrasikan pemahaman teoretis dan aplikasi praktis melalui metode case method, sehingga mahasiswa tidak hanya menguasai landasan konseptual tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam situasi nyata di lingkungan pendidikan, baik formal maupun non-formal. Secara khusus, mata kuliah ini mengeksplorasi konsep dasar motivasi dan pembelajaran, teori motivasi klasik (Drive Theory, Maslow, McClelland) dan teori kontemporer (Self-Determination Theory, Expectancy-Value, Goal Orientation), serta keterkaitan motivasi dengan aspek kognisi, afeksi, dan sosial. Mahasiswa juga akan mendalami faktor internal (self-efficacy, minat, nilai personal) dan faktor eksternal (guru, orang tua, iklim sekolah) yang memengaruhi motivasi belajar. Selain itu, mahasiswa akan menganalisis strategi intervensi motivasi dalam pembelajaran, baik pada konteks pendidikan inklusif maupun pembelajaran digital, serta mengenal instrumen pengukuran motivasi dan tren penelitian motivasi belajar terkini (2020–2025). Dengan menggunakan case method, mahasiswa akan dihadapkan pada studi kasus nyata yang mendorong kemampuan analitis, berpikir kritis, penguasaan literasi data, serta keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam memecahkan permasalahan motivasi belajar.

CPMK

  • 1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar motivasi dan pembelajaran secara komprehensif.
  • 2. Mahasiswa mampu membandingkan teori motivasi klasik (Drive, Maslow, McClelland) dan teori kontemporer (Self-Determination Theory, Expectancy-Value, Goal Orientation).
  • 3. Mahasiswa mampu menganalisis hubungan motivasi dengan aspek kognitif, afektif, dan sosial dalam konteks pembelajaran.
  • 4. Mahasiswa mampu mengevaluasi faktor internal (self-efficacy, minat, nilai personal) dan faktor eksternal (guru, orang tua, iklim sekolah) yang memengaruhi motivasi belajar
  • 5. Mahasiswa mampu merancang intervensi motivasi dalam pembelajaran berbasis studi kasus
  • 6. Mahasiswa mampu mengkritisi peran motivasi dalam pendidikan inklusif dan pembelajaran digital.
  • 7. Mahasiswa mampu menggunakan instrumen pengukuran motivasi secara tepat dan etis.
  • 8. Mahasiswa mampu mengidentifikasi tren penelitian motivasi belajar terkini (2020–2025) untuk mengembangkan kajian dan praktik di bidang psikologi pendidikan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Definisi, ruang lingkup, dan prinsip dasar motivasi & pembelajaran secara komprehensif (glosarium konsep + contoh singkat).
    • Date  29 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis penerapan Teori Drive dan menguraikan hierarki kebutuhan Maslow untuk menafsirkan perilaku belajar pada kasus sederhana.
    • Date  5 September 2025

  • Pertemuan 3
    Motif nAch, nAff, nPow dan menilai dampaknya pada tujuan belajar serta strategi penguatan motivasi berprestasi siswa.
    • Date  19 September 2025

  • Pertemuan 4
    • Date  26 September 2025

  • Pertemuan 5
    Keterkaitan motivasi dengan strategi kognitif (goal setting, self-regulation, metacognition) dan merancang contoh aktivitas kelas pendukungnya.
    • Date  3 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis peran emosi (kecemasan, minat, enjoyment) terhadap persistensi belajar dan mengusulkan cara mengelola afek dalam pembelajaran.
    • Date  10 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Pengaruh dukungan teman sebaya, norma kelas, dan budaya sekolah pada orientasi tujuan belajar serta menyusun rekomendasi praktik sosial-emosional.
    • Date  17 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Profil self-efficacy/minat/nilai siswa dari kasus dan merancang strategi peningkatan yang selaras dengan tujuan pembelajaran.
    • Date  24 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis kontribusi praktik pengajaran, keterlibatan orang tua, dan iklim sekolah pada motivasi serta merumuskan intervensi kolaboratif.
    • Date  31 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menyusun desain awal intervensi motivasi (tujuan, strategi, media, indikator proses–hasil) berbasis kasus dan evidence.
    • Date  7 November 2025

  • Pertemuan 11
    Memvalidasi rancangan intervensi melalui simulasi/presentasi dan merevisi komponen kunci (akses, keberterimaan, risiko, monitoring).
    • Date  14 November 2025

  • Pertemuan 12
    Strategi motivasional untuk kebutuhan beragam (ABK/NEEDS) dan menyusun akomodasi tugas/umpan balik yang berkeadilan.
    • Date  21 November 2025

  • Pertemuan 13
    Fitur digital (gamifikasi, feedback adaptif, learning analytics) untuk meningkatkan keterlibatan & persistensi belajar.
    • Date  28 November 2025

  • Pertemuan 14
    Memilih instrumen motivasi yang relevan & etis, menilai reliabilitas/kesesuaian konteks, serta menyusun rencana administrasi & interpretasi dasar.
    • Date  5 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Merangkum secara kritis temuan riset mutakhir dan menarik implikasi untuk praktik intervensi & pengembangan kebijakan kelas/sekolah.
    • Date  12 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Mensintesis teori–faktor–intervensi–ukur–tren ke dalam solusi kasus terpadu, mengkomunikasikan secara profesional, dan berkolaborasi efektif.
    • Date  19 Desember 2025

Pustaka

Dosen

MOCHAMAD NURSALIM
MOCHAMAD NURSALIM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DAMAJANTI KUSUMA DEWI
DAMAJANTI KUSUMA DEWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Psikologi
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10