•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Analisis data dan pengembangan instrumen

Program Studi S3 Pendidikan Seni UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa S3 Pendidikan Seni dengan kemampuan analitis dan keterampilan praktis dalam mengembangkan serta mengaplikasikan instrumen penelitian yang relevan dalam kajian pendidikan seni. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar dan lanjutan dalam merancang, menguji validitas dan reliabilitas, serta menganalisis data kuantitatif maupun kualitatif menggunakan berbagai pendekatan statistik dan non-statistik yang sesuai untuk konteks seni. Melalui pendekatan Project-Based Learning (PJBL), mahasiswa secara aktif terlibat dalam proyek penelitian yang mengintegrasikan proses pengembangan instrumen dan analisis data secara menyeluruh. Proyek tersebut mencakup identifikasi permasalahan dalam pendidikan seni, penyusunan desain instrumen, pengumpulan data lapangan, hingga proses analisis data dan penyusunan laporan hasil penelitian yang siap untuk dipublikasikan di jurnal bereputasi.Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa doktoral untuk menganalisis data secara inovatif dan adaptif serta mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Fokus utamanya adalah penerapan metode analisis data canggih dan desain instrumen yang sesuai dengan perkembangan terbaru dalam penelitian. Selain itu, mahasiswa juga akan melakukan pemetaan data dan pengembangan instrumen penelitian yang relevan untuk disertasi mereka. Mata kuliah ini menekankan pada solusi berbasis data yang mendukung kewirausahaan dan pengambilan keputusan strategis, dengan tujuan menghasilkan penelitian yang berdampak dan aplikatif.

CPMK

  • Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pengukuran, evaluasi, validitas, dan reliabilitas dalam konteks penelitian dan pengembangan instrumen Menjelaskan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian Menguraikan jenis-jenis validitas (konten, konstruk, kriteria) dan reliabilitas (internal, eksternal)
  • Mahasiswa mampu merancang instrumen penelitian yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik variabel yang diteliti Menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan indikator Menentukan bentuk item (tes/non-tes) yang sesuai dengan karakteristik variabel
  • Mahasiswa mampu melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan teknik statistik dasar dan perangkat lunak analisis data Menggunakan uji validitas isi dan validitas empiris (korelasi item-total, CFA) Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha atau metode lain yang relevan
  • Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai Menginput data menggunakan perangkat lunak (SPSS, Excel, NVivo, dll.) Melakukan analisis deskriptif dan inferensial sesuai dengan desain penelitian
  • Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data serta menyusun laporan hasil pengembangan instrumen secara sistematis dan ilmiah Menyajikan hasil dalam bentuk grafik/tabel Menyusun simpulan dan saran berbasis data yang telah dianalisis
  • Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, kritis, teliti, dan etis dalam proses analisis data dan pengembangan instrumen penelitian Menerapkan prinsip kejujuran akademik dan objektivitas Menunjukkan tanggung jawab terhadap kualitas dan keakuratan instrumen

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian dan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian.
    • Date  3 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Jenis-jenis validitas dan reliabilitas instrumen.
    • Date  10 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Pentingnya validitas dan reliabilitas dalam pengembangan instrumen.
    • Date  17 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan variabel penelitian.
    • Date  24 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Bentuk item (tes dan non-tes) yang relevan.
    • Date  3 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Bahasa instrumen dengan subjek penelitian.
    • Date  10 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Bahasa instrumen dengan subjek penelitian.
    • Date  17 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Melakukan uji validitas empiris (misalnya korelasi item-total).
    • Date  24 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha.
    • Date  31 Maret 2025

  • Pertemuan 10
    Melakukan input data kuantitatif dan kualitatif dengan benar.
    • Date  7 April 2025

  • Pertemuan 11
    Melakukan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
    • Date  14 April 2025

  • Pertemuan 12
    Data dalam bentuk visual (tabel, grafik, diagram).
    • Date  21 April 2025

  • Pertemuan 13
    Hasil analisis statistik secara tepat.
    • Date  28 April 2025

  • Pertemuan 14
    Menyusun laporan hasil analisis dengan format ilmiah.
    • Date  5 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Prinsip kejujuran akademik dalam setiap proses kerja.
    • Date  12 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Sikap teliti dan bertanggung jawab dalam menganalisis data.
    • Date  19 Mei 2025

Pustaka

Dosen

DJULI DJATIPRAMBUDI
DJULI DJATIPRAMBUDI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SETYO YANUARTUTI
SETYO YANUARTUTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Seni
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10