Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa S3 Pendidikan Seni dengan kemampuan analitis dan keterampilan praktis dalam mengembangkan serta mengaplikasikan instrumen penelitian yang relevan dalam kajian pendidikan seni. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar dan lanjutan dalam merancang, menguji validitas dan reliabilitas, serta menganalisis data kuantitatif maupun kualitatif menggunakan berbagai pendekatan statistik dan non-statistik yang sesuai untuk konteks seni.
Melalui pendekatan Project-Based Learning (PJBL), mahasiswa secara aktif terlibat dalam proyek penelitian yang mengintegrasikan proses pengembangan instrumen dan analisis data secara menyeluruh. Proyek tersebut mencakup identifikasi permasalahan dalam pendidikan seni, penyusunan desain instrumen, pengumpulan data lapangan, hingga proses analisis data dan penyusunan laporan hasil penelitian yang siap untuk dipublikasikan di jurnal bereputasi.Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa doktoral untuk menganalisis data secara inovatif dan adaptif serta mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Fokus utamanya adalah penerapan metode analisis data canggih dan desain instrumen yang sesuai dengan perkembangan terbaru dalam penelitian. Selain itu, mahasiswa juga akan melakukan pemetaan data dan pengembangan instrumen penelitian yang relevan untuk disertasi mereka. Mata kuliah ini menekankan pada solusi berbasis data yang mendukung kewirausahaan dan pengambilan keputusan strategis, dengan tujuan menghasilkan penelitian yang berdampak dan aplikatif.
CPMK
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pengukuran, evaluasi, validitas, dan reliabilitas dalam konteks penelitian dan pengembangan instrumen Menjelaskan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian Menguraikan jenis-jenis validitas (konten, konstruk, kriteria) dan reliabilitas (internal, eksternal)
- Mahasiswa mampu merancang instrumen penelitian yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik variabel yang diteliti Menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan indikator Menentukan bentuk item (tes/non-tes) yang sesuai dengan karakteristik variabel
- Mahasiswa mampu melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan teknik statistik dasar dan perangkat lunak analisis data Menggunakan uji validitas isi dan validitas empiris (korelasi item-total, CFA) Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha atau metode lain yang relevan
- Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai Menginput data menggunakan perangkat lunak (SPSS, Excel, NVivo, dll.) Melakukan analisis deskriptif dan inferensial sesuai dengan desain penelitian
- Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data serta menyusun laporan hasil pengembangan instrumen secara sistematis dan ilmiah Menyajikan hasil dalam bentuk grafik/tabel Menyusun simpulan dan saran berbasis data yang telah dianalisis
- Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, kritis, teliti, dan etis dalam proses analisis data dan pengembangan instrumen penelitian Menerapkan prinsip kejujuran akademik dan objektivitas Menunjukkan tanggung jawab terhadap kualitas dan keakuratan instrumen