•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Chujokyu Nihongo

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa kemampuan berbahasa Jepang tingkat menengah–lanjutan secara reseptif dan produktif melalui integrasi keterampilan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Materi mencakup kosakata, idiom, dan pola kalimat Bab 13–18 Minna no Nihongo Chūkyū II, yang diterapkan dalam studi kasus komunikasi nyata dengan mempertimbangkan konteks sosial-budaya Jepang. Pembelajaran dilakukan melalui case study, diskusi, simulasi, dan role-play untuk menghasilkan komunikasi lisan maupun tulis yang tepat secara gramatikal dan kontekstual.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Jepang secara reseptif (membaca, mendengarkan) dan produktif (menulis, berbicara) dalam konteks keseharian, akademis, dan pekerjaan, dengan penerapan kosakata, tata bahasa, dan ungkapan yang tepat pada studi kasus komunikasi nyata.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi, memahami, dan menjelaskan konsep dasar kebahasaan (pola kalimat, kosakata, idiom, dan struktur gramatikal) yang terdapat dalam Bab 13–18 Minna no Nihongo Chūkyū II, serta menerapkannya secara tepat pada analisis studi kasus teks.
  • Mahasiswa mampu menganalisis dan mengintegrasikan keterampilan berbahasa Jepang (membaca, menulis, menyimak, berbicara) dengan memanfaatkan konsep dasar kebahasaan untuk menyelesaikan studi kasus yang mencerminkan situasi komunikasi dalam konteks sosial-budaya Jepang.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Dan menjelaskan pola 〜んだって, 〜たとえ〜ても, 〜たりしない, 〜ながら, 〜ほど
    • Date  29 Agustus 2023

    第1課
  • Pertemuan 2
    Pola (〜って)いうことは, 〜とつまり, 〜よね dalam konteks komunikasi sehari-hari
    • Date  5 September 2023

    PPT Bab 27
  • Pertemuan 3
    Pola 〜っけ, 〜といった, 〜に(も)わたって, 〜うちに
    • Date  12 September 2023

  • Pertemuan 4
    Pola 〜にとって, 〜とは, 〜において, 〜わけだ, 〜のではないだろうか untuk analisis teks
    • Date  19 September 2023

  • Pertemuan 5
    Pola 〜たとたん, 〜からといって, 〜くらい, 〜といえども, よほど〜でも
    • Date  26 September 2023

  • Pertemuan 6
    Pola いかに〜か, 〜とか, 〜に言わせれば, 〜に基づいて, 〜と言える, 一方(で), 〜に限らず
    • Date  3 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Pola 〜さえ〜ば, 〜として〜ない, 〜以上(は)
    • Date  10 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    Pola 〜ないかぎり, 〜わけにはいかない/ゆかない, 〜あまり(に)
    • Date  17 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Pola 〜にすぎない, 〜からなる, 〜を問わず, 〜に沿って, 〜かねない
    • Date  24 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Pola 〜にもかかわらず, 〜をめぐって, 〜に応じて, 〜を通じて/〜を通して
    • Date  31 Oktober 2023

  • Pertemuan 11
    Pola 〜ないことには, 〜にしたがって/〜に従って, 〜に伴って/〜とともに, 〜次第だ, 〜あげく
    • Date  7 November 2023

  • Pertemuan 12
    Pola 〜末(に), 〜というものだ, 〜まい, 〜にほかならない, 〜に違いない
    • Date  14 November 2023

  • Pertemuan 13
    Integrasi pola Bab 13–14 dalam teks naratif & berita
    • Date  21 November 2023

  • Pertemuan 14
    Integrasi pola Bab 15-16 dalam teks formal & argumentatif
    • Date  28 November 2023

  • Pertemuan 15
    Review seluruh pola Bab 17-18 melalui simulasi kasus
    • Date  5 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    Ujian akhir berbasis case study
    • Date  12 Desember 2023

Dosen

URIP ZAENAL FANANI
URIP ZAENAL FANANI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Jepang
  • Semester5
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10