Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa kemampuan berbahasa Jepang tingkat menengah–lanjutan secara reseptif dan produktif melalui integrasi keterampilan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Materi mencakup kosakata, idiom, dan pola kalimat Bab 13–18 Minna no Nihongo Chūkyū II, yang diterapkan dalam studi kasus komunikasi nyata dengan mempertimbangkan konteks sosial-budaya Jepang. Pembelajaran dilakukan melalui case study, diskusi, simulasi, dan role-play untuk menghasilkan komunikasi lisan maupun tulis yang tepat secara gramatikal dan kontekstual.
CPMK
- Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Jepang secara reseptif (membaca, mendengarkan) dan produktif (menulis, berbicara) dalam konteks keseharian, akademis, dan pekerjaan, dengan penerapan kosakata, tata bahasa, dan ungkapan yang tepat pada studi kasus komunikasi nyata.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi, memahami, dan menjelaskan konsep dasar kebahasaan (pola kalimat, kosakata, idiom, dan struktur gramatikal) yang terdapat dalam Bab 13–18 Minna no Nihongo Chūkyū II, serta menerapkannya secara tepat pada analisis studi kasus teks.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan mengintegrasikan keterampilan berbahasa Jepang (membaca, menulis, menyimak, berbicara) dengan memanfaatkan konsep dasar kebahasaan untuk menyelesaikan studi kasus yang mencerminkan situasi komunikasi dalam konteks sosial-budaya Jepang.