Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini mengaji tentang (a) konsep , prinsip, peran, fungsi, dan tujuan asesmen, strategi asesmen hasil belajar, serta kebijakan pemerintah dalam bidang pemerintah; (b) assessment as learning, assessment for learning, assessment for learning; (c) Hasil belajar kognitif, proses, psikomotorik, dan sikap; (d) Instrumen untuk mengukur hasil belajar (tes dan nontes)dan karakteristiknya; (e) asesmen alternatif dan asesmen autentik; (f) Pengembangan butir-butir asesmen untuk mengukur proses dan hasil belajar; (g) interpretasi hasil asemen hasil belajar; (h) Konsep high order thinking skills (HOTS), jenis-jenis HOTS, (i) Konsep keterampilan berpikir kritis dan cara mengasesnya, (j) konsep berpikir kreatif dan cara mengasesnya, (k) konsep pemecahan masalah dan cara mengukurnya, (l) konsep keterampilan pengambilan keputusan dan cara mengasesnya, (m) konsep keterampilan berpikir menurut taksonomi solo dan cara mengukurnya. Perkuliahan disajikan secara teori, penugasan, dan workshop.
CPMK
- Mampu mengembangkan pengetahuan dan tehnologi di bidang Statistika Terapan berbasis kearifan lokal melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
- Mampu mengembangkan pengetahuan dan tehnologi di bidang Statistika Terapan berbasis kearifan lokal melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis dan sistematis serta mampu mengaplikasikannya Statistika dalam membuat rekomendasi rancangan suatu penelitian disesuaikan dengan topik penelitian untuk menghasilkan analisis data yang tepat berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah
- Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas statistika Terapan dan menerapkan proses pengambilan data dan analisis data agar didapatkan kesimpulan yang tepat dengan memperhatikan etika akademik