Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas secara mendalam tentang studi kearifan lokal, pendidikan multikultural, dan integrasi nasional dalam konteks pendidikan IPS tingkat doktoral. Isi perkuliahan mencakup eksplorasi filosofis dan praktis kearifan lokal sebagai basis pengetahuan indigenous, analisis kritis terhadap teori dan praktik pendidikan multikultural, serta kajian tentang dinamika integrasi nasional dalam masyarakat majemuk. Tujuan mata kuliah adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian orisinal yang berkontribusi pada pengembangan teori dan praktik pendidikan berbasis kearifan lokal, memperkuat perspektif multikultural, dan memperkokoh integrasi nasional. Ruang lingkup meliputi studi komparatif kearifan lokal nusantara, analisis kebijakan pendidikan multikultural, penelitian integrasi sosio-kultural, serta pengembangan model pendidikan IPS transformatif yang responsif terhadap keragaman budaya dan tantangan kebangsaan kontemporer.
CPMK
- Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis kearifan lokal sebagai basis pengetahuan indigenous dalam perspektif filsafat pendidikan IPS untuk menemukan relevansi epistemologis, ontologis, dan aksiologisnya terhadap pengembangan teori pendidikan.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi teori dan praktik pendidikan multikultural dengan menggunakan pendekatan inter, multi, dan transdisipliner guna merumuskan model konseptual yang adaptif terhadap keragaman sosial budaya.
- Mahasiswa mampu meneliti dinamika integrasi nasional dalam masyarakat majemuk melalui kajian sosio-kultural, kebijakan pendidikan, dan praktik kewarganegaraan kritis sebagai dasar penguatan kohesi sosial.
- Mahasiswa mampu mengembangkan model pendidikan IPS transformatif berbasis kearifan lokal dan berperspektif multikultural yang berkontribusi pada penguatan integrasi nasional dan inovasi akademik di tingkat teoritis maupun praktis.