•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course STUDI KEARIFAN LOKAL, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN INTEGRASI NASIONAL

Program Studi S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas secara mendalam tentang studi kearifan lokal, pendidikan multikultural, dan integrasi nasional dalam konteks pendidikan IPS tingkat doktoral. Isi perkuliahan mencakup eksplorasi filosofis dan praktis kearifan lokal sebagai basis pengetahuan indigenous, analisis kritis terhadap teori dan praktik pendidikan multikultural, serta kajian tentang dinamika integrasi nasional dalam masyarakat majemuk. Tujuan mata kuliah adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian orisinal yang berkontribusi pada pengembangan teori dan praktik pendidikan berbasis kearifan lokal, memperkuat perspektif multikultural, dan memperkokoh integrasi nasional. Ruang lingkup meliputi studi komparatif kearifan lokal nusantara, analisis kebijakan pendidikan multikultural, penelitian integrasi sosio-kultural, serta pengembangan model pendidikan IPS transformatif yang responsif terhadap keragaman budaya dan tantangan kebangsaan kontemporer.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis kearifan lokal sebagai basis pengetahuan indigenous dalam perspektif filsafat pendidikan IPS untuk menemukan relevansi epistemologis, ontologis, dan aksiologisnya terhadap pengembangan teori pendidikan.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi teori dan praktik pendidikan multikultural dengan menggunakan pendekatan inter, multi, dan transdisipliner guna merumuskan model konseptual yang adaptif terhadap keragaman sosial budaya.
  • Mahasiswa mampu meneliti dinamika integrasi nasional dalam masyarakat majemuk melalui kajian sosio-kultural, kebijakan pendidikan, dan praktik kewarganegaraan kritis sebagai dasar penguatan kohesi sosial.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan model pendidikan IPS transformatif berbasis kearifan lokal dan berperspektif multikultural yang berkontribusi pada penguatan integrasi nasional dan inovasi akademik di tingkat teoritis maupun praktis.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Merumuskan sintesis konseptual tentang posisi kearifan lokal sebagai pengetahuan indigenous dalam perspektif filsafat pendidikan IPS, dengan menunjukkan relevansi epistemologis, ontologis, dan aksiologisnya bagi pengembangan teori pendidikan yang adaptif terhadap konteks sosial budaya.”
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Merumuskan sintesis konseptual tentang posisi kearifan lokal sebagai pengetahuan indigenous dalam perspektif filsafat pendidikan IPS, dengan menunjukkan relevansi epistemologis, ontologis, dan aksiologisnya bagi pengembangan teori pendidikan yang adaptif terhadap konteks sosial budaya.”
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Merumuskan sintesis konseptual tentang posisi kearifan lokal sebagai pengetahuan indigenous dalam perspektif filsafat pendidikan IPS, dengan menunjukkan relevansi epistemologis, ontologis, dan aksiologisnya bagi pengembangan teori pendidikan yang adaptif terhadap konteks sosial budaya.”
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Merumuskan sintesis konseptual tentang posisi kearifan lokal sebagai pengetahuan indigenous dalam perspektif filsafat pendidikan IPS, dengan menunjukkan relevansi epistemologis, ontologis, dan aksiologisnya bagi pengembangan teori pendidikan yang adaptif terhadap konteks sosial budaya.”
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 5
    Merumuskan model konseptual pendidikan multikultural yang kritis dan adaptif dengan melakukan evaluasi teori dan praktik melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner dalam menghadapi keragaman sosial budaya
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 6
    Merumuskan model konseptual pendidikan multikultural yang kritis dan adaptif dengan melakukan evaluasi teori dan praktik melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner dalam menghadapi keragaman sosial budaya
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Merumuskan model konseptual pendidikan multikultural yang kritis dan adaptif dengan melakukan evaluasi teori dan praktik melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner dalam menghadapi keragaman sosial budaya
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Merumuskan model konseptual pendidikan multikultural yang kritis dan adaptif dengan melakukan evaluasi teori dan praktik melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner dalam menghadapi keragaman sosial budaya
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    “ merumuskan analisis kritis tentang dinamika integrasi nasional dalam masyarakat majemuk melalui kajian sosio-kultural, kebijakan pendidikan, dan praktik kewarganegaraan kritis sebagai landasan untuk memperkuat kohesi sosial
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    “ merumuskan analisis kritis tentang dinamika integrasi nasional dalam masyarakat majemuk melalui kajian sosio-kultural, kebijakan pendidikan, dan praktik kewarganegaraan kritis sebagai landasan untuk memperkuat kohesi sosial
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    “ merumuskan analisis kritis tentang dinamika integrasi nasional dalam masyarakat majemuk melalui kajian sosio-kultural, kebijakan pendidikan, dan praktik kewarganegaraan kritis sebagai landasan untuk memperkuat kohesi sosial
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    “ merumuskan analisis kritis tentang dinamika integrasi nasional dalam masyarakat majemuk melalui kajian sosio-kultural, kebijakan pendidikan, dan praktik kewarganegaraan kritis sebagai landasan untuk memperkuat kohesi sosial
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    “ merumuskan model pendidikan IPS transformatif yang berbasis kearifan lokal dan berperspektif multikultural, serta mengintegrasikannya secara teoritis dan praktis untuk memperkuat integrasi nasional dan mendorong inovasi akademik.”
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    “ merumuskan model pendidikan IPS transformatif yang berbasis kearifan lokal dan berperspektif multikultural, serta mengintegrasikannya secara teoritis dan praktis untuk memperkuat integrasi nasional dan mendorong inovasi akademik.”
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    “ merumuskan model pendidikan IPS transformatif yang berbasis kearifan lokal dan berperspektif multikultural, serta mengintegrasikannya secara teoritis dan praktis untuk memperkuat integrasi nasional dan mendorong inovasi akademik.”
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    “ merumuskan model pendidikan IPS transformatif yang berbasis kearifan lokal dan berperspektif multikultural, serta mengintegrasikannya secara teoritis dan praktis untuk memperkuat integrasi nasional dan mendorong inovasi akademik.”
    • Date  17 Desember 2025

Dosen

NUANSA BAYU SEGARA
NUANSA BAYU SEGARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AGUS SUPRIJONO
AGUS SUPRIJONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10