•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pembelajaran Mikro

Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalammengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhankhusus. Perangkat tersebut sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah microteaching sesuaidengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku melalui workshop dan diskusi. Mahasiswa dituntut memanfaatkan TIK dan hasil-hasil riset untukmenghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memilikiketerampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching yang kesemuanya dilaksanakan dengan case method atau project base learning.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS), supervisi klinis, microteaching, dan perencanaan pembelajaran secara logis dan sistematis menggunakan referensi ilmiah.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS), supervisi klinis, microteaching, dan perencanaan pembelajaran secara logis dan sistematis menggunakan referensi ilmiah.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik sekolah dan kurikulum yang mendukung penerapan MBS serta membedakan bentuk supervisi pembelajaran yang tepat.
  • Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran (silabus, RPP, bahan ajar) yang adaptif terhadap keragaman peserta didik termasuk ABK, serta berbasis hasil riset mutakhir.
  • Mahasiswa mampu menyusun dan menyajikan perangkat pembelajaran melalui pendekatan problem based learning dan project based learning secara kolaboratif.
  • Mahasiswa mampu melaksanakan praktik microteaching secara bertanggung jawab, menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.
  • Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap proses pembelajaran melalui evaluasi dan revisi perangkat berdasarkan hasil praktik microteaching.
  • Mahasiswa menunjukkan sikap profesional dan etis dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta presentasi hasil pembelajaran mikro.
  • Mahasiswa mampu mengintegrasikan seluruh pemahaman dan keterampilan pembelajaran mikro dalam bentuk unjuk kerja dan produk akhir.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran
    • Date  3 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  10 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  17 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  24 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan pembelajaran
    • Date  3 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  10 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  17 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi
    • Date  24 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    • Date  31 Maret 2025

  • Pertemuan 10
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  7 April 2025

  • Pertemuan 11
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  14 April 2025

  • Pertemuan 12
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  21 April 2025

  • Pertemuan 13
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  28 April 2025

  • Pertemuan 14
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)
    • Date  5 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa
    • Date  12 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi
    • Date  19 Mei 2025

Dosen

SAPTO WIBOWO
SAPTO WIBOWO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
  • Semester4
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10