•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course with Hearing Impairment Early Intervention for Children with Intellectual Impairment

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses material related to the basic science of early intervention for mentally retarded children, principles and theories related to early intervention for mentally retarded children, the nature and characteristics of mentally retarded children, the aims of early intervention for mentally retarded children, the benefits and scope of early intervention for children mentally retarded, strategies; models; methods; techniques (drill, remedial, applied behavior analysis, play, sensory integration, behavior modification, scaffolding, task analysis, modeling, etc.), ; digital and non-digital media in implementing early intervention for mentally retarded children, assessment as a basis for early intervention for mentally retarded children, early intervention programs for mentally retarded children, early intervention related to psychology; behavior; academic ability; difficulty learning; needs of mentally retarded children. Lecture activities are carried out using the project based learning method

Program Objectives (PO)

  • Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak tunagrahita dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan intervensi dini bagi anak tunagrahita sesuai prosedur
  • Mampu merencanakan, melaksanakan intervensi dini untuk menyelesaikan permasalahan anak tunagrahita sekaligus juga mengoptimalkan potensi anak tunagrahita berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam intervensi dini bagi anak tunagrahita
  • Mampu membuat keputusan tentang konsep dan teori dalam ruang lingkup intervensi dini bagi anak tunagrahita yang relevan serta mengaplikasikan intervensi dini bagi anak tunagrahita berdasar analisis informasi, hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan anak tunagrahita dalam bentuk program intervensi dan layanan khusus bagi anak tunagrahita
  • Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran yang berkaitan dengan intervensi dini serta layanan khusus bagi anak tunagrahita.
  • Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait intervensi dini bagi anak tunagrahita dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak tunagrahita.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar intervensi dini anak tunagrahita, prinsip-prinsip dan teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak tunagrahita, hakikat dan karakteristik anak tunagrahita perkembangan kognitif dan hambatan perkembangan kognitif anak tunagrahita, karakteristik;potensi dan permasalahan anak tunagrahita
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep dasar intervensi dini anak tunagrahita, prinsip-prinsip dan teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak tunagrahita, hakikat dan karakteristik anak tunagrahita perkembangan kognitif dan hambatan perkembangan kognitif anak tunagrahita, karakteristik;potensi dan permasalahan anak tunagrahita
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Tujuan intervensi dini anak tunagrahita, manfaat dan ruang lingkup intervensi dini anak tunagrahita
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Tujuan intervensi dini anak tunagrahita, manfaat dan ruang lingkup intervensi dini anak tunagrahita
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Strategi, model, metode, teknik (drill, remedial, applied behavior analysis, bermain, sensori integrasi, modifikasi perilaku, scaffolding, task analysis, modeling, dsb.), media digital dan non digital dalam pelaksanaan intervensi dini anak tunagrahita
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Strategi, model, metode, teknik (drill, remedial, applied behavior analysis, bermain, sensori integrasi, modifikasi perilaku, scaffolding, task analysis, modeling, dsb.), media digital dan non digital dalam pelaksanaan intervensi dini anak tunagrahita
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Asesmen sebagai dasar intervensi dini anak tunagrahita
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Materi yang telah dibahas sebagai bahan USS (berupa tugas)
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Program intervensi dini yang berkaitan dengan psikologis; perilaku; kemampuan akademik; kesulitan belajar; kebutuhan anak tunagrahita.
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Program intervensi dini yang berkaitan dengan psikologis; perilaku; kemampuan akademik; kesulitan belajar; kebutuhan anak tunagrahita.
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Pelaksanaan intervensi dini yang berkaitan dengan psikologis dan perilaku anak tunagrahita
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Pelaksanaan intervensi dini yang berkaitan dengan psikologis dan perilaku anak tunagrahita
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Pelaksanaan intervensi dini yang berkaitan dengan kemampuan akademik dan kesulitan belajar anak tunagrahita
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Pelaksanaan intervensi dini yang berkaitan dengan kemampuan akademik dan kesulitan belajar anak tunagrahita
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Pelaksanaan intervensi dini yang berkaitan dengan kebutuhan anak tunagrahita dan reviu
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

WIWIK WIDAJATI
WIWIK WIDAJATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DEVINA RAHMADIANI KAMARUDDIN NUR
DEVINA RAHMADIANI KAMARUDDIN NUR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10