Course Description
This course discusses material related to the basic science of early intervention for mentally retarded children, principles and theories related to early intervention for mentally retarded children, the nature and characteristics of mentally retarded children, the aims of early intervention for mentally retarded children, the benefits and scope of early intervention for children mentally retarded, strategies; models; methods; techniques (drill, remedial, applied behavior analysis, play, sensory integration, behavior modification, scaffolding, task analysis, modeling, etc.), ; digital and non-digital media in implementing early intervention for mentally retarded children, assessment as a basis for early intervention for mentally retarded children, early intervention programs for mentally retarded children, early intervention related to psychology; behavior; academic ability; difficulty learning; needs of mentally retarded children. Lecture activities are carried out using the project based learning method
Program Objectives (PO)
- Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak tunagrahita dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan intervensi dini bagi anak tunagrahita sesuai prosedur
- Mampu merencanakan, melaksanakan intervensi dini untuk menyelesaikan permasalahan anak tunagrahita sekaligus juga mengoptimalkan potensi anak tunagrahita berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam intervensi dini bagi anak tunagrahita
- Mampu membuat keputusan tentang konsep dan teori dalam ruang lingkup intervensi dini bagi anak tunagrahita yang relevan serta mengaplikasikan intervensi dini bagi anak tunagrahita berdasar analisis informasi, hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan anak tunagrahita dalam bentuk program intervensi dan layanan khusus bagi anak tunagrahita
- Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran yang berkaitan dengan intervensi dini serta layanan khusus bagi anak tunagrahita.
- Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait intervensi dini bagi anak tunagrahita dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak tunagrahita.