Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang materi yang berkaitan dengan keilmuan dasar intervensi dini anak tunagrahita, prinsip-prinsip dan teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak tunagrahita, hakikat dan karakteristik anak tunagrahita, tujuan intervensi dini anak tunagrahita, manfaat dan ruang lingkup intervensi dini anak tunagrahita, strategi;model;metode;teknik (drill, remedial, applied behavior analysis, bermain, sensori integrasi, modifikasi perilaku, scaffolding, task analysis, modeling, dsb.), ;media digital dan non digital dalam pelaksanaan intervensi dini anak tunagrahita, asesmen sebagai dasar intervensi dini anak tunagrahita, program intervensi dini bagi anak tunagrahita, intervensi dini yang berkaitan dengan psikologis; perilaku; kemampuan akademik; kesulitan belajar; kebutuhan anak tunagrahita. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran project based learning
CPMK
- Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak tunagrahita dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan intervensi dini bagi anak tunagrahita sesuai prosedur
- Mampu merencanakan, melaksanakan intervensi dini untuk menyelesaikan permasalahan anak tunagrahita sekaligus juga mengoptimalkan potensi anak tunagrahita berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam intervensi dini bagi anak tunagrahita
- Mampu membuat keputusan tentang konsep dan teori dalam ruang lingkup intervensi dini bagi anak tunagrahita yang relevan serta mengaplikasikan intervensi dini bagi anak tunagrahita berdasar analisis informasi, hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan anak tunagrahita dalam bentuk program intervensi dan layanan khusus bagi anak tunagrahita
- Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran yang berkaitan dengan intervensi dini serta layanan khusus bagi anak tunagrahita.
- Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait intervensi dini bagi anak tunagrahita dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak tunagrahita.