Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa Unesa
Study Program | : | Javanese Language and Literature Education |
Establishment Date | : | 31 Juli 1984 |
Study Program Coordinator | : | Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa menjadi Program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, serta inovatif dalam bidang ilmu bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa secara keilmuan dan praktik pembelajaran yang kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) berdasarkan kearifan lokal dan berwawasan global berbasis kewirausahaan.
- Melaksanakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
- Menyelenggarakan Pengabdian masyarakat dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
- Menyelenggarakan kegiatan tridarma perguruan tinggi melalui sistem multi kampus secara sinergis, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Unesa dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa.
- Menyelenggarakan kerjasama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan dalam ilmu kependidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa yang berkarakter kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) dan berjiwa kewirausahaan;
- Menghasilkan inovasi yang berkualitas dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Menghasilkan karya yang unggul, berkualitas, serta inovatif dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik pemula bahasa Jawa
Pendidik/guru pemula bahasa Jawa jenjang pendidikan dasar dan menengah (SMA/MA/SMK, SMP/MTs, SD/MI) dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
- Asisten peneliti bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa
Asisten peneliti yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa
- Praktisi bidang bahasa, sastra, budaya Jawa
Praktisi bidang bahasa (pewara, penyunting, penyuluh, jurnalis, dll.)
Struktur Kurikulum Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa 2019
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202018
JOURNALISM
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8820202090
INTRODUCTORY LINGUISTICS
2.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
8820202128
HISTORY OF JAVANESE LITERATURE
2.00
8820202132
KARAWITAN ART I
2.00
8820202135
SONG ART I
2.00
8820202185
TEORI BELAJAR
2.00
1000002177
ENGLISH
2.00
8820202050
JAVANESE CULTURE JAVANESE
2.00
8820202069
LISTENING TO JAVANESE
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202021
BASICS OF JAVANESE SPEAKING
2.00
1000003042
DASAR DASAR KEPENDIDIKAN
3.00
8820202025
BASICS OF JAVANESE READING
2.00
8820202026
BASIC BASICS OF JAVANESE WRITING
2.00
8820202083
LANGUAGE MORPHOLOGY I
2.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
8820202133
KARAWITAN ART II
2.00
8820202136
TEMBANG ART II
2.00
8820202169
GENERAL LITERARY THEORY JAVANESE
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8820202044
PHONOLOGY
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202019
SPEAKING JAVANESE
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8820202187
INNOVATIVE LEARNING PLANNING
2.00
8820202138
JAVANESE LANGUAGE SYNTAX
2.00
8820202196
APPRECIATION OF JAVANESE PROSE AND POETRY JAVANESE
2.00
8820202188
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8820202194
PHILOLOGY
2.00
8820202042
JAVANESE FOLKLORE
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8820202065
JAVANESE READING
2.00
8820202067
WRITING JAVANESE
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202056
LITERARY CRITICISM JAVANESE
2.00
8820202186
SCHOOL CURRICULUM
2.00
8820203197
RESEARCH METHODS
3.00
8820202129
JAVANESE LANGUAGE SEMANTICS
2.00
8820202145
SOCIOLINGUISTICS JAVANESE LANGUAGE
2.00
8820202148
STATISTICS
2.00
8820202163
STUDY OF OLD MANUSCRIPTS
2.00
8820202003
DISCOURSE ANALYSIS OF JAVANESE LANGUAGE
2.00
8820202190
TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING
2.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202005
APPRECIATION OF WAYANG
2.00
8820202010
ARABIC PEGON
2.00
8820202017
KAWI LANGUAGE
2.00
8820202060
JAVANESE LEXICOGRAPHY JAVANESE
2.00
8820202062
APPLIED LINGUISTICS
2.00
8820202084
JAVANESE LANGUAGE MORPHOLOGY II
2.00
8820202201
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
8820202103
PRAGMATICS OF JAVANESE
2.00
8820202117
COMPARATIVE LITERATURE
2.00
8820202122
OLD JAVANESE LITERATURE
2.00
8820202125
COASTAL JAVANESE LITERATURE
2.00
8820202141
JAVANESE SYNTAX II
2.00
8820202147
SOCIOLOGY JAVANESE LITERATURE
2.00
8820202151
STYLISTICS JAVANESE
2.00
8820202203
JAVANESE TRADITIONS
2.00
Semester ke 6
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820206142
THESIS
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202018 | JOURNALISM | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8820202090 | INTRODUCTORY LINGUISTICS | 2.00 | |
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
8820202128 | HISTORY OF JAVANESE LITERATURE | 2.00 | |
8820202132 | KARAWITAN ART I | 2.00 | |
8820202135 | SONG ART I | 2.00 | |
8820202185 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
8820202050 | JAVANESE CULTURE JAVANESE | 2.00 | |
8820202069 | LISTENING TO JAVANESE | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202021 | BASICS OF JAVANESE SPEAKING | 2.00 | |
1000003042 | DASAR DASAR KEPENDIDIKAN | 3.00 | |
8820202025 | BASICS OF JAVANESE READING | 2.00 | |
8820202026 | BASIC BASICS OF JAVANESE WRITING | 2.00 | |
8820202083 | LANGUAGE MORPHOLOGY I | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
8820202133 | KARAWITAN ART II | 2.00 | |
8820202136 | TEMBANG ART II | 2.00 | |
8820202169 | GENERAL LITERARY THEORY JAVANESE | 2.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8820202044 | PHONOLOGY | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202019 | SPEAKING JAVANESE | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8820202187 | INNOVATIVE LEARNING PLANNING | 2.00 | |
8820202138 | JAVANESE LANGUAGE SYNTAX | 2.00 | |
8820202196 | APPRECIATION OF JAVANESE PROSE AND POETRY JAVANESE | 2.00 | |
8820202188 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
8820202194 | PHILOLOGY | 2.00 | |
8820202042 | JAVANESE FOLKLORE | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
8820202065 | JAVANESE READING | 2.00 | |
8820202067 | WRITING JAVANESE | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202056 | LITERARY CRITICISM JAVANESE | 2.00 | |
8820202186 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
8820203197 | RESEARCH METHODS | 3.00 | |
8820202129 | JAVANESE LANGUAGE SEMANTICS | 2.00 | |
8820202145 | SOCIOLINGUISTICS JAVANESE LANGUAGE | 2.00 | |
8820202148 | STATISTICS | 2.00 | |
8820202163 | STUDY OF OLD MANUSCRIPTS | 2.00 | |
8820202003 | DISCOURSE ANALYSIS OF JAVANESE LANGUAGE | 2.00 | |
8820202190 | TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING | 2.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202005 | APPRECIATION OF WAYANG | 2.00 | |
8820202010 | ARABIC PEGON | 2.00 | |
8820202017 | KAWI LANGUAGE | 2.00 | |
8820202060 | JAVANESE LEXICOGRAPHY JAVANESE | 2.00 | |
8820202062 | APPLIED LINGUISTICS | 2.00 | |
8820202084 | JAVANESE LANGUAGE MORPHOLOGY II | 2.00 | |
8820202201 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
8820202103 | PRAGMATICS OF JAVANESE | 2.00 | |
8820202117 | COMPARATIVE LITERATURE | 2.00 | |
8820202122 | OLD JAVANESE LITERATURE | 2.00 | |
8820202125 | COASTAL JAVANESE LITERATURE | 2.00 | |
8820202141 | JAVANESE SYNTAX II | 2.00 | |
8820202147 | SOCIOLOGY JAVANESE LITERATURE | 2.00 | |
8820202151 | STYLISTICS JAVANESE | 2.00 | |
8820202203 | JAVANESE TRADITIONS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820206142 | THESIS | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Berdasarkan adanya Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Unesa menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Perumusan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka dengan mengusung tema “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka”, diperoleh tiga pilar dalam kampus merdeka sesuai dengan pesan kunci Mendikbud. Pilar 1, dosen adalah penggerak, harus profesional dan inovatif. Pilar 2, perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Pilar 3, konsolidasi kebijakan. dimana kampus merdeka memiliki 4 kebijakan utama, yaitu pembukaan prodi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri badan hukum, serta hak belajar tiga semester di luar program studi. Sehingga unesa mengadakan program magang atau praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independent, serta proyek kemanusiaan. “Pengembangan kurikulum merdeka belajar ini tidak hanya mengedukasi dosen, tapi mahasiswa juga perlu tau, agar dapat dipersiapkan dari awal. Sehingga kurikulum merdeka belajar program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa dirancang untuk memberikan kemerdekaan mahasiswa pada semester lima untuk memilihn progra perkuliahan. prinsip merdeka belajar ini sangat bagus karena bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar prodi dan capaian pembelajaran. Kurikulum merdeka belajar yang rencananya akan diterapkan pada semester gasal 2020/2021 ini akan diberlakukan pada mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Mengusung model 512 serta pola perkuliahan 4121 atau 42a12b1. Nantinya akan dilakukan kompres, penghilangan mata kuliah yang tidak relevan, penggabungan mata kuliah yang bergayut, pengurangan bobot sks mata kuliah, penambahan total sks lulusan (144-150), pemunculan mata kuliah baru, dan lain sebagainya.
Tracer Study
Berdasarkan analisa data yang dilakukan pada hasil survey, diketahui bahwasannya metode pembelajaran yang dianggap responden paling bermanfaat serta berperan dalam kehidupan karier mereka saat ini adalah Metode Diskusi. Metode diskusi mendapatkan nilai rerata tertinggi yaitu 4.4, sedangkan nilai terendah ada pada Metode Partisipasi dalam Proyek Riset yang mendapatkan nilai rerata 3.53. Dimasa yang akan datang, hendaknya metode-metode pembelajaran yang dinilai kurang memiliki peranan dalam masa depan alumni dapat ditinjau ulang dan dioptimalkan, sehingga alumni dapat memperoleh manfaat yang maksimal. Adapun 3 metode yang mendapatkan rerata terendah adalah Metode Magang, Metode Demostrasi, dan Metode Partisipai dalam Proyek Riset.
Rekap PLO Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | |||
Coastal Javanese Literature | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||||
Writing Javanese | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Introductory Linguistics | 2 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Dramaturgy Javanese | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Sociology Javanese Literature | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Sociolinguistics Javanese Language | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
General Literary Theory Javanese | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Teori Belajar | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||||
Applied Linguistics | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Basics of Javanese Speaking | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Basics of Javanese Reading | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Poetry Appreciation Javanese | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Kawi Language | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Folklore | 2 | 28.57% | 57.14% | 14.29% | 100 % | |||||||||
Arabic Pegon | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Listening to Javanese | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Art Tembang III | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Innovative Learning Planning | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Metode Penelitian Pendidikan | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Creative Writing Literature | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Pranatcara | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||
Comparative Historical Linguistics | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Writing Javanese Script | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Reading Javanese Script | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Linguistics | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Local Wisdom Javanese | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Gending | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Javanese Children‘s | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Literature Modern Javanese | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Philology | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Writing Scientific Papers | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Comparative Literature | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
School Curriculum | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Tembang Art Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Karawitan Art Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Syntax Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Innovative Learning | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Speaking Javanese | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Classical Javanese Literature | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Reading | 2 | 60% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||
Literary Criticism Javanese | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Appreciation of Wayang | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Pragmatics of Javanese | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | |||||||||
Statistics | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Dialectology | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Morphology of Javanese Language | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Javanese Traditions I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Discourse Analysis of Javanese Language | 2 | 25% | 12.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Assessment of Learning Process and Outcomes | 3 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
of Javanese Children‘s Literature | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Culture Javanese | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Stylistics Javanese | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Literary Theory | 2 | 42.86% | 14.29% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Entrepreneurship | 2 | 33.33% | 50% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Study of Old Manuscripts | 2 | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 36.36% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
Javanese Language Semantics | 2 | 16.67% | 16.67% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Philology II | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Lexicography | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Appreciation of Javanese Prose Javanese | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Phonology | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Development of Teaching Materials | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Javanese Journalism | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Javanese Traditions | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
School Curriculum Review | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
The Art of Tembang Dolanan The Art | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
of Karawitan | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Research methods | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
The Art of Tembang Macapat | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Javanese Language Syntax | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Basic Basics of Javanese Writing | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Old Javanese Literature | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Appreciation of Javanese Prose and Poetry Javanese | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Javanese Language Morphology Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Psychology Javanese Literature | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Song Art I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Lexicography Javanese | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Sociology of Literature | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Instructional Media | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Philosophy of Science | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Javanese Syntax I Sanskrit Language | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Analysis of the National Defense Program | 4 | 44.44% | 55.56% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Filosofis
Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan filsafat terkait makna atau hakikat pendidikan. Beberapa filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk menunjang pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum UNESA menganut filosofi eklektik, yaitu memperhatikan kelebihan dari landasan filosofi-filosofi yang sesuai (Akinsanya, 2014) untuk pencapaian visi UNESA sebagai universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.
Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian pengembangan kurikulum dikaitkan dengan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan ini digunakan karena mahasiswa berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Perubahan dan perkembangan nilai yang ada di masyarakat akan mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus dapat menjawab tantangan, tuntutan, dan perkembangan masyarakat baik lokal maupun global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.
Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, kurikulum UNESA dikembangkan berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Indonesia juga merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukan budaya, maka kurikulum ini perlu mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Perkembangan budaya dengan kearifan lokal tempat UNESA tumbuh dan berkembang menjadi ciri khas yang menampilkan karakteristik UNESA sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas. Di samping itu, kurikulum UNESA juga mempertimbangkan perkembangan masyarakat global sehingga para lulusannya diharapkan mampu untuk berkolaborasi dan berkompetisi di level internasional.
Psikologis
Landasan psikologis adalah landasan berdasarkan kondisi karakteristik pembelajaran (Slavin, 2006). Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Mahasiswa UNESA secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Untuk itu, kurikulum UNESA yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologi mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa merupakan individu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum UNESA perlu mencermati dinamika perkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar.
Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy dan seamless learning, pengembangan kurikulum di UNESA akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pebelajar dewasa yang bertanggungjawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan-pembatasan terhadap subjek, ruang dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan.
Historis
Secara historis, pengembangan kurikulum UNESA berjalan searah dengan pengembangan lembaga yang diawali dari kursus guru B-I dan B-II pada tahun 1950-an, yang selanjutnya berkembang menjadi Akademi Pendidikan Guru hingga FKIP dan IKIP Surabaya. Pada perkembangan selanjutnya IKIP Surabaya berubah menjadi universitas sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan di samping program kependidikan yang telah lama dilakukan. Dengan demikian pengembangan kurikulum
Kurikulum di UNESA mengalami perkembangan yang cukup dinamis. Perkembangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku saat pengembangan kurikulum dilakukan. Misalnya ketika berlaku kurikulum bersifat nasional yang ditentukan oleh konsorsium pendidikan, kurikulum yang dihasilkan belum mengarah pada pencapaian visi dan misi UNESA. Ketika peraturan tentang pengembangan kurikulum berlaku, maka kurikulum mulai ditata sesuai dengan arah dan prosedur yang benar.
Berdasarkan landasan historis tersebut, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.
Yuridis
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan memiliki keabsahan untuk diberlakukan. Daftar acuan landasan hukum dalam pengembangan kurikulum UNESA ini disajikan pada Bab I bagian D.
Berdasarkan uraian di atas, kurikulum di UNESA dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek, meliputi: visi, misi, dan tujuan UNESA, isu- isu terkait pengembangan sumber daya manusia dan perkembangan IPTEKS, serta landasan filosofis, sosiologis, psikologis, historis, dan yuridis.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved