Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias Unesa
Study Program | : | Beauty Education |
Establishment Date | : | 7 Juli 2008 |
Study Program Coordinator | : | Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program Studi yang Tangguh, Adaptif dan Inovatif dalam Pendidikan Kejuruan dan Keilmuan Bidang Tata Rias Berorientasi KewirausahaanMisi
- Menghasilkan Lulusan sebagai Tenaga Pendidik Tata Rias yang berkepribadian Tangguh, Adaptif dan Inovatif dibidang Pendidikan Kejuruan dan Keilmuan Bidang Tata Rias sehingga Mampu Berkompetisi dan Berkolaborasi dalam Memenuhi Kebutuhan Masyarakat.
- Menghasilkan Penelitian Pendidikan Tata Rias yang Berlandaskan pada Keprofesionalitas dan Kompetensi untuk Meningkatkan Mutu Berorientasi Kewirausahaan
- Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Ilmu Tata Rias Berbasis Penelitian.
- Menjalin Kerjasama dan Kemitraan dari Berbagai Lembaga/ Instansi untuk Meningkatkan Kulitas Lulusan Sesuai dengan Kebutuhan Stake Holder
Tujuan
- Menguraikan konsep bidang pedagogic, ilmu dasar dalam bidang rias dengan pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan tata rias
- Mengaplikasikan metode ilmiah dalam memecahkan suatu masalah dalam keilmiahan bidang pendidikan dan penerapan keterampilan secara profesionalisme pendidikan tata rias yang terdiri dari ; kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata rias pengantin, dan kewirausahaan.
- Mengkreasikan keterampilan dengan menerapkan ilmu bidang pendidikan tata rias, serta dapat melakukan penelitian dengan berkomunikasi aktif
Nilai_dasar
1. Integritas dan Pancasila, Mahasiswa didorong untuk memiliki integritas tinggi dalam mengelola dan mengembangkan institusi pendidikan, mencakup kejujuran, etika, dan tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugas dan mengambil keputusa 2. Kompetensi, Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan bidang kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata rias pengantin, dan SpA perawatan badan. 3. Inklusivitas, Menekankan pentingnya inklusivitas dalam penyelenggaraan pendidikan, memastikan bahwa semua mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi 4. Kreativitas dan Berjiwa Ilmiah, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang pendidikan dan kejuruan bidang Tata Rias berorientasi kewirausahaan. 5. Belajar sepanjang hayat, Memperhatikan pentingnya pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan, hak asasi manusia, dan pengembangan ekonomi yang adil. Nilai-nilai dasar ini merupakan fondasi yang membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang pendidikan Tata Rias, tetapi juga memiliki karakter yang kuat untuk memimpin dan berinovasi.Capaian Lulusan Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mengaplikasikan sikap profesional sebagai pendidik dan praktisi dalam bidang tata rias yang meliputi disiplin, jujur, tanggung jawab, beretika,, mampu bekerjasama dan berkomunikasi efektif
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Terampil merancang dan menerapkan perangkat pembelajaran di sekolah dengan mengedepankan kearifan lokal dan budaya daerah
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu mengaplikasikan keterampilan bidang tata rias yang menunjang bidang pendidikan tata rias
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mengkreasikan dalam kompetensi keahlian dibidang tata rias meliputi : Tata rias kulit, tata rias rambut, tata rias pengantin, dan berwawasan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mengkreasikan, merancang, melaksanakan penelitian, menganalisis dan mengimplementasikan hasil penelitian
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik : Sebagai pendidik bidang kecantikan di Sekolah Menengah Kejuruan, menjadi instruktur pada Lembaga Pendidikan Kejuruan secara mendiri serta profesional dengan mengedepankan prinsip adaptif, kolaboratif, inovatif, inklusif, dan mampu mengimplementasikan hasil penelitiannya.
- Penata Rias
Menjadi make up artis untuk ahli tata rias wajah, tata rias pengantin, dan tata rias rambut.
- Pengusaha Kecantikan
Profesional di bidang kecantikan kulit dan SpA, Beauty Nailist, Manajemen Profesional Wedding Organizer dan Pengusaha Salon Kecantikan
Struktur Kurikulum Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM 2019
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321302039
SKIN AND HAIR HEALTH SCIENCE
2.00
8321302062
APPLIED MATHEMATICS
2.00
8321302004
LEARNING MEDIA
2.00
8321303073
TRADITIONAL HAIR AND BUN STYLING
3.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8321303087
FACIAL SKIN CARE
3.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
8321302004
THEORY LEARNING THEORY
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321302003
ANTHROPOLOGY AND ETHNOGRAPHY MAKE-UP
2.00
8321302004
PHILOSOPHY OF EDUCATION
2.00
8321302054
COSMETOLOGY
2.00
8321302060
MANAGEMENT
2.00
8321303069
BASIC HAIRCUT
3.00
8321303072
MODERN HAIR STYLING AND BUNS
3.00
8321302004
PHYSICAL EDUCATION AND SPORTS EMPLOYEES
2.00
39424203
PENGEL LABORATORY AREAS OF STUDY
2.00
8321303116
STATISTICS
3.00
8321303124
MAKEUP
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321302010
ENGLISH APPLIED
2.00
8321303004
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
3.00
8321302040
FAMILY WELFARE SCIENCE
2.00
8321303042
VOCATIONAL SCHOOL CURRICULUM STUDY
3.00
8321302043
CRAFT
2.00
8321302048
KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
2.00
8321303094
HAIR COLORING
3.00
8321302117
STRATEGI PEMBELAJARAN
2.00
8321303123
INTERNATIONAL BRIDAL MAKEUP
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321303025
DECORATION COSMETOLOGY PERSONAL CARE
3.00
8321303045
HAIR CURLING AND STRAIGHTENING
3.00
8321303065
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
8321302004
MICROTEACHING
2.00
8321302004
LEARNING PLANNING
2.00
8321303121
INDONESIAN BRIDAL MAKE-UP I
3.00
8321301004
PROPOSAL SEMINAR
1.00
8321303113
SOLUS PER AQUA
3.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020103
APPRENTICESHIP
20.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321303122
INDONESIAN BRIDAL MAKEUP II
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321304004
CREATE MAKEUP WORKS
4.00
8321306110
THESIS
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321302039 | SKIN AND HAIR HEALTH SCIENCE | 2.00 | |
8321302062 | APPLIED MATHEMATICS | 2.00 | |
8321302004 | LEARNING MEDIA | 2.00 | |
8321303073 | TRADITIONAL HAIR AND BUN STYLING | 3.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8321303087 | FACIAL SKIN CARE | 3.00 | |
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
8321302004 | THEORY LEARNING THEORY | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321302003 | ANTHROPOLOGY AND ETHNOGRAPHY MAKE-UP | 2.00 | |
8321302004 | PHILOSOPHY OF EDUCATION | 2.00 | |
8321302054 | COSMETOLOGY | 2.00 | |
8321302060 | MANAGEMENT | 2.00 | |
8321303069 | BASIC HAIRCUT | 3.00 | |
8321303072 | MODERN HAIR STYLING AND BUNS | 3.00 | |
8321302004 | PHYSICAL EDUCATION AND SPORTS EMPLOYEES | 2.00 | |
39424203 | PENGEL LABORATORY AREAS OF STUDY | 2.00 | |
8321303116 | STATISTICS | 3.00 | |
8321303124 | MAKEUP | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321302010 | ENGLISH APPLIED | 2.00 | |
8321303004 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 3.00 | |
8321302040 | FAMILY WELFARE SCIENCE | 2.00 | |
8321303042 | VOCATIONAL SCHOOL CURRICULUM STUDY | 3.00 | |
8321302043 | CRAFT | 2.00 | |
8321302048 | KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA | 2.00 | |
8321303094 | HAIR COLORING | 3.00 | |
8321302117 | STRATEGI PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8321303123 | INTERNATIONAL BRIDAL MAKEUP | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321303025 | DECORATION COSMETOLOGY PERSONAL CARE | 3.00 | |
8321303045 | HAIR CURLING AND STRAIGHTENING | 3.00 | |
8321303065 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
8321302004 | MICROTEACHING | 2.00 | |
8321302004 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
8321303121 | INDONESIAN BRIDAL MAKE-UP I | 3.00 | |
8321301004 | PROPOSAL SEMINAR | 1.00 | |
8321303113 | SOLUS PER AQUA | 3.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020103 | APPRENTICESHIP | 20.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321303122 | INDONESIAN BRIDAL MAKEUP II | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321304004 | CREATE MAKEUP WORKS | 4.00 | |
8321306110 | THESIS | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
Pada Program Studi Pendidikan Tata Rias, Evaluasi Kurikulum dilakukan secara berkala untuk mengetahui kekurangan dari pelaksanaan kurikulum berjalan dan untuk memperbaikinya. Evaluasi Kurikulum dilaksanakan setahun sekali dengan melakukan Forum Group Discussion dengan mengundang praktisi, asosiasi dan pengguna lulusan, serta melakukan workshop atau lokakarya kurikulum ditingkat prodi. Evaluasi kurikulum dilakukan setahun sekali dan untuk retsrukturisasi atau transformasi dilakukan 5 tahun sekali
Hasil Tracer study https://tracerstudy.unesa.ac.id/
Data HasilTracer S1 Pendidikan Tata Rias Tahun 2023 didapatkan hasil :
- Persentase dan jumlah Alumni yang berhasil menjadi Wiraswasta = 18,18 %
- Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil melanjutkan Studi = 0 %
- Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil memiliki Pekerjaan = 46,36 %
- Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil memiliki Pekerjaan, melanjutkan Studi dan Wiraswasta = 64,55 %
Rekap PLO Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
Applied Mathematics | 2 | 14.29% | 42.86% | 42.86% | 100 % | ||||||
Anatomy Physiology | 2 | 4% | 4% | 8% | 4% | 52% | 28% | 100 % | |||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Javanese Bridal Makeup | 3 | 42.31% | 19.23% | 38.46% | 100 % | ||||||
Indonesian Bridal Makeup | 3 | 23.53% | 23.53% | 17.65% | 23.53% | 11.76% | 100 % | ||||
Aesthetic Action Knowledge | 2 | 10% | 20% | 20% | 10% | 20% | 20% | 100 % | |||
Cosmetology | 2 | 26.67% | 23.33% | 26.67% | 23.33% | 100 % | |||||
Kesehatan dan Keselamatan Kerja | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Field practice | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
International | 3 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||
International Bridal Makeup | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Hair Curling and Straightening | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Fantasy Makeup | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Basic Haircut | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Create Makeup Works | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Traditional Hair and Bun Styling | 3 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||
Study Business Management | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Craft | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Cosmetology Business Management | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Makeup | 3 | 30% | 40% | 30% | 100 % | ||||||
Theory Learning Theory | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||
Makeup Ethnography | 2 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||
Statistics | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Learning Planning | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Family Welfare Science | 2 | 50% | 37.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Modern Hair Styling and Buns | 3 | 20% | 50% | 30% | 100 % | ||||||
Pengel Laboratory Areas of Study | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 8.33% | 8.33% | 100 % | ||
Teori Belajar | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||
Facial Skin Care | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Evaluation of Learning and Learning | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Solus Per Aqua | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
School Curriculum | 2 | 18.18% | 27.27% | 54.55% | 100 % | ||||||
Beauty Nutrition | 2 | 27.27% | 72.73% | 100 % | |||||||
Hair Coloring | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Cosmetology Business Management | 2 | 18.75% | 25% | 37.5% | 6.25% | 12.5% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi Pendidikan Tata Rias dirancang berdasarkan Undang-Undang no 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, ahlak mulia dan keterampilan. Kurikulum Program studi juga dirancang berdasarkan Peraturan Presiden RI no. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Undang-undang no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan rekomendasi Perkumpulan Ahli Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (PAPTEKINDO) serta Perkumpulan Program Studi Tata Rias dan Kecantikan seluruh Indonesia (PPTRKI).
Landasan pengembangan kurikulum berdasarkan landasan filosofis ; sebagai program studi yang tangguh, adaptif dan inovatif, dalam pendidikan kejuruan dan keilmuan bidang Tata Rias berorientasi Kewirausahaan. Landasan Sosiologis; kurikulum dikembangkan berdasarkan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan Psikologis ; berdasarkan kondisi karakteristik manusia sebagai individu yang bertanggung jawab secara mendiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Landasan Historis ; pengembangan kurikulum memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Landasan Yuridis ; pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan melalui keabsahan untuk diberlakukan.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved