•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Musik Unesa

 
Study Program  :  Music
Establishment Date  :  9 Juni 2023
Study Program Coordinator  :  Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Musik
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Unggul dalam Bidang Musik, Kukuh dalam Keilmuan Musik.


Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan sarjana seni musik yang berkompeten secara profesional serta tanggap terhadap perubahan ipteks, dengan rentang waktu 8 semester.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian baik ditingkat lembaga, kerja sama, maupun DP2M.
  3. Terbentuknya pusat pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat berbasis multi kultural (Jawa Timur pada umumnya, Surabaya pada khususnya) untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul, mandiri, dan berwawasan siap kerja, atau mampu membuat peluang kerja di bidang musik.
  4. Memiliki kemampuan mencipta dan mengekspresikan beragam gagasan ke dalam bentuk karya seni musik.
  5. Memiliki kemampuan mengkaji dan menganalisa beragam fenomena musik dan budaya.
  6. Memiliki kemampuan menyajikan karya musik secara kreatif, inovatif, dan professional
  7. Memiliki kemampuan mengelola kegiatan seni dan budaya yang berkaitan dengan seni musik. Pemberian kompetensi tambahan untuk mewujudkan sarjana plus seperti: Manajemen Produksi, Pengelolaan studio rekaman, Pengelolaan lembaga kursus dan lain-lain.

Capaian Lulusan Program Studi Music
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Mampu menguasai teori dan praktik instrumen/vokal untuk merancang metode pembelajaran, pengembangan, pementasan, penciptaan, dan pengkajian musik

PLO-6 Mampu mengaplikasikan aspek teori dan praktik dalam bermusik, yang hasilnya ditampilkan dalam bentuk pertunjukan individual dan instrumental/vokal (resital)

PLO-7 Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, mengambil keputusan yang tepat dalam penciptaan, penyajian, pendidikan, dan pengkajian musik berdasarkan informasi dan analisis data yang akurat, serta memberikan alternatif solusi terhadap berbagai permasalahan dalam bidang musik di masyarakat
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mampu berkreasi, berkolaborasi, dan mengekspresikan berbagai macam ide atau gagasan kreatif dengan menciptakan komposisi musik dengan memanfaatkan gagasan baru dan idiom-idiom tradisional
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Music
Universitas Negeri Surabaya
  • Profesional
    praktisi Musik (Pemain Musik, Arranger, Komposer).
  • Instruktur Musik
    (Pendidik Non Formal/Guru Les).
  • Wirausaha 
    (Studio Recording, Lembaga Pelatihan Musik, Manajemen Seni Pertunjukan).
  • Teknologi Musik/Industri Musik 
    (Musik Animasi, Musik Sinema, Musik Film, Mixing)

Struktur Kurikulum Music
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum 2020 Merber musik

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
1000002177 ENGLISH 2.00
9122302006 BAND 2.00
1000002010 BASIC NATURAL SCIENCES 2.00
9122302028 PIANO INSTRUMENTS COMPULSORY BASIC WIND 2.00
9122303029 STRING INSTRUMENTS FOR SENSORY LEVEL 3.00
9122303035 INSTRUMENT 3.00
9122303040 BASIC PERCUSSION INSTRUMENTS SENSORY LEVEL 3.00
9122303046 LEVEL PIANO PRINCIPAL INSTRUMENTS SENSORY LEVEL 3.00
8720703098 KOMUNIKASI BISNIS 3.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
9122302123 MUSICAL LITERACY 2.00
9122302113 MUSIC CLASS METHODS 2.00
9122302078 CLASS METHOD PIANO 2.00
8720703035 METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN 3.00
1000002033 CITIZENSHIP 2.00
1000002018 PANCASILA EDUCATION 2.00
9122302095 MUSIC KNOWLEDGE II 2.00
9122303124 INTRODUCTION TO BASIC PRACTICES OF INSTRUMENTS BASIC 3.00
9122302097 PSYCHOLOGY MUSIC 2.00
9122302114 HISTORY OF MUSIC 2.00
9122302099 HISTORY OF CLASSICAL MUSIC 2.00
8720703072 SEMINAR COMMERCE MANAGEMENT 3.00
9122302117 SOLFEGIO 2.00
9122302104 BASIC 2.00
9122302122 MUSIC THEORY 2.00
9122302108 BASIC MUSIC THEORY BASIC 2.00
9122303052 INSTRUMENTS SENSORY LEVEL BASIC 3.00
9122303058 VOCAL BASIC INSTRUMENTS SENSORY 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
9122302001 ACOUSTICS ORGANOLOGY 2.00
9122302126 HARMONY 2.00
9122302127 KNOWLEDGE OF MUSICAL FORMS 2.00
9122302027 ADVANCED PIANO INSTRUMENTS 2.00
9122303033 BASIC STRING INSTRUMENTS PRE-YOUNG LEVEL 3.00
9122303038 BASIC INSTRUMENT GUITAR PRE-YOUNG LEVEL 3.00
9122303044 BASIC PERCUSSION INSTRUMENTS FOR PRE-YOUNG LEVEL 3.00
9122303050 PIANO PRINCIPAL INSTRUMENTS PRE-YOUNG LEVEL 3.00
9122303119 BASIC INSTRUMENTS SENSE LEVEL 3.00
9122303057 WIND INSTRUMENTS PRE-YOUTH LEVEL 3.00
9122303062 VOCAL BASIC INSTRUMENTS FOR PRE-YOUNG LEVEL 3.00
9122302070 BASIC CONTRAPTITUDE 2.00
9122302128 MANAGEMENT PERFORMING ARTS 2.00
9122302076 METHOD GUITAR CLASS 2.00
1000002047 PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS 2.00
9122302100 HISTORY OF MODERN MUSIC 2.00
9122302105 SOLFEGIO ADVANCED 2.00
9122303129 STATISTICS 3.00
9122302109 ADVANCED MUSIC THEORY 2.00
9122302065 MUSIC PEDAGOGICAL STUDIES 2.00

Semester ke 3

Semester ke 4

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
9122302002 MUSIC CRITICISM ANALYSIS 2.00
9122302139 ENSEMBLE 2.00
9122302004 ARRANGEMENTS FOR YOUTH 2.00
9122302142 POP GUITAR 2.00
9122303030 BASIC STRING INSTRUMENTS INTERMEDIATE LEVEL 3.00
9122303036 PRINCIPAL INSTRUMENTS GUITAR INTERMEDIATE LEVEL 3.00
9122303041 BASIC INSTRUMENTS PERCUSSION MIDDLE LEVEL 3.00
9122303047 BASIC INSTRUMENT PIANO MIDDLE LEVEL 3.00
9122304132 INSTRUMENTS MAIN LEVEL 4.00
9122302068 BASIC MUSICAL COMPOSITION 2.00
9122302136 KONTRAPUNG 2.00
9122302073 PERFORMANCE MANAGEMENT 2.00
9122302074 MARCHINGBAND 2.00
9122302140 CREATING SONGS 2.00
9122302081 RESEARCH METHODOLOGY QUANTITATIVE QUALITATIVE 2.00
9122302083 MUSIC FILM DRAMA AND TELEVISION 2.00
9122303134 MUSIC FILM TELEVISION AND ANIMATION 3.00
9122302086 CONTEMPORARY MUSIC 2.00
9122302138 ARCHIPELAGO MUSIC 2.00
9122303135 ARTICLE WRITING MUSIC JOURNAL 3.00
9122304141 MUSIC PRACTICE 4.00
9122302103 SOFTWARE MUSICAL NOTATION 2.00
9122302137 VOCAL GROUP 2.00
9122302011 HARMONI MANUAL 2.00
9122302014 IMPROVISATION 2.00
9122304133 ACCOMPANYING INSTRUMENTS 4.00
9122303053 INTERMEDIATE LEVEL WIND 3.00
9122303059 BASIC INSTRUMENTS VOCAL MIDDLE LEVEL 3.00
9122302143 KEYBOARD 2.00
9122302089 ORCHESTRA 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
9122303034 STRING INSTRUMENTS MAIN LEVEL 3.00
9122303039 GUITAR MAIN LEVEL 3.00
9122303045 PRINCIPAL INSTRUMENTS PERCUSSION PRIMARY LEVEL 3.00
9122303051 BASIC INSTRUMENTS PIANO PRIMARY LEVEL 3.00
9122303056 BASIC WIND INSTRUMENTS MAIN LEVEL BASIC INSTRUMENTS 3.00
9122303063 INSTRUMENTS PRIMARY LEVEL VOCAL INSTRUMENTS 3.00
1000003069 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003070 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003065 KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003092 KKN KEWIRAUSAHAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004091 KKN KEWIRAUSAHAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003093 KKN KEWIRAUSAHAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003094 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004090 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003089 KKN KEWIRAUSAHAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003074 KKN PROYEK DESA EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004073 KKN PROYEK DESA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003075 KKN PROYEK DESA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003076 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004072 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003071 KKN PROYEK DESA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003080 KKN PROYEK INDPENDEN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004079 KKN PROYEK INDPENDEN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003081 KKN PROYEK INDPENDEN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003082 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003077 KKN PROYEK INDPENDEN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003086 KKN PROYEK KEMANUSIAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004085 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003087 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003088 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004084 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003083 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000020101 KKN T 20.00
9122303071 KULIAH KERJA NYATA 3.00
1000020103 APPRENTICESHIP 20.00
1000004098 MAGANG RISET PENGANALISISAN DATA 4.00
9122302082 MUSIC RESEARCH METHODOLOGY 2.00
1000003060 DESAIN PROGRAM 3.00
1000003058 KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA 3.00
1000002059 MANAJEMEN OPERASIONAL 2.00
1000004061 PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000002064 PELAPORAN PROGRAM 2.00
1000002063 PENDESIMINASIAN PROGRAM 2.00
1000002062 PENILAIAN PROGRAM 2.00
1000002057 PERENCANAAN 2.00
1000002051 PLP ANALISIS KURIKULUM 2.00
1000002055 PLP ASESMEN PEMBELAJARAN 2.00
1000002049 PLP MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000003053 PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
1000002054 PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
1000002050 PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
1000003052 PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00
1000004056 PLP PRAKTIK MENGAJAR 4.00
9122302098 RECORDING 2.00
9122302066 EAST JAVANESE KARAWITAN FIELD 2.00
1000003068 KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004066 KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004067 KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000004078 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004096 MAGANG RISET PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN 4.00
1000003095 MAGANG RISET PENGEMBANGAN RENCANA PENELITIAN 3.00
1000004097 MAGANG RISET PENGUMPULAN DATA 4.00
1000002099 MAGANG RISET PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN 2.00
1000003100 MAGANG RISET PUBLIKASI 3.00
9122302090 ORCHESTRA 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
9122302111 PHILOSOPHY 2.00
9122302069 MUSIC COMPOSITION ADVANCED 2.00
9122302094 INTRODUCTION TO ETHNOMUSICOLOGY 2.00
9122302096 KNOWLEDGE HAKI 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
9122303112 WORK PRACTICE BASIC 3.00
1000002104 SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT 2.00
9122306102 THESIS 6.00
1000004105 THESIS 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Music
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum meliputi evaluasi berbagai komponen unsur pembelajaran yang mendukung kurikulum yang dilaksanakan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Terdapat dua proses yang berpengaruh pada keberhasilan penyelenggaraan kurikulum yaitu proses internal dan proses eksternal.

 

Faktor Proses Internal 

Unsur-unsur yang menyatakan keberhasilan pada proses internal antara lain: 

a. Angka evaluasi edukasi 

b. Rata-rata IPK lulusan 

c. Rata-rata masa studi 

d. Persentase lulusan tepat waktu 

e. Rerata skor TEP.

Dari angka-angka prestasi yang diperoleh pada unsur-unsur di atas selanjutnya dapat dievaluasi unsur-unsur lain yang mendukung penyelengaraan program pendidikan, meliputi unsur-unsur dalam kelompok input internal, dan unsur-unsur dalam kelornpok proses internal. Dalam proses penyelenggaraan pendidikan maupun pengajaran kedua kelompok unsur di atas akan selalu dipengaruhi secara natural oleh unsur-unsur pada kelompok output internal. 

Pada sisi input internal terdapat berbagai unsur yang berpengaruh pada keberhasilan kurikulum maupun program pendidikan, antara lain: 

a. Kualitas dan kesiapan mahasiswa untuk mengikuti program pendidikan yang dirumuskan dalam kurikulum 

b. Kualitas dan ketrampilan dosen dalam menyelenggarakan pengajaran 

c. Kualitas dan ketrampilan tenaga laboran/teknisi/programmer dalam menyelenggarakan praktik kerja 

d. Kualitas dan dukungan sarana dan prasarana laboratorium/studio serta program yang disusun untuk penggunaannya 

e. Ketersediaan dan kualitas sumber pustaka 

f. Kesiapan dan kecukupan infrastruktur pendidikan dan pengajaran 

g. Perangkat manajemen dan organisasi, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran

Pada sisi proses internal terdapat unsur yang sangat berpengaruh pada output (prestasi) sistem penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, antara lain: 

a. Kurikulum yang dirumuskan (kompetensi/capaian pembelajaran, isi/materi pembelajaran, perangkat mata kuliah, dan RPS) 

b. Proses pembelajaran, yaitu implementasi kurikulum yang telah dirancang 

c. Sistem penilaian menggunakan standar penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan 

d. Penciptaan suasana pembelajaran yang kondusif (hubungan/interaksi dalam pembelajaran antara dosen dan mahasiswa, antar dosen, dan antar mahasiswa) 

e. Penyelenggaraan manajemen dan organisasi tri dharma perguruan tinggi 

f. Penyelenggaraan pendidikan berbasis riset 

g. Penciptaan suasana akademik di lingkungan kampus 

h. Pengembangan dan pembinaan tenaga kependidikan.

Faktor Proses Eksternal

Pada dasarnya prestasi proses internal belum cukup menggambarkan prestasi sebenarnya dari kurikulum maupun penyelenggarakan suatu program pendidikan. Banyak faktor eksternal yang berpengaruh di luar sistem perguruan tinggi yang bersangkutan. Namun faktor-faktor eksternal tersebut tidak dapat secara langsung dipengaruhi oleh unsur-unsur yang menciptakan prestasi proses internal pada perguruan tinggi yang bersangkutan. Unsur-unsur yang menyatakan keberhasilan sebenarnya dari suatu sistem pendidikan (termasuk kurikulum) adalah unsur-unsur pada output proses eksternal, yang antara lain meliputi:

a. Rerata waktu tunggu sebagai ukuran daya saing lulusan mendapatkan pekerjaan pertama 

b. Rerata gaji lulusan sebagai pengakuan atas kompetensi, prestasi, tanggung jawab yang diterima oleh lulusan pada pekerjaan pertama 

c. Kesesuaian pekerjaan sebagai pengakuan kompetensi dalam bidang ilmu lulusan.

 

Evaluasi kurikulum mencakup tiga tahap, yakni tahap 1: evaluasi tujuan, tahap 2: evaluasi sistem, dan tahap 3: evaluasi khusus (esoteric evaluation). Pada evaluasi tujuan, hal-hal yang dievaluasi adalah: (a) apakah tujuan bermakna, (b) apakah tujuan feasible dan dapat dicapai, (c) apakah tujuan sudah didefiniskan dengan baik atau jelas tentang tujuan yang akan dicapai, dan (d) apakah tujuan sesuai dengan kebutuhan. 

Tahap 2 adalah evaluasi sistem: kurikulum diimplementasikan dalam suatu sistem yang terdiri dari input, proses, lingkungan sekitar, dan output. Input mencakup minat dan sikap peserta didik, kualifikasi dan kompetensi dosen, ketersediaan kurikulum dan silabus, dan ketersediaan perpustakaan, buku-buku relevan, internet, dan lain sebagainya. Proses mencakup keterlibatan siswa dalam pembelajaran, integrasi teori dan praktik, ketepatan penggunan media, tipe-tipe pengalaman belajar yang diberikan ke peserta didik, dan ketepatan sistem asesmen untuk siswa. Produk mencakup: prestasi akademik dan perkembangan personaliti peserta didik, lama tunggu untuk memperoleh pekerjaan dan prestise pekerjaan yang diperoleh siswa, dan kepuasan dunia kerja atas kinerja lulusan. 

Tahap 3 adalah evaluasi khusus (esoteric evaluation) yang mencakup evaluasi terhadap kegiatan co-kurikuler, partnership dengan industri, usaha-usaha untuk mengurangi masa tunggu lulusan, melakukan penelitian dan pengembangan, meningkatkan kemampuan dosen dan tendik, meningkatan kualitas dan jumlah mesin dan peralatan.

 

  1. Tracer Study

Berdasarkan analisa data yang dilakukan pada hasil survey, diketahui bahwasannya metode pembelajaran yang dianggap responden paling bermanfaat serta berperan dalam kehidupan karier mereka saat ini adalah Metode Diskusi atau pembelajaran dengan Student Centered Learning. Sehingga kurikulum ini diharapkan mampu dalam memberikan pengalaman yang diperlukan mahasiswa.

 

Rekap PLO Program Studi Music
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8
Psychology Music 2 25% 25% 50% 100 %
Acoustics Organology 2 75% 25% 100 %
Music Theory 2 50% 50% 100 %
Ethnomusicology 2 100% 100 %
Pop and Jazz Music 2 50% 50% 100 %
Creative Music Content 2 25% 25% 50% 100 %
Choirs 2 33.33% 66.67% 100 %
Principal Instruments Junior Level 3 66.67% 33.33% 100 %
Marchingband 2 100% 100 %
Software Musical Notation 2 50% 50% 100 %
Music Pedagogical Studies 2 100% 100 %
Entrepreneurship 2 100% 100 %
Orchestration 2 50% 50% 100 %
Aesthetics Music 2 100% 100 %
Directors 2 50% 50% 100 %
Work Practice Basic 3 33.33% 66.67% 100 %
String Instruments Main Level 3 100% 100 %
Arranging 2 50% 50% 100 %
Music Criticism 2 100% 100 %
Music Class Methods 2 100% 100 %
Basic Instruments Intermediate Level 4 66.67% 33.33% 100 %
Band 2 40% 60% 100 %
Musical Literacy 2 100% 100 %
Introduction to Basic Practices of Instruments Basic 3 100% 100 %
Harmony 2 100% 100 %
Management Performing Arts 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Music Composition 2 75% 25% 100 %
Archipelago Music 2 100% 100 %
Article Writing Music Journal 3 100% 100 %
Ensemble 2 50% 50% 100 %
Pop Guitar 2 50% 50% 100 %
Creating Songs 2 100% 100 %
Music Practice 4 100% 100 %
Music Film Television and Animation 3 100% 100 %
Kuliah Kerja Nyata 3 50% 50% 100 %
Music Criticism Analysis 2 75% 25% 100 %
Science of Musical Forms 2 50% 50% 100 %
Orchestra 2 33.33% 66.67% 100 %
Improvisation 2 25% 75% 100 %
Arrangements for Youth 2 100% 100 %
Methods of Percussion Classes 2 100% 100 %
Advanced Piano Instruments 2 100% 100 %
Methods for Vocal Classes 2 50% 50% 100 %
Children‘s Musical Arrangements 2 33.33% 66.67% 100 %
Music Production 2 66.67% 33.33% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Music
Universitas Negeri Surabaya

Orientasi pendidikan musik dapat dikembangkan dalam konteks nilai-nilai yang diinternalisasikan dalam berbagai aspek. Pendidikan musik juga berfungsi sebagai transmisi pengetahuan musik dan menjadikan seseorang terdidik secara musikal. Melalui pengetahuan musik ekosistem musik akan terbentuk sehingga mampu menumbuhkembangkan musik sebagai representasi dari kebudayaan

  1. Landasan Filosofi

Landasan filosofis kurikulum prodi seni musik sesuai dengan renstra FBS Unesa 2016-2020 adalah Pancasila dan UUD 1945

Dengan nilai-nilai utama sebagai berikut:

1. Unggul dalam proses pelaksanaan pendidikan

2. Unggul dalam penelitian dan pengabdian

3. Unggul dalam lulusan yang berdaya saing

4. Unggul dalam bidang keilmuan

5. Unggul dalam persaingan global

Landasan Sosiologis

  1. Landasan Sosilogis

Kurikulum Prodi Seni Musik berlandaskan pada kearifan lokal masyarakat surabaya yang berkembang sesuai dengan kondisi alam dan sosial budayanya. Masyarakat surabaya adalah masyarakat multi etnik dan bahasa karena banyak penduduk merantau mencari pekerjaan di surabaya, selain itu surabaya juga dekat sekali dengan madura sehinga percampuran bahasa percampuran budaya antara surabaya dengan madura menjadi ciri khas dari karakter kota surabaya.

  1. Landasan Historis

Kurikulum 2015-2019, kurikulum yang di gunakan di Universitas Negeri Surabaya adalah kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dengan menggunakan ukuran kemampuan yang wajib dimiliki mahasiswa yaitu kemampuan tentang pengetahuan yang dikuasai, kemampuan kerja, kemampuan manajerial, sikap dan tata nilai.

Pada kurikulum 2020, proses belajar mengajar berorientasi Student Centered Learning (SCL), sehingga pada kurikulum 2020 orientasinya dipertajam dengan konsep KKNI dan merdeka belajar.

  1. Landasan Hukum
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;