Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Akuntansi Unesa
| Study Program | : | Accounting | 
| Establishment Date | : | 7 Juli 2008 | 
| Study Program Coordinator | : | ROHMAWATI KUSUMANINGTIAS | 
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Akuntansi
Universitas Negeri Surabaya
			Visi
Menjadi Program Studi yang Bereputasi Global dalam Keilmuan Akuntansi Berbasis Entrepreneural LeadershipMisi
- Menyelenggarakan program pendidikan sarjana akuntansi berbasis entrepreneurial leadership
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi pada keilmuan akuntansi bereputasi global berbasis entrepreneurial leadership
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi pada keilmuan akuntansi yang bereputasi global berbasis entrepreneurial leadership
- Meningkatkan good department governance dalam pengelolaan organisasi yang menjamin mutu secara berkelanjutan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif pada keilmuan akuntansi berbasis entrepreneurial leadership
Tujuan
- Menyelenggarakan program pendidikan sarjana akuntansi berbasis entrepreneurial leadership
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi pada keilmuan akuntansi bereputasi global berbasis entrepreneurial leadership
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi pada keilmuan akuntansi yang bereputasi global berbasis entrepreneurial leadership
- Meningkatkan good department government dalam pengelolaan organisasi yang menjamin mutu secara berkelanjutan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif pada keilmuan akuntansi berbasis entrepreneurial leadership
Capaian Lulusan Program Studi Accounting
Universitas Negeri Surabaya
			| PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya | 
| PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan Dibebankan pada matakuliah:  
 | 
| PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan Dibebankan pada matakuliah:  
 
 | 
| PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. Dibebankan pada matakuliah:  
 
 | 
| PLO-5 | Mampu menerapkan dan menganalisis prinsip dasar tentang berbagai teori ilmu Ekonomi; Ilmu Akuntansi, Bisnis; dan Hukum Bisnis Dibebankan pada matakuliah:  
 
 | 
| PLO-6 | Mampu menganalisis laporan keuangan dan melakukan audit sesuai dengan kode etik profesi dan standar audit dengan dukungan teknologi informasi Dibebankan pada matakuliah:  
 | 
| PLO-7 | Mampu menyusun, menyajikan, dan mengevaluasi laporan akuntansi biaya dan akuntansi manajemen sesuai kode etik profesi Dibebankan pada matakuliah:  
 
 | 
| PLO-8 | Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi Dibebankan pada matakuliah:  
 
 | 
| PLO-9 | Mampu merancang sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, menerapkan perangkat lunak, serta mengevaluasi pengendalian internal berbasis teknologi informasi sesuai kode etik profesi Dibebankan pada matakuliah:  
 
 | 
| PLO-10 | Mampu menyusun, menyajikan, dan mengevaluasi laporan akuntansi publik dan perpajakan, sesuai kode etik profesi, standar akuntansi publik, dan peraturan perapajakan dengan dukungan teknologi informasi Dibebankan pada matakuliah:  
 
 | 
| PLO-11 | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang akuntansi dan mengomunikasikan hasilnya Dibebankan pada matakuliah:  
 
 | 
Occupational Profiles Program Studi Accounting 
Universitas Negeri Surabaya
			- Akuntan
 Lulusan memiliki kemampuan:- Menyusun, menyajikan, dan menganalisis laporan keuangan sesuai tata kelola, etika profesional, dan integritas yang bersifat global;
- Mengevaluasisistem informasi dan pengendalian internal berbasis teknologi informasi;
- Mengevaluasi praktik akuntansi manajemen untuk menetapkan strategi dan keputusan bisnis dalam lingkup nasionaldan internasional.
 
- Auditor
 Lulusan memiliki pengetahuan, keahlian, dan attitude untuk melakukan audit laporan keuangan sesuai dengan standar audit dan etika profesional yang berlaku dengan pemanfaatan perkembangan teknologi informasi
- Wirausahawan
 Lulusan memiliki kemampuan:- Memanfaatkan teknologi informasi untuk menemukan peluang serta keberanian mengambil risiko usaha
- Memimpin, menjalin kerjasama,dan mengelola sumber daya yang dimiliki
- Merencanakan dan mengendalikan usaha secara efektif dan efisien
 
- Akuntan Peneliti
 Lulusan mampuberkembang dan belajar sepanjang hayat untukstudi lanjut ke pendidikan lebih tinggi secara formal dan informal dalam keilmuan akuntansi.
Struktur Kurikulum Accounting
Universitas Negeri Surabaya
			Kurikulum Merdeka Belajar
				Semester ke 1
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					1000002003 
					INDONESIAN 
					2.00 
					 
					6220103018 
					INTRODUCTORY ACCOUNTING 
					3.00 
					 
					6220103123 
					INTRODUCTION TO ECONOMIC THEORY 
					3.00 
					 
					1000002018 
					PANCASILA EDUCATION 
					2.00 
					 
					6220103061 
					MATEMATIKA EKONOMI 
					3.00 
					 
					6220102044 
					BUSINESS LAW 
					2.00 
					 
					1000002176 
					ENTREPRENEURSHIP 
					2.00 
					 
					1000002047 
					PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 2
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					100000202x 
					Pendidikan Agama  (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan 
					2.00 
					✔ 
					 
					1000002033 
					CITIZENSHIP 
					2.00 
					 
					6220103003 
					INTERMEDIATE ACCOUNTING 1 
					3.00 
					 
					6220104124 
					STATISTICS 
					4.00 
					 
					6220104081 
					TAXATION 
					4.00 
					 
					6220103122 
					FINANCIAL MANAGEMENT 
					3.00 
					 
					1000002046 
					LITERASI DIGITAL 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 3
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					6220103015 
					MANAGEMENT ACCOUNTING 
					3.00 
					 
					6220103025 
					ANALYSIS OF INFORMATION SYSTEM DESIGN 
					3.00 
					 
					6220103064 
					RESEARCH METHODOLOGY 
					3.00 
					 
					6220103004 
					INTERMEDIATE ACCOUNTING 2 
					3.00 
					 
					6220103053 
					DATABASE MANAGEMENT 
					3.00 
					 
					6220103087 
					MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS 
					3.00 
					 
					6220103095 
					ACCOUNTING THEORY 
					3.00 
					 								
							
						
				Semester ke 4
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					6220100150 
					FINANCIAL ACCOUNTING PRACTICES 
					2.00 
					 
					6220103130 
					PUBLIC ACCOUNTING 
					3.00 
					 
					6220103128 
					ADVANCED ACCOUNTING 
					3.00 
					 
					6220103047 
					ENTREPRENEURSHIP PRACTICES 
					2.00 
					 
					6220103086 
					INFORMATION SYSTEMS 
					3.00 
					 
					6220103131 
					CAPITAL MARKETS RISK MANAGEMENT AND INVESTMENT MANAGEMENT 
					3.00 
					 
					6220104129 
					AUDITING AND ASSURANCE 
					4.00 
					 
					6220103094 
					CORPORATE GOVERNANCE 
					3.00 
					 								
							
						
				Semester ke 5
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					6220102118 
					STRATEGIC MANAGEMENT 
					2.00 
					 
					6220103149 
					AUDITING PRACTICES 
					3.00 
					 
					6220103022 
					SHARIA ACCOUNTING 
					3.00 
					 
					6220103134 
					ANALISIS LAPORAN KEUANGAN 
					3.00 
					 
					6220103132 
					INVESTIGATIVE AUDIT AND FORENSIC ACCOUNTING 
					3.00 
					 
					6220103136 
					MANAGEMENT ACCOUNTING PRACTICES 
					3.00 
					 
					6220102137 
					ACCOUNTING SEMINAR 
					2.00 
					 
					6220103041 
					E-COMMERCE 
					3.00 
					 
					6220103135 
					TAX PRACTICES 
					3.00 
					 
					6220103133 
					PRACTICES ERP 
					3.00 
					 
					6220103116 
					INTERNAL AUDIT 
					3.00 
					 
					6220103079 
					TAX PLANNING 
					3.00 
					 								
							
						
				Semester ke 6
						
							
				Semester ke 7
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					6220118139 
					ACCOUNTING INTERNSHIPS I 
					20.00 
					 								
							
						
				Semester ke 8
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					6220106089 
					THESIS 
					6.00 
					 								
							
						
						
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
| 6220103018 | INTRODUCTORY ACCOUNTING | 3.00 | |
| 6220103123 | INTRODUCTION TO ECONOMIC THEORY | 3.00 | |
| 1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
| 6220103061 | MATEMATIKA EKONOMI | 3.00 | |
| 6220102044 | BUSINESS LAW | 2.00 | |
| 1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
| 1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 100000202x | Pendidikan Agama  (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan | 2.00 | ✔ | 
| 1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
| 6220103003 | INTERMEDIATE ACCOUNTING 1 | 3.00 | |
| 6220104124 | STATISTICS | 4.00 | |
| 6220104081 | TAXATION | 4.00 | |
| 6220103122 | FINANCIAL MANAGEMENT | 3.00 | |
| 1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 6220103015 | MANAGEMENT ACCOUNTING | 3.00 | |
| 6220103025 | ANALYSIS OF INFORMATION SYSTEM DESIGN | 3.00 | |
| 6220103064 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
| 6220103004 | INTERMEDIATE ACCOUNTING 2 | 3.00 | |
| 6220103053 | DATABASE MANAGEMENT | 3.00 | |
| 6220103087 | MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS | 3.00 | |
| 6220103095 | ACCOUNTING THEORY | 3.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 6220100150 | FINANCIAL ACCOUNTING PRACTICES | 2.00 | |
| 6220103130 | PUBLIC ACCOUNTING | 3.00 | |
| 6220103128 | ADVANCED ACCOUNTING | 3.00 | |
| 6220103047 | ENTREPRENEURSHIP PRACTICES | 2.00 | |
| 6220103086 | INFORMATION SYSTEMS | 3.00 | |
| 6220103131 | CAPITAL MARKETS RISK MANAGEMENT AND INVESTMENT MANAGEMENT | 3.00 | |
| 6220104129 | AUDITING AND ASSURANCE | 4.00 | |
| 6220103094 | CORPORATE GOVERNANCE | 3.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 6220102118 | STRATEGIC MANAGEMENT | 2.00 | |
| 6220103149 | AUDITING PRACTICES | 3.00 | |
| 6220103022 | SHARIA ACCOUNTING | 3.00 | |
| 6220103134 | ANALISIS LAPORAN KEUANGAN | 3.00 | |
| 6220103132 | INVESTIGATIVE AUDIT AND FORENSIC ACCOUNTING | 3.00 | |
| 6220103136 | MANAGEMENT ACCOUNTING PRACTICES | 3.00 | |
| 6220102137 | ACCOUNTING SEMINAR | 2.00 | |
| 6220103041 | E-COMMERCE | 3.00 | |
| 6220103135 | TAX PRACTICES | 3.00 | |
| 6220103133 | PRACTICES ERP | 3.00 | |
| 6220103116 | INTERNAL AUDIT | 3.00 | |
| 6220103079 | TAX PLANNING | 3.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 6220118139 | ACCOUNTING INTERNSHIPS I | 20.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 6220106089 | THESIS | 6.00 | 
Evaluasi Kurikulum Program Studi Accounting
Universitas Negeri Surabaya
			Evaluasi Kurikulum
Telaah kurikulum yang dilakukanoleh Tim Pengembang Kurikulum menunjukkan indikasi bahwa terbangun keselarasan (link and match) dari kurikulum yang disiapkan oleh Prodi S1 Akuntansi FEB Unesa dengan kebutuhan profesi akuntan pada Dunia Usaha dan Industri, yaitu menghasilkan lulusan Sarjana Strata Satu Akuntansi yang kompeten, beretikadan adaptif dengan perkembangan teknologiinformasi. Pembentukkan mata kuliah, bahan kajian, dan struktur kurikulumberupaya untuk seimbang mengikuti dinamika perubahan peraturan dan kebijakan kurikulum perguruan tinggi dari pemerintah seperti kompetensi lulusan mengikuti KKNI dan SN-Dikti, re- orientasi kurikulum menghadapi era-Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, dan terakhir adanya program kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, untuk membentuk kompetensi inti prodi S1 Akuntansi FEB Unesa pada kurikulumnya juga telah mengadopsi standar kompetensi pembentukkan kualifikasi akuntan profesional yang ditetapkan oleh IFAC yaitu International Education Standards (IES).Berikut adalah tabel evaluasi kurikulum secara umum yang menunjukkan kesesuaian bidang studi dengan pekerjaan yang diperoleh informansinya dari penelusuran (tracer study) kepada total 96 alumni/lulusan prodi yang menjawab sebanyak 87 alumni telah bekerjadan sisanya sebanyak9 alumni belum memperoleh pekerjaan tidak menjawab.
Tabel 1. Kesesuaian BidangStudi dengan Pekerjaan
| Aspek Pertanyaan | Sesuai | Tidak Sesuai | 
| Kesesuaian BidangStudi dengan Pekerjaan | 70 | 17 | 
| 80,46% | 19,54% | 
Tracer Study
Terdapat 85 lulusan pada tahun 2020 dan 83 lulusan pada tahun 2021. Sebanyak 76% alumni bersedia untuk mengisi kuesioner tracer study, dengan rincian 53 orang (2020) dan 74 orang (2021). Sisanya sebanyak 24% dengan jumlah 40 orang belum mengisi kuesioner.
Tabel 1. Peran Metode Pembelajaran yang diberikan pada Proses Pembelajaran
| Metode Pembelajaran | Perkuliahan | Demonstrasi | Partisipasi Riset/Project | Magang | Praktik | PKL | Diskusi | 
| 2020 | 2,00 | 2,96 | 2,50 | 2,51 | 2,35 | 2,50 | 2,01 | 
| 2021 | 2,93 | 2,90 | 2,78 | 3,03 | 2,91 | 2,99 | 2,99 | 
| Rata-rata | 2,46 | 2,93 | 2,64 | 2,77 | 2,63 | 2,74 | 2,50 | 
Tabel 1 menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang efektif bagi alumni selama proses pembelajaran melalui demontrasi dan magang atau PKL. Metode pembelajaran berupa demontrasi memudahkan mahasiswa untuk menangkap materi yang diberikan pada saat pembelajaran, sedangkan magang dan PKL membantu mahasiswa dalam penerapan materi dan praktik kerja.
Tabel 2. Waktu Mencari Pekerjaan
| Tahun | Sebelum Lulus | Setelah Lulus | 
| 2020 | 32 | 21 | 
| 60,4% | 39,6% | |
| 2021 | 33 | 42 | 
| 44,0% | 56,0% | 
Lulusan mulai mencari pekerjaan sejak sebelum dan setelah lulus sebagimana yang ditunjukkan pada tabel 2. Prosentase alumni yang mencari pekerjaan sebelum lulus sebanyak 60,4% (2020) dan 44,0% (2021), dengan rincian jumlah alumni 2020-2021 sebanyak 65 orang sedangkan sisanya sebanyak 63 alumni baru mencari pekerjaan setelah lulus.
Waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama dikategorikan menjadi kurang dari 6 bulan, 6 hingga 18 bulan, dan diatas 18 bulan. Sebanyak 43 lulusan 2020 dan 62 lulusan 2021 mendapatkan pekerjaan sebelum 6 bulan dari kelulusan, sedangkan 12 orang mendapatkan pekerjaan dalam waktu 6-18 bulan setelah lulus dan sebanyak 11 orang membutuhkan waktu lebih dari 18 bulan untuk mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah.
Sebanyak 107 orang bekerja sesuai dengan bidang studi dengan komposisi 49 orang dan 58 orang pada tahun 2020-2021. Sisanya sejumlah 17 lulusan tahun 2020 dan 2021 belum memiliki kesesuaian antara bidang studi dan bidang kerja. Sebanyak 81% alumni tahun 2020 dan 86% alumni tahun 2021 bekerja sebagai akuntan pemula di perusahaan atau sebagai konsultan di kantor jasa profesional di bidang akuntansi dan perpajakan, serta sebanyak 16% lulusan 2020 dan 9% lulusan 2021 menjadi auditor sedangkan sisanya memilih berprofesi sebagai wirausaha dan akuntan peneliti. Sebanyak 56% lulusan berkerja di perusahaan nasional yaitu sebanyak 27 orang (2020) dan 42 orang (2021), sedangkan sisanya bekerja di perusahaan lokal dan internasional masing-masing 25% dan 19%. Tingkat kepuasan pengguna lulusan terhadap alumni yang bekerja di perusahaannya. Sebanyak 8 responden pengguna lulusan bersedia mengisi survey user terkait penilaian kinerja alumni yang dikategorikan dengan beberapa indikator, yaitu: kinerja, etika, keahlian bidang ilmu, kemampuan Bahasa asing, penggunaaan IT, kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan diri lulusan. Dari 27 responden tersebut menyatakan bahwa kinerja lulusan di perusahaan menunjukkan baik dan sangat baik. Beberapa responden merasa cukup akan kemampuan komunikasi dan pengembangan diri alumni sehingga diharapkan kedepannya dapat ditingkatkan softskill lulusan.
Rekap PLO Program Studi Accounting
Universitas Negeri Surabaya
			 | Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
| Accounting Theory | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Intermediate Accounting 1 | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Strategic Management | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
| Analysis of Information System Design | 3 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Auditing and Assurance | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Management Accounting | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Cost Accounting | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Financial Accounting Practices | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Database Management | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Intermediate Accounting 2 | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Introductory Accounting | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Tax Planning | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
| Public sector accounting | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
| Accounting Seminar | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Thesis | 6 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Sharia Accounting | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
| Business Law | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Information Systems | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Internal Audit | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Management Information Systems | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Management Accounting | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
| Entrepreneurship | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Corporate Governance | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Entrepreneurship Practices | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Taxation | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
| Research methodology | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Statistics | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
| Auditing Practices | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Financial management | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Investigative Audit and Forensic Accounting | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
| Capital Markets Risk Management and Investment Management | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Practices Erp | 3 | 46.67% | 40% | 6.67% | 6.67% | 100 % | |||||||
| Introduction to Economic Theory | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Public Accounting | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Accounting Seminar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Management Accounting Practices | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Tax Practices | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Analisis Laporan Keuangan | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Advanced Accounting | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| E-Commerce | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Taxation | 3 | 20% | 20% | 60% | 100 % | ||||||||
| Tax Law | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||
| Cost Management | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Kuliah Kerja Nyata | 3 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
| Taxation | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||||
| Komunikasi Bisnis | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Perilaku Organisasi | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Sustainability Accounting | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Interpersonal Skills | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Business Ethics | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Information And Communications Technology | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Advanced Financial Management | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Strategic Management and Leadership | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Assurance Audit and Professional Ethics | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Introduction to Economic Theory | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Business strategy | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Business Feasibility Study | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Cost And Advance Management Accounting | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Character Development | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
| Company Internal Control | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
| Thesis | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
| Business and Organizational Environment | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Accounting
Universitas Negeri Surabaya
			Universitas Value
Mewujudkan karakter Idaman Jelita yang meliputi: Iman, Cerdas, Jujur, Peduli, dan Tangguh.Nilai tersebut menjadiciri khas yang ditanamkan untuk mewujudkan “Growing with Character”.
Landasan Filosofi
Penyusunan kurikulumProgram Studi S1 Akuntansi berlandaskan pada:
- Pancasila
- Undang-Undang Dasar 1945
Landasan Sosilogis
Penyusunan kurikulum ini berlandaskan dan merefleksikan nilai-nilai luhur yang terdapat pada Pancasila dan UUD 1945.
Penentuan dasar penyusunan kurikulum, memperhatikan kebutuhansosilogis sebagai berikut:
- Nilai – nilai moral yang tumbuh dalam masyarakat dan membentuk sikap dan karakter masing-masing peserta didik harus tetap terjaga dan terasah sehingga membentuk potensi pendidikan yang berprestasi dan bersifat toleran-multikultural
- Responsifitas terhadap perkembangan teknologi informasi yang masif
- Perkembangan dan pergeseran implementasi keilmuan di bidang akuntansi
Landasan Historis
Penyelenggaran ProgramStudi S1 Akuntansidimulai pada angkatan2009 berdasarkan Surat Keputusan MenteriPendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 2077/D/T/2008 tentang Izin Pelaksanaan Program Studi di Universitas Negeri Surabaya. Jejak penyusunan kurikulum mengalami perubahan dan pergeseran disesuaikan dengan peraturan dan berlaku. Saat ini penyusunan kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI). Selain itu kurikulum juga merujuk pada International EducationStandards (IES) for Professional Accountant yang dikeluarkan oleh Internasional Accounting Education Standards Board (IAESB).
Penyusunan kurikulumjuga memperhatikan perkembangan teknologi di era industry 4.0 dan society 5.0. Selama kurun waktu 5 tahun berikutnya, teknologimerubah peran akuntanyang akan tergantikan oleh artificialintelligence (AI) dan robotik dengan output secara real time. Standarisasi arsitektur sistem informasi yangberkaitan dengan akuntansi dan pengelolaan keuangan membutuhkan generasi lulusan akuntansi dengan kemampuan analisisdata, beradaptasi terhadapliterasi teknologi, bertanggung jawab secara etika profesional dan mengembangkan pembaharuan gayakepemimpinan. Karenanya akuntansecara tidak langsungakan “dipaksa” mengembangkan aplikasi mobile yang tetap memperhatikan akurasi dan transparansi data. Sejalan dengan itu, kurikulum juga berupaya dirancang untuk menyambut era society 5.0,penerapan teknologi dengan memperhatikan pemberdayaan kepada masyarakat dan kepeduliaan sosial. Dengan demikian, teknologi informasi dan nilai moral karakter peserta didik merupakan suatu kebutuhan bagi jurusan akuntansi untuksustainable menyambut era industri4.0 dan society 5.0. Dari penjelasan tersebut,maka penyusunan kurikulum menerapkan konsep humanistik-teknologis. Kurikulumteknologis menekankan pada kompetensi dengan adaptasi teknologisedangkan kurikulum humanistik mewujudkan pengembangan masing-masing potensi pembelajar dengan tetap memperhatikan nilai moral dan karakter.
Landasan Hukum
- Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (LembaranNegara Republik IndonesiaTahun 2005 Nomor 157, TambahanLembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4586);
- Peraturan Pemerintah Republik IndonesiaNomor 17 Tahun 2010 tentangManajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (LembaranNegara Republik IndonesiaTahun 2012 Nomor 158, TambahanLembaran Negara Republik IndonesiaNomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik IndonesiaNomor 8 Tahun 2012, TentangKerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasionalpendidikan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang StandarNasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, TentangIjazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat ProfesiPendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya (Unesa)Kode Dokumen Nomor: 01/01.UNV/KA/2014, yang selanjutnya direvisimenjadi Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2016 yang berisi tentang arah kebijakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Unesa. Salah satu arah kebijakan di bidang pendidikan, yaitu: “Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia(KKNI) dan StandarNasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang dirumuskan bersamapemangku kepentingan (stakeholder) mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan intelektual, praktikal, managerial, kepemimpinan, etika,dan tata krama”.
- Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentangPedoman Pengembangan KurikulumKKNI dan SN-Dikti Program Studi di Universitas NegeriSurabaya.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved



 
 
			 
 
			 
 
			 
 
			