Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik bermain sebagai bagian esensial dalam perkembangan anak usia dini. Mahasiswa diajak memahami makna bermain, jenis-jenis permainan, serta perannya dalam mendukung aspek perkembangan kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik, bahasa, moral, dan kreativitas anak. Selain itu, mata kuliah ini juga menekankan keterampilan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan bermain yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, kebutuhan individual, dan konteks budaya. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa akan mengkaji berbagai pendekatan bermain (bermain bebas, bermain terstruktur, bermain sensorimotor, bermain simbolik, dan bermain peran) serta penerapannya di kelas maupun lingkungan luar ruang. Mahasiswa juga diperkenalkan pada peran pendidik sebagai fasilitator yang mampu menciptakan lingkungan bermain yang aman, menyenangkan, inklusif, serta menumbuhkan nilai-nilai karakter.