Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan praktik pengembangan asesmen digital dalam pembelajaran fisika. Fokus utama diberikan pada transformasi paradigma penilaian menuju pendekatan berbasis teknologi yang otentik, formatif, dan berbasis kinerja. Materi meliputi analisis kurikulum, perancangan instrumen asesmen digital untuk mengukur aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran fisika, serta pemanfaatan Learning Management System (LMS), aplikasi mobile, dan platform digital lainnya. Mahasiswa juga diperkenalkan pada berbagai model dan alat evaluasi berbasis digital seperti Google Form, Moodle Quiz, PhET simulations, dan aplikasi berbasis AI untuk diagnosis miskonsepsi dan pelacakan kemajuan belajar. Melalui pendekatan case-based learning dan project-based learning, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan dan mengimplementasikan instrumen asesmen digital yang valid, reliabel, dan sesuai dengan karakteristik materi fisika dan kebutuhan peserta didik abad ke-21. Mahasiswa juga diarahkan untuk melakukan refleksi kritis terhadap efektivitas asesmen digital yang dikembangkan melalui uji coba terbatas dan analisis data hasil asesmen.