CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-7 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogi tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA
CPL-10 Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen/penyelidikan dalam pembelajaran sains terintegrasi untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, , dan menginterpretasi data
CPL-11 Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan perkembangan terbaru dalam bidang AI untuk pembelajaran sains guna mengembangkan diri secara berkelanjutan Sub-CPMK 1: Mahasiswa memahami sejarah dan perkembangan AI serta konsep dasar AI. (Pertemuan 1) Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar machine learning dan neural networks. (Pertemuan 2) Sub-CPMK 3: Mahasiswa mengidentifikasi aplikasi AI dalam berbagai bidang dan potensi penerapannya dalam pembelajaran IPA. (Pertemuan 3)
CPMK-2 Sub-CPMK 14: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil observasi, eksperimen, atau penyelidikan menggunakan AI secara efektif, baik lisan maupun tulisan. (Pertemuan 14) Sub-CPMK 15: Mahasiswa mampu mengembangkan proyek akhir yang menggunakan AI dalam pembelajaran sains dan mempresentasikannya secara efektif. (Pertemuan 15)
CPMK-3 Sub-CPMK 4: Mahasiswa memahami penerapan AI dalam pendidikan serta alat dan platform AI yang digunakan untuk pembelajaran. (Pertemuan 4) Sub-CPMK 6: Mahasiswa mampu menerapkan AI dalam pembelajaran IPA, seperti simulasi ilmiah dan eksperimen virtual. (Pertemuan 6) Sub-CPMK 7: Mahasiswa mengidentifikasi contoh-contoh aplikasi AI dalam biologi, kimia, fisika, dan ilmu kebumian untuk meningkatkan pembelajaran IPA. (Pertemuan 7)
CPMK-4 Sub-CPMK 5: Mahasiswa menganalisis studi kasus penggunaan AI di ruang kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. (Pertemuan 5) Sub-CPMK 9: Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengimplementasikan sistem pembelajaran adaptif berbasis AI. (Pertemuan 9) Sub-CPMK 12: Mahasiswa memahami penerapan AI untuk penilaian dan evaluasi pembelajaran serta otomatisasi penilaian. (Pertemuan 12)
CPMK-5 Sub-CPMK 8: Mahasiswa memahami konsep personalized learning dan bagaimana AI dapat digunakan untuk menyesuaikan materi pelajaran dengan kebutuhan individual siswa. (Pertemuan 9) Sub-CPMK 13: Mahasiswa mampu menggunakan AI untuk menganalisis performa siswa dan memberikan feedback yang dipersonalisasi. (Pertemuan 13)
CPMK-6 Mahasiswa mampu menginterpretasi data dari eksperimen atau penyelidikan yang menggunakan AI dan menarik kesimpulan yang relevan untuk pembelajaran IPA Sub-CPMK 10: Mahasiswa memahami pengumpulan dan analisis data pendidikan menggunakan AI serta konsep pengambilan keputusan berbasis data. (Pertemuan 10) Sub-CPMK 11: Mahasiswa mampu menjelaskan pertimbangan etis dalam penggunaan data siswa untuk AI dalam pendidikan. (Pertemuan 11)
CPMK-7 Mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide dan gagasan terkait penggunaan AI dalam pembelajaran IPA secara efektif melalui presentasi lisan/tulisan Sub-CPMK 14: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil observasi, eksperimen, atau penyelidikan menggunakan AI secara efektif, baik lisan maupun tulisan. (Pertemuan 14)
CPMK-8 Mahasiswa mampu menyusun laporan tertulis yang menggambarkan hasil observasi, eksperimen, atau penyelidikan yang menggunakan AI dalam pembelajaran IPA secara jelas dan sistematis Sub-CPMK 14: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil observasi, eksperimen, atau penyelidikan menggunakan AI secara efektif, baik lisan maupun tulisan. (Pertemuan 14)