CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.
CPL-7 Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
CPMK
CPMK-1 Menerapkan prinsip-prinsip asesmen autentik dalam merancang instrumen penilaian pembelajaran bahasa dan sastra (C3)
CPMK-2 Menganalisis berbagai teknik dan instrumen asesmen bahasa dan sastra berdasarkan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi kualitas instrumen asesmen bahasa dan sastra berdasarkan prinsip validitas, reliabilitas, dan praktikalitas (C5)
CPMK-4 Menciptakan rubrik penilaian yang inovatif untuk asesmen kompetensi berbahasa dan bersastra (C6)
CPMK-5 Menerapkan strategi asesmen formatif dan sumatif dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra (C3)
CPMK-6 Menganalisis data hasil asesmen bahasa dan sastra untuk diagnosis kesulitan belajar peserta didik (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi efektivitas program asesmen pembelajaran bahasa dan sastra berdasarkan standar nasional (C5)
CPMK-8 Menciptakan model asesmen alternatif yang adaptif untuk pembelajaran bahasa dan sastra di era digital (C6)
CPMK-9 Menerapkan teknik analisis butir soal untuk meningkatkan kualitas instrumen asesmen bahasa dan sastra (C3)
CPMK-10 Menganalisis isu etis dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran bahasa dan sastra (C4)