CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-7 Mampu memformulasikan ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik di bidang pendidikan luar biasa;
CPL-8 Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa;
CPL-9 Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan luar biasa secara kontekstual;
CPMK
CPMK-1 Memahami Baca Tulis Braille yang berbasis ICT
CPMK-2 Mampu mengoperasikan dan mengajarkan teknologi asisted pembelajaran peserta didik disbelitas netra
CPMK-3 Menganalisis konsep, standar nasional, dan internasional terkait sistem Braille serta implikasinya dalam pendidikan inklusif dan khusus. Level taksonomi: C4 (Analisis) Mendemonstrasikan keterampilan baca tulis Braille dasar dan lanjut (Braille 6 titik dan 8 titik) dengan akurasi tinggi, termasuk simbol matematika dan notasi ilmiah. Level taksonomi: P3 (Keterampilan tingkat tinggi) Mengintegrasikan perangkat lunak dan teknologi berbasis ICT (seperti BrailleNote, NVDA, Duxbury, JAWS, Braille embosser) dalam pembelajaran dan produksi materi Braille untuk peserta didik tunanetra. Level taksonomi: C5/P4 (Evaluasi dan integrasi teknologi) Merancang media dan strategi pembelajaran berbasis ICT yang adaptif dan aksesibel untuk mendukung literasi Braille pada peserta didik tunanetra di berbagai jenjang pendidikan. Level taksonomi: C6 (Kreasi) Melakukan refleksi kritis terhadap praktik penggunaan Braille berbasis ICT melalui kajian literatur dan pengalaman lapangan untuk meningkatkan profesionalisme sebagai pendidik luar biasa. Level taksonomi: A4 (Afektif – valuing and organization of values)
CPMK-4 Mendemonstrasikan keterampilan baca tulis Braille dasar dan lanjut (Braille 6 titik dan 8 titik) dengan akurasi tinggi, termasuk simbol matematika dan notasi ilmiah. Level taksonomi: P3 (Keterampilan tingkat tinggi)
CPMK-5 Mengintegrasikan perangkat lunak dan teknologi berbasis ICT (seperti BrailleNote, NVDA, Duxbury, JAWS, Braille embosser) dalam pembelajaran dan produksi materi Braille untuk peserta didik tunanetra. Level taksonomi: C5/P4 (Evaluasi dan integrasi teknologi)
CPMK-6 Merancang media dan strategi pembelajaran berbasis ICT yang adaptif dan aksesibel untuk mendukung literasi Braille pada peserta didik tunanetra di berbagai jenjang pendidikan. Level taksonomi: C6 (Kreasi)
CPMK-7 Melakukan refleksi kritis terhadap praktik penggunaan Braille berbasis ICT melalui kajian literatur dan pengalaman lapangan untuk meningkatkan profesionalisme sebagai pendidik luar biasa. Level taksonomi: A4 (Afektif – valuing and organization of values)